Salon Kecantikan, Bisnis Yang Menguntungkan

Salon Kecantikan, Bisnis Yang MenguntungkanCantik memang dambaan setiap insan wanita namun jika ditelaah dengan pikiran yang terbuka, kecantikan memiliki makna yang begitu luas. Kecantikan tidak hanya dilihat dari fisik. Kecantikan bisa pula dilihat dari rasa percaya diri, keunikan pribadi, dan tidak terpaku pada dimensi visual yang dapat dilihat mata. Kemudian, kepribadian yang menarik bisa membuat seorang wanita terlihat cantik dan menarik. Dan kecantikan bisa terpancar dari karakter, perilaku dan pengetahuan.
Jika ditanya apakah seorang wanita ingin selalu tampak terlihat cantik? Tentulah tak seorangpun akan menjawab, tidak! Tampil anggun dan menawan adalah harapan setiap wanita. Banyak wanita yang rela melakukan apa saja agar dapat predikat cantik. Hal ini wajar baik bagi wanita usia muda, maupun yang sudah berumur pun akan senang jika mendapat pujian cantik. Merawat tubuh menjadi prioritas utama dalam rangka mempercantik diri. Dan bicara tentang perawatan tubuh, seperti perawatan rambut dan wajah, tentu akan erat kaitannya dengan salon kecantikan.

Pangsa pasar usaha salon kecantikan masih sangatlah besar karena jumlah orang yang tidak punya waktu untuk merawat sendiri kecantikannya akan semakin besar. Mereka inilah yang membuat potensi pasar usaha salon kecantikan terus meningkat dari waktu ke waktu. Namun menggeluti bisnis salon kecantikan dalam era sekarang, ternyata tidaklah mudah. Di samping, dituntut menguasai keterampilan dan mutu pelayanan terhadap konsumen harus bagus, yang paling penting adalah suatu perencanaan bisnis yang matang.

4 Rencana Bisnis
Pemilihan bentuk salon yang lebih mengarah pada ciri khasnya akan sangat membantu Anda membuat rencana bisnisnya. Sebaiknya hindari membuka salon kecantikan tanpa rencana bisnis yang jelas, sebab dikhawatirkan usaha akan berjalan tanpa arah, demikian juga dengan usaha lainnya. Rencana bisnis yang dimaksud meliputi modal yang diperlukan, tempat yang strategis, strategi pemasaran kemudian proyeksi keuangannya.

Modal
Ada kalanya seseorang yang merintis usaha terbentur masalah modal. Namun pada kenyataannya, memulai usaha ini dengan modal yang tidak terlalu besar bukan hambatan. Dengan modal yang minim, utamakan untuk mendanai keperluan inventaris salon, yang tentu saja termasuk peralatannya. Modal pun sebaiknya dipisah menjadi dua, modal utama dan modal cadangan. Modal cadangan akan berguna untuk membayar biaya operasional selama pemasukan usaha salon belum stabil.
Agar usaha salon bisa berjalan dengan baik dengan modal yang pas-pasan, maka perlu dilakukan strategi pemasaran yang jitu.

Lokasi
Carilah lokasi yang strategis yakni lokasi yang mudah dilihat, mudah dijangkau, dan dilalui banyak kendaraan termasuk kendaraan umum. Ini akan memudahkan pelanggan berkunjung ke salon kita. Selain itu juga harus dipastikan lokasi salon mempunyai tempat parkir yang cukup, aman, bebas banjir, serta tersedia listrik, air dan telepon.
Jika lokasi salon relatif susah terlihat dari jalan raya, beri tanda penunjuk yang jelas untuk memudahkan pelanggan untuk datang berkunjung.

Strategi Pemasaran
Yang dimaksud disini adalah suatu strategi dimana dapat menarik sebanyak-banyaknya konsumen untuk datang ke salon kita dan menjadi pelanggan tetap. Hal ini meliputi :

  • Desain interior dan eksterior. Supaya menarik, kita bisa mendandani interior dan eksterior salon Anda semenarik mungkin. Tujuannya untuk memberikan kesan pertama yang memikat dan selanjutnya membuat pelanggan kembali lagi ke salon Anda
  • Tenaga ahli. Bisnis salon sangat bergantung kesuksesannya pada ketrampilan para karyawan terutama hairstylistnya. Tak jarang pelanggan justru loyal pada hairstylistnya daripada dengan salonnya. Jika hairstylist  tersebut pindah, si pelanggan akan mengikuti kemana dia pergi. Ini sebabnya kenapa dalam bisnis salon rentan pembajakan hairstylist  yang sudah berpengalaman dan punya basis pelanggan cukup banyak.Untuk mencegah pembajakan ini terjadi, ciptakanlah suasana kerja yang nyaman dan kesejahteraan karyawan yang cukup baik.
  • Harga yang kompetitif. Penawaran bonus-bonus tertentu guna menarik pelanggan merupakan salah satu strategi yang bisa dilakukan. Bonus yang dimaksud bisa berupa bonus gratis perawatan, satu paket promosi atau potongan harga selama bulan tertentu. Karena persaingan yang cukup ketat pada bisnis salon kecantikan, pandai-pandailah menarik hati konsumen. Sebab bila tidak, bisa-bisa salon jadi sepi deh.
  • Varian jasa. Selalu berusaha mengikuti tren yang ada, agar kita tidak kehilangan pelanggan. Misalnya jika kita membuka salon kecantikan khusus untuk wanita selain hanya melayani potong rambut, creambath, dan lulur cobalah dengan bertahap bisa dipertimbangkan untuk melayani reflexi dan pijat kaki, totok wajah, spa/mandi rempah, rias pengantin dan masih banyak lagi.Semakin lengkap variasi jasa yang ditawarkan suatu salon maka akan semakin besar peluang untuk memberikan kepuasan terhadap pelanggan.
  • Pelayanan yang prima. Pelayanan pada pelanggan merupakan kunci yang terpenting yang akan menentukan apakah pelanggan akan kembali lagi ke salon kita atau tidak. Jika pelanggan memang datang lagi, maka bisnis mempunyai potensi untuk berkembang, namun jika tidak maka kita harus mulai mengevaluasi untuk melihat apa yang salah/kurang dari layanan yang diberikan.Layanilah konsumen dengan baik, dimulai dengan senyuman saat awal mempersilakan masuk atau sekedar mengajak ngobrol saat sedang perawatan, namun lakukan hal tersebut dengan tulus dan ikhlas.
  • Promosi. Promosi sangat penting dilakukan untuk membuat salon kita dikenal orang. Dengan membuat program/paket khusus untuk membuat orang tertarik mencoba layanan salon kita. Seperti, diskon khusus saat pembukaan salon, 10 kali potong rambut gratis 1 kali creambath, dsb. Kita bisa memasang spanduk di lokasi strategis disekitar salon, atau menyebarkan brosur ke kawasan pemukiman atau perkantoran di dekat salon.Hitunglah dengan cermat untuk program-program promosi ini. Jangan sampai kita justru tekor gara-gara biaya promosi ini.

Proyeksi Keuangan
Aspek yang tak kalah penting adalah proyeksi keuangan. Jangan sampai lupa untuk menyelenggarakan sistem pengendalian keuangan, seperti buku transaksi pemasukan dan pengeluaran harian, buku laba rugi bulanan, dan lain-lain. Buatlah sistem pencatatan yang sederhana, yang tujuannya agar Anda dapat menjalankan usaha dengan tertib.

Nah, jika semua hal tersebut dapat dilakukan dengan baik, insya Allah usaha salon yang akan dijalankan akan terkontrol dengan baik dan stabil.

Sumber Gambar : https://lh5.googleusercontent.com/-Iyht6Iq-IRE/VNvGuK1VS_I/AAAAAAAAAAs/iHTFtQekCis/w1032-h619/photo.jpg

22 Komentar

  1. Kunjungan balik Ibu, linknya sdh saya masukin ke blog saya karena ARTIKEL-ARTIKEL nya sangat bagus dan menarik.
    salam,
    Jeki Sipahutar
    http://penelusurhidup.blogspot.com

  2. lumayan juga bisnis salon kecantikan di jaman sekarang ini,apalagi bnyak orang yang ingin tampil cantik

    :)

  3. Saya sdikit menegerti bidang salon,bahkan saya menguasai beberapa bidang itu,saya punya 2 kakak yg menguasain bidang salon,sprti hairsylis,make-up,m/p,waxing,creambath,lulur,saya ingin punya usaha salon,tp saya tidak punya modal banyak,dan belum punya tempat,kira2 saya hrus punya modal berapa ya,terimakasih.

  4. BU saya baru 10 hari buka salon,bs dikatakan sepi pengunjung,baru 3 yg dtg,apa yg bs sy lakukanspy salon sy laris?tempat strategis,jasa yg sy tawarkan berbeda dgn yg laen ttp sepanjang jalan ada krg lebih 8 salon,memang persaingan yg sangat ketat,pemasaran udah lwt brosur,barner,mulut-kemulut jg lwt jejaring sosial,saya frustasi,mohon pengarahannya ibu,terimakasih

    1. Dlm memulai usaha kita ga bisa serta merta mharapkan usaha kita lanar n rame apalg dlm waltu 10 hr. Tu msh terlallu. Teelaluuuui singkat u sebuah kesuksesan. Perjalann biania mmng mmbutihkan eneegi kesabaan yg besar. Bahan bakarnya hrs sll tesedia. Jgn putus asa….berdoa bersedekah promosi gratis dulu selama 1 minggu 1tahun ssh bisa ramai tu jg sdh luar biasa.
      Salam sukses

  5. salam,
    saya berencana membuka salon kecantikan atas bantuan dana dari ayah saya.Konsep salon yang saya rencanakan adalah memberikan kenyamanan yang senyaman nyamannya kepada pelanggan,mulai dari waiting room sampai pada ruang salon itu sendiri.Konsep ini direncanakan mengingat sebagian besar salon di kota saya tidak memperhatikan hal ini. Biaya yang diperlukan mulai dari kontrak tempat sampai pada pembelian peralatan dan mempekerjakan 5 ato 6 karyawan.
    mohon diberikan contoh proposal. Proposal ini untuk menyakinkan ayah saya yang cukup teliti dalam megeluarkan biaya.

    Makasi

  6. oiya sy mau tanya adakah website utk tenaga ahli salon?..dan dmn yaa peralatan second salon..blh sy mnta tlg utk info2 tersebut?..trima kasih.

  7. saya baru sewa toko, rencananya sy tertarik mau berbisnis salon dgn modal kecil dlu..toko sy kecil paling utk pemula 3 bangku dh..toko dipinggir jalan kecil bukan jalan raya..dan lingkungan disekitarnya blm ada salon..menurut anda bgmn yaa?..ini awal bisnis sy..trima ksh..

  8. Assalamu alaikum,,,
    terimakasih infonya :)
    dari dulu saya tertarik untuk membuka bisnis salon kecantikan, hanya saja satu dan lain hal sehingga membuat saya belum benar2 Percaya diri untuk membuka bisnis ini..
    bolehkah saya meminta referensi inventaris salon yg lengkap dan murah..? dan dekorasi salonnya itu sendiri..
    terimakasih,,

  9. salam kenal semua….
    bagi yang berminat membeli alat2 salon kirim aja email ke alamat email-ku [email protected] kami menyediakan alat2 salan dengan harga terjangkau (tdk termasuk ongkos kirim). kami akan mengirimkan foto alat2 salon yang anda butuhkan.

    trima kasih & mudah2 usaha anda berjalan sukses.

  10. Saya Boleh minta contoh proposal salon kecantikan, rencana mau buat salon, lokasi dipinggir jalan raya.
    Terimakasih.

    1. mba Wahyu, kalau boleh tau ada lokasi dimana? saya ada bisnis salon ingin pindah lokasi karena ditempat sekarang sewanya mahal. Siapa tau kita bisa kerja sama. Trims ya.

  11. buat Dian Salon dan ALI saya bisa membantu info peralatan dan bahan salon yang murah ada juga paket buka salon baru juga pernah kirim barang perlengkapan salon ke luar kota
    via email ya [email protected]
    terima kasih

  12. kali ini baru mau berencana mau membuka bisnis salon dan tempatnya masih sewa,menurutnya g mana klo tempat usaha saya masih sewa pertahun dan sewa pertahunnya 18 juta.
    mohon bantuannya untuk membuatkan perincian membuka salan (modalnya)
    Tengkyu

  13. pengen punya salon tapi belum kesampaian masi nabung, terima kasi untuk infonya……..

    1. Bisnis kecantikan bisa dimulai dengan modal minim :: modal awal kurang dari 500rb, info lebih lanjut bisa hubungi Fenny di email [email protected] :)

  14. saya ingin memulai bisnis salon kecil-kecilan dulu.tolong info toko peralatan salon yang murah dan dapat dipercaya,masalahnya tempat saya diluar jawa dan rencananya beli lewat online biar bisa dpt yang murah.karena harga disini mahal2.terima kasih sebelumnya bu

  15. dari 3 bulan yang lalu semua perlengkapan salon dan tempat sudah siap…. tapi cari2 tenaga ahli rambut dan kulitnya susah juga ya….. cari2 dari pusat pelatihan sudah, tp setelah dilakukan test tidak memuaskan. bisa bantu merekomendasikan tenaga ahlinya? lokasinya buat di lembang – bandung. Terima kasih bu.

  16. Bisnis salaon kecantikan memang tak ada matinya, dan semakin lama akan semakin berpotensi besar karena kebutuhan / gaya hidup saat ini mengharuskan orang untuk mengunjungi sebuah salaon kecantikan. Namun jika benar2 berusaha dibidang salon kecantikan diharapkan memiliki ciri khas tersendiri sebagai pemikat orang untuk mengunjungi salon kita. Btw Thanks infonya bu….

Komentar