flanelSaat perpisahan di sekolah lama, seorang wali murid memberi saya sebuah bingkisan. Saat saya membukanya di rumah, ternyata bingkisan itu sangat unik dan berkesan. Sebuah tempat pensil, kantong HP dan gantungan HP dari kain flannel. Ada nama saya terjahit disana dan sebuah hiasan kupu-kupu yang cantik.

Banyak sekali kreasi yang bisa kita buat dari kain flannel. Hiasan jepit rambut, tirai, gantungan kunci, gantungan hp, kantong, tas, pigura, buku, dsb.

Bahan-bahan:

–          Kain flannel

–          Jarum

–          Benang

–          Hiasan (kancing, manik, biji mata, putik bunga, dsb)

–          Kertas & pensil (untuk pola—jika butuh)

–          Dakron

–          Lem

Petunjuk pembuatan:

  1. Buatlah pola di atas kertas. Anda bisa memilih bentuk-bentuk yang lucu untuk dibentuk. Misalnya, bintang, bunga, binatang, dll.
  2. Potong kain flannel sesuai dengan pola yang Anda buat. Jika hanya untuk hiasan tempel, Anda bisa langsung menempelnya. Tapi, jika ingin membuat pernik seperti gantungan kunci, atau gantungan HP, mengisi dengan dakron, agar pernik tampak berisi dan lebih cantik.
  3. Hiaslah dengan kancing atau biji manik agar nampak indah.

Kreasi dari kain flannel ini membutuhkan modal yang tidak terlalu mahal. Cara mendapatkannya pun mudah. Anda bisa membelinya di toko pernak-pernik/alat tulis, atau di toko perlengkapan menjahit. Jika ingin menjadikannya sebagai peluang bisnis, boleh juga. Harga jual kreasi kain flannel ini bisa dibilang cukup tinggi.

Nah, selamat berkreasi!!