Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Resiko Makanan Ibu Hamil Yang Pedas

resiko makanan pedas bagi ibu hamilMakanan pedas mempunyai banyak penggemar karena bagi sebagian orang dirasa dapat menghilangkan rasa ngantuk. Namun, bagaimana jika makanan pedas dikonsumsi oleh ibu hamil? Makanan ibu hamil yang pedas tidak berbahaya bagi ibu hamil dan janin dalam kandungan, akan tetapi dapat mempengaruhi kondisi kesehatan ibu hamil seperti rasa mulas dan gangguan pada pencernaan.

Selain itu makanan ibu hamil yang super pedas juga dapat mempengaruhi kesehatan ibu hamil seperti muntah, sakit perut, mual dan lain sebagainya akibat perubahan kadar hormon. Oleh sebab itu, pada masa kehamilan ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang supaya nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil dapat terpenuhi. Berikut ini adalah beberapa resiko makanan ibu hamil yang pedas.

1. Menyebabkan rasa tidak nyaman

Pada masa kehamilan, kondisi tubuh ibu hamil mengalami perubahan hormonal. Sering merasa mual, mood mudah berubah sampai rasa cemas menghadapi persalinan. Makanan ibu hamil yang pedas akan membuat ibu hamil merasa semakin tidak nyaman karena rasa mulas dan sakit perut. Padahal bagi ibu hamil haris rileks agar saat masa persalinan datang dapat berjalan lancar.

2. Menyebabkan diare

Membesarnya janin pada masa kehamilan akan menekan kandung kemih yang mengakibatkan ibu hamil lebih sering buang air kecil. Jika ibu hamil mengalami diare maka dapat menyebabkan dehidrasi, itu berarti ibu hamil harus lebih banyak minum sehingga meningkatkan frekuensi buang air kecil. Jika diare terjadi pada malam hari, maka ibu hamil akan kelelahan bolak balik kamar mandi.

3. Menyebabkan nyeri ulu hati

Selain akan menekan kandung kemih, perkembangan janin yang semakin besar juga dapat menekan ulu hati sehingga menyebabkan ibu hamil mengalami rasa nyeri. Mengkonsumsi makanan pedas dapat memperburuk rasa nyeri pada ulu hati.

4. Meningkatkan pelepasan hormon prostaglandin

Mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan bagi ibu hamil dapat meningkatkan pelepasan hormon prostaglandin yang menyebabkan otot halus menginduksi kontraksi. Kontraksi yang akan terjadi saat ibu hamil mengkonsumsi makanan pedas seperti halnya kontraksi saat akan melahirkan.

Setelah mengetahui resiko yang akan dialami ibu hamil jika mengkonsumsi makanan pedas. Maka, alangkah baiknya jika ibu hamil mengkonsumsi makanan sehat yang tidak menimbulkan efek atau resiko yang tidak baik bagi kesehatan ibu hamil. Ibu hamil boleh makan pedas, namun batasi pengkonsumsiannya. Semoga kehamilan Anda dapat berjalan lancar. Salam sehat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://www.albawaba.com/sites/default/files/im/Health/2011_feb_march/Losing_your_sense_of_taste.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil adalah Madu alami yang di campur dengan bahan-bahan herbal yang bermanfaat untuk ....