Resiko Kekurangan Gizi Pada Ibu Hamil

gizi ibu hamilMasa kehamilan adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh wanita yang telah menikah. Hal yang penting untuk diperhatikan selama masa kehamilan salah satunya adalah gizi ibu hamil. Perlu dipastikan bahwa gizi ibu hamil dapat terpenuhi dengan baik melalui makanan yang dikonsumsi ibu hamil setiap harinya dengan mengutamakan menu 4 sehat 5 sempurna.

Gizi yang tepat dan seimbang pada makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan fisik ibu hamil saja, melainkan berpengaruh juga terhadap kesehatan janin, persiapan menghadapi persalinan, pemulihan pasca persalinan sampai persiapan untuk menyusui. Gizi ibu hamil yang terpenuhi dengan baik akan menghindarkan dari berbagai resiko yang buruk sepanjang masa kehamilan hingga persalinan.

Jika seorang ibu hamil diketahui kekurangan gizi pada kehamilan trimester pertama maka dikhawatirkan mengalami resiko kelahiran prematur, kelainan sistem saraf pusat pada bayi bahkan dapat beresiko pada kematian janin. Selain itu, kekurangan gizi pada ibu hamil di trimester kedua dan ketiga dapat beresiko pada terhambatnya pertumbuhan janin atau pun janin tidak dapat berkembang sesuai dengan usia kehamilan.

Masalah yang seringkali dialami oleh ibu hamil adalah kekurangan zat besi. Seorang ibu hamil yang kekurangan zat besi dapat beresiko mengalami kekurangan sel darah merah atau biasa disebut juga dengan anemia. Sedangkan kekurangan asam folat pada ibu hamil juga dapat menyebabkan anemia. Padahal tambahan zat besi dan asam folat untuk ibu hamil dapat diperoleh dari berbagai jenis makanan seperti daging merah, bayam, jeruk dan lain sebagainya.

Dengan memahami betapa pentingnya manfaat gizi pada ibu hamil, diharapkan agar ibu hamil selalu mengkonsumsi makanan bergizi untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin selama masa kehamilan. Dan untuk mengetahui seorang ibu hamil mengalami kekurangan gizi atau tidak, dapat diketahui apabila ibu hamil memiliki indeks massa tubuh yang abnormal, hamil dalam usia yang masih terlalu muda, berat badan yang abnormal, mengalami penyakit kronis dan lain-lain.

Itulah informasi mengenai resiko kekurangan gizi pada ibu hamil, semoga dapat bermanfaat bagi para ibu hamil dalam menjaga kesehatan fisik dan janin dalam kandungannya. Salam sehat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://2.bp.blogspot.com/-SIntAu78JkI/USYLlVVCYPI/AAAAAAAAAfU/qzRTgQcdkEc/s400/Janin.jpg
Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil adalah Madu alami yang di campur dengan bahan-bahan herbal yang bermanfaat untuk ....
Rp 70.000 Beli

Komentar