Rasulullah Is My Idol

rosulullah“Aku suka sama spiderman, soalnya baik…suka nolong orang…”

Tersenyum saya mendengar celoteh anak-anak di halaman. Hmm…anak-anak itu sungguh polos. Tapi, kenapa spiderman? Manusia laba-laba khayalan itu?

Zaman telah berubah. Anak-anak sekarang mungkin hanya berbilang saja yang hafal kisah-kisah para nabi dan para sahabat. Apalagi, kisah-kisah ajaib dalam Al-Qur’an. Kebanyakan justru lebih hafal dengan nama-nama tokoh kartun, tokoh khayal, dsb.

Sedih? Pastinya.

Idola terbaik sepanjang zaman adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Mengapa tidak menumbuhkan kecintaan terhadap beliau sejak dini pada anak-anak? Seharusnya, sejak kecil, anak-anak dibiasakan dengan kisah-kisah para nabi, para sahabat, kisah-kisah teladan, agar tertanam kecintaan mereka terhadap tokoh-tokoh muslim itu.

Sesungguhnya Rasulullah adalah teladan yang paling baik. Beliau adalah orang yang paling baik akhlaknya, paling berani, dan paling dermawan. Poin-poin penting inilah yang tidak pernah benar-benar dimiliki oleh para superhero lainnya.

Sediakan buku-buku cerita yang menarik tentang para nabi dan rosul, juga para sahabat. Setiap kali menjelang tidur, bacakanlah untuk mereka. Jika Anda jago bercerita, anak-anak akan lebih mudah mengingat dan merekam apa yang Anda bacakan untuknya.

Temani mereka saat menonton TV. Ada banyak acara di TV yang tidak mendukung edukasi anak. Kebanyakan adalah acara-acara khayalan yang tak bisa diterima oleh akal. Karena itu, Anda perlu untuk ada di sisinya, dan menjelaskan mana yang benar dan mana yang salah. Hindari sinetron-sinetron.

Atau, lebih baik lagi jika Anda “menyingkirkan” televisi dari rumah Anda. Anda bisa saja menyetelkan VCD edukatif dari komputer. Bukankah ini lebih menarik?

Komentar