ibu hamilMasih banyak ibu hamil yang meragukan apakah melakukan gerakan-gerakan senam saat hamil aman untuk kehamilannya atau tidak. Perlu kita tahu, bahwa senam saat hamil dianjurkan oleh para dokter dan ahli kesehatan.

Berolahraga (senam) pada saat hamil akan membantu membuat Anda dan janin Anda tetap sehat serta sebagai persiapan persalinan. Ibu hamil yang rajin melakukan senam hamil secara teratur dan benar, proses persalinannya akan lebih mudah. Pun saat setelah melahirkan, Anda tidak akan berlama-lama merasakan sakit pasca persalinan.

Kegiatan senam ringan, berjalan santai, juga berenang dapat membantu Anda untuk menstimulasi kerja jantung dan otot pada saat persalinan. Senam dan berenang membantu memanfaatkan oksigen dan meningkatkan sirkulasi darah, serta memperkuat otot peut dan bahu.

Berjalan adalah salah satu latihan kardiovaskular terbaik bagi wanita hamil. Hal ini sangat mudah dan aman untuk dilakukan sepanjang kehamilan sembilan bulan.

Di sisi lain, fleksibilitas dan latihan kekuatan juga baik untuk wanita hamil. Yoga, peregangan dan latihan beban adalah beberapa latihan fleksibilitas dan kekuatan. Latihan ini membantu kehamilan nada serta memperkuat otot. Yoga  juga membantu otot, membangun kekuatan, meningkatkan stamina dan menjaga kehamilan dan mengurangi rasa sakit dan nyeri.

Latihan beban adalah cara yang bagus untuk nada dan memperkuat otot-otot Anda. Tapi selama kehamilan, adalah penting untuk menghindari beban berat. Mengangkat beban berat dapat menyimpan lebih banyak tekanan dan dapat menahan nafas. Jadi, gunakanlah beban yang ringan-ringan saja.

Latihan peregangan meningkatkan fleksibilitas. Dengan melakukan latihan peregangan secara teratur, ibu hamil dapat bergerak dengan mudah, mengurangi rasa sakit dan nyeri yang berkaitan dengan kehamilan, dan tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga sehingga mudah melahirkan.

Pilates adalah latihan yang terbaik dan mudah untuk tetap aktif dan sehat selama kehamilan. Ini memperkuat otot perut, panggul dan otot punggung. Mengembangkan otot-otot ini meningkatkan postur dan membuatnya lebih mudah untuk membawa bayi selama kehamilan.

Senam hamil membantu Anda menghadapi perubahan tubuh yang terjadi selama kehamilan. Selain latihan kehamilan, minum banyak air sebelum berlatih, makanlah makanan bergizi, dan tidurlah yang cukup.