anti agingPertambahan usia adalah merupakan hal yang wajar  yang dialami oleh manusia yang tidak bisa dihindari dan rasa suka akan kecantikan adalah sifat alamiah setiap manusia, terlebih lagi awet muda sejak dahulu sudah menjadi dambaan semua manusia. Selain penampilan, ternyata penuaan juga berkaitan dengan penurunan kerja organ-tubuh. Salah satu hal yang berpengaruh pada kinerja tubuh kita adalah sistem imun, sistem ini bertugas melindungi tubuh kita dari infeksi, tapi seiring bertambahnya usia, sistem pertahanan tubuh ini mengalami penurunan, jelas Dr. Mark Liponis, direktur medis Canyon Ranch Health Resorts.

Makin banyak wanita yang mengalami penuaan dini karena kesibukan yang makin tinggi sehingga menyebabkan stress, kurang tidur, banyak terkena polusi dan pola hidup yang tidak sehat. Akibatnya banyak wanita menjadi terlihat lebih tua sebelum waktunya. Untuk penuaan dini harus kita cegah dengan mengatur pola hidup dan menggunakan perawatan yang benar.

Untuk mengatasi masalah ini, ada rahasia agar Anda tetap tampak awet muda:

1. Selalu merasa bahagia

Merasa bahagia adalah salah satu kunci utama agar tetap terlihat awet muda. Dalam setiap kegiatan, usahakan agar apa yang Anda lakukan sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Hindari stres, perasaan bersalah dan tertekan karena paksaan orang lain. Ingat, apa yang Anda rasakan akan tercermin pada wajah Anda. Jadi, orang yang sedang bahagia, wajahnya akan terlihat berseri-seri, santai dan lebih muda daripada usia sebenarnya.

2. Banyak bergerak

Berolahraga secara teratur adalah cara agar awet muda. Lakukan jogging, jalan cepat, bersepeda maupun berenang sekitar 30 menit setiap hari. Dengan olahraga, resiko terkena serangan jantung, osteoporosis, dan kanker pun akan mengecil.

Olahraga teratur dapat menambah fleksibilitas otot, memperkuat tulang, serta mengurangi stres, karena sel-sel tubuh mendapat lebih banyak oksigen. Tidur Anda pun akan nyenyak.

3. Konsumsi vitamin C

Vitamin C bisa Anda peroleh dari buah-buahan segar (terutama jeruk), sayur-mayur berwarna hijau (brokoli dan lain-lain) atau suplemen vitamin C sebanyak 1000 mg perhari. Vitamin C terbukti bisa meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi resiko terkena kanker dan melindungi tubuh dari efek yang ditimbulkan oleh polusi.

Disamping itu, perbanyak minum air putih. Meminum air putih 8 gelas per hari akan mengurangi stres, menjaga kesegaran kulit, serta memperlancar kerja organ tubuh.

4.Gunakan pelindung UV

Matahari adalah salah satu faktor utama penyebab penuaan dini. Oleh karena itu, gunakan selalu lotion pelembab secara teratur setiap hari, khususnya bila akan bepergian, agar kulit tetap segar, lembab dan tidak terbakar sinar matahari, terutama sinar ultra violet (UV).

5. Istirahat cukup

Manusia butuh sekurang-kurangnya 8 jam setiap hari untuk tidur. Istirahat cukup bermanfaat untuk menghindari terbentuknya kantung mata, kulit keriput dan wajah kusam.

6. Perhatikan penampilan

Penampilan dan tata rias wajah juga memegang peranan penting. Meski usia terus bertambah, tetap perhatikan jenis kosmetik yang Anda pakai. Gunakan make-up tipis untuk kesan natural dengan tetap memperhatikan kondisi dan jenis kulit Anda.

7.Optimis

Orang yang pesimis selalu tidak percaya diri, gampang putus asa, dan tak pernah memperhatikan penampilan, yang bisa berakibat depresi. Jadi, berusahalah menjadi orang yang optimis dalam segala hal, sebab ini akan membuat hidup Anda akan lebih sehat dan bahagia.

8. Makan makanan yang bergizi dan seimbang

Dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi maka tubuh akan mendapatkan nutrisi yang cukup untuk kesehatan dan kecantikan kulit kita. Mengonsumsi makanan bergizi, dengan komposisi seimbang antara karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan serat. Salah satu suplemen yang kandungan nutrisinya sangat lengkap dan dapat membantu mengembalikan vitalitas tubuh, sehingga Anda senantiasa sehat dan awet muda.

9. Minum air putih minimal 8 gelas perhari.

Jika anda kurang minum air putih, tubh akan menyerap kandungan air dalam kulit sehingga kulit menjadi kering dan berkerut. Selain itu air dapat melindungi kulit dari luar sekaligus melembabkan dan menyehatkan kulit.

10. Hindari minum-minuman beralkohol dan buang kebiasaan merokok untuk menjaga kulit di sekitar mata tetap muda.

Dari beberapa sumber

http://baitulherbal.com/wp-content/uploads/2010/12/makananawetmuda2.jpeg