Puding Singkong

Singkong adalah makanan tradisional yang ternyata dapat dibuat berbagai aneka makanan yang sangat enak. Singkong selalu pas jika diolah menjadi kudapan yang tradisional bahkan modern. Untuk membuat kudapan pilihlah singkong yang tidak pahit, karena yang pahit hanya baik dijadikan tepung tapioka sebab kandungan patinya banyak. Untuk memilih singkong yang bagus, patahkan sedikit ujungnya. Kalau ada bagian yang membiru sebaiknya jangan dibeli berarti singkong sudah lama. Dan konon yang warnanya kemerahan lebih baik daripada yang putih.

Dari dibuat menjadi panganan kecil seperti lumpia, lemper, onde-onde, kue lapis bahkan cake dengan bahan dasar singkong ini kita juga bisa membuat puding yang lezat dan sangat menggugah selera makan kita. Penasaran nih gimana cara membuatnya…ayo deh, kita coba bersama sama..

Bahan :
100 gram singkong dikupas, dikukus lalu dihaluskan
600 ml santan (dari 1/2 butir kelapa)
2,5 bungkus agar-agar bubuk
100 gram gula merah
2 lembar daun pandan
1/4 sendok teh garam
3 butir putih telur
50 gram gula pasir
25 gram sagu mutiara warna hijau dan merah
(sagu dapat direndam dengan air panas dahulu atau direbus sekali didihan)

Cara membuatnya :

  • Pertama-tama rebus santan bersama singkong, agar-agar bubuk, gula merah, garam dan daun pandan sambil diaduk hingga mendidih. Sisihkan dahulu.
  • Kocok putih telur sampai setengah mengembang kemudian tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sambail dikocok terus sampai mengembang.
  • Tuang rebusan puding tadi sedikit demi sedikit secara perlahan sambil tetap mengocok dengan rata. Kemudian tambahkan sagu mutiara dan aduk secara merata.
  • Tuang adonan ke dalam loyang tulban diameter 22 cm tinggi 6 cm lalu bekukan.

Ternyata bisa juga ya si singkong ini jadi puding yang enak. Dan untuk lebih menambah selera, kita bisa memberikan sedikit cokelat siram sebagai topping dan irisan buah ceri. Selamat menikmati…

2 Komentar

  1. Wah, keren. ada ga cara biar singkong awet setelah di olah? atau variasi puding dr apa aja?
    makasih infonya

Komentar