wanita berpuasa saat hamilMo ikut berpuasa saat hamil? Kenapa tidak! Tidak ada larangan bagi ibu hamil untuk berpuasa. Hal ini tergantung kepada kondisi ibu hamil itu sendiri.misalnya pada trimester pertama kehamilan banyak keluhan mual muntah sehingga ibu hamil tak kuat untuk menjalani puasa ya sebaiknya jangan berpuasa.

Namun bila kondisinya baik-baik saja hingga usia kehamilan 9 bulan pun ibu boleh berpuasa. Yang harus diperhatikan pada kehamilan diatas 6 bulan pertumbuhan janin makin pesat, perhatian terhadap asupan gizi juga harus makin cermat.

Tentunya agar puasa dapat berjalan lancar ibu hamil harus membuang anggapan kalau puasa itu sebagai beban ibu hamil. Jika ibu menganggap puasa merupakan ibadah yang menyenangkan otomatis saat menjalaninya pun akan terasa biasa-biasa saja tidak berat. lain halnya jika sebelum puasa ibu sudah membayangkan yang berat-berat maka saat puasanya pun akan terasa berat.

Bila memang diperkirakan bakal memberati sebaiknya tidak berpuasa saja. Sebab tekanan psikologis ini bisa saja mempengaruhi kondisi ibu secara umum, misalnya stres pada ibu akan berpengaruh pada janin

Jika ibu memutuskan berpuasa sebaiknya  ibu harus menjaga aktivitas fisiknya karena ibu hamil butuh cairan lebih, juga menghindari berjalan di bawah panas terik karena akan menghabiskan banyak cairan tubuh. Janin yang kekurangan suplai cairan akan terhambat pertumbuhannya. bila ingin bepergian bisa di pagi hari atau sore hari.

Selain itu ibu harus meperhatikan agar asupan gizinya terpenuhi. makanannya pun  harus memperhatikan 4 sehat 5 sempurna agar zat-zat yang dibutuhkan ibu hamil terpenuhi seperti protein, kalori, vitamin, seng, asam folat, dan sebagainya. bila saat tidak puasa bisa makan tiga kali sehari maka saat puasa makan ketiga bisa dilakukan sehabis sholat tarawih. jadi saat sahur, berbuka dan sehabis sholat tarawih.

Bila makan berat tak mungkin dilakukan ibu bisa mengganti dengan minum susu dan makan roti. Jika hal itu dirasa sulit untuk dilakukan dan  diperkirakan asupan gizi tidak terpenuhi dan akan membahayakan janin, sebaiknya ibu tidak berpuasa.

Sumber:www.tabloidnova.com