Pendidikan & Psikologi

Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini

psikologi-perkembangan-anak-usia-diniPsikologi perkembangan anak usia dini sangat berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh. Psikologi perkembangan anak mempunyai keterkaitan dengan perkembangan motorik dan perkembangan psikisnya. Oleh karena itu perkembangan tersebut tidak dapat dipisahkan dengan perkembangan dan pertumbuhan anak secara menyeluruh.

Anak akan mengalami suatu masa yang disebut dengan masa keemasan. Anak memiliki masa atau perode keemasan pada usia 0- 8 tahun, pada masa keemasan ini anak akan mengalami tingkat perkembangan yang drastic mulai dari cara berfikir, emosi, motorik, fisik dan secara sosial. Peran orang tua disini, sangat berpengaruh pada tahapan psikologi perkembangan anak.

Berikut ini adalah hal yang harus diperhatikan dalam psikologi perkembangan anak

Perkembangan kognitif

  • Tahap sensorimotor, ini merupakan masa awal anak dengan memproduksi berbagai kejadian, mulai menggunakan peralatan untuk tujuannya dan melakukan berbagai eksperimen untuk menemukan hal baru. tahap ini saat anak usia 0- 2 tahun
  • Tahap pra- operasional. Ini merupakan tahapan dimana anak akan menerima rangsangan yang terbatas dengan kemampuan bahasa, masih belum mampu untuk berfikir abstrak. Hal tersebut biasanya terjadi ketika anak usia 2- 7 tahun.
  • Tahap konkret operasional, Pada tahap ini anak sudah bisa berfikir secara rasional seperti melipat, menyusun, melakukanpemisahan, penambahan dan membagi. Hal tersebut akan dialami anak saat usia 7- 11 tahun.
  • Tahap formal operasional, Pada tahap ini anak mulai beranjak dewasa dengan berfikir hipotetik, sudah menampung dan berfikir abstrak seperti matematika, agama dan fisika.

Perkembangan Bahasa

  • Periode prelingual, usia 0- 1 tahun dengan cirri mengoceh dengan orang tua atau menanggapi respon berbeda. Misalnya ketika bayi temu dengan orang di kenalnya maka ia akan tersenyum dan menangis kepada orang tidak di kenal atau takutinya.
  • Periode lingual, usia 1,2- 5 tahun. Tahap ini dengan membuat kalimat satu atau dua kata.
  • Periode diferensiasi, usia 2,5- 5 tahun yang telah memiliki kemampuan dewasa sesuai dengan tata bahasa yang baik dan benar

Perkembangan Fisik

Perkembangan fisik pada anak dipengaruhi oleh perkembangan motoriknya. Sedangkan perkembangan motorik pada anak di bagi menjadi perkembangan motorik kasar dan motorik halus.

Perkembangan Sosio-Emosional

Perkembangan kemampuan sosio-emosional anak sangat penting dalam psikologi perkembangan anak usia dini karena pada perkembangan ini akan terbentuk rasa percaya diri dan perkembangan kemandirian dalam dirinya.

 

 

Produk Menarik untuk Anda:

Pembalut Kain Jelita-V Standar Motif

Pembalut Kain Jelita-V Standar Motif

Pembalut Kain Jelita-V Standar Motif merupakan pembalut yang dirancang khusus untuk wanita yang aktif di ....
Sabun Herbal Propolis Marva Untuk Kulit Kering dan Berminyak

Sabun Herbal Propolis Marva Untuk Kulit Kering dan Berminyak

Sabun Herbal Propolis Marva merupakan sabun kecantikan wajah untuk mengatasi kulit kering dan berminyak karena mengandung ....
Sabun Green Tea Memberi Nutrisi Pada Kulit

Sabun Green Tea Memberi Nutrisi Pada Kulit

Sabun Green Tea ( Camelia Sinensis) Tazakka adalah sabun mandi yang mengandung senyawa polifenol, antioksidan ....
Sprei Anti Air Untuk Buah Hati Anda

Sprei Anti Air Untuk Buah Hati Anda

Sprei Waterproof /Sprei anti air adalah pelindung kasur/springbed sehingga kasur/springbed tetap bersih dan kering Dirumah ada ....