Posisi Tidur Yang Baik Dan Aman Untuk Bayi Usia Dibawah 6 Bulan

posisi tidur yang baik untuk bayiAnda mungkin sudah tahu bahwa posisi tidur yang baik dan aman untuk bayi Anda adalah terlentang atau miring. Namun begitu, ternyata jika bayi Anda posisi tidurnya terlentang terus menerus tidak baik juga lho!

Tengkorak/batok kepala bayi Anda masih sangat lunak dan sangat mudah mengalami perubahan bentuk. Jika Anda membiarkan si kecil terus menerus tidur dengan posisi terlentang, maka lama kelamaan bentuk kepalanya akan “peang” dan bagian belakang akan terlihat rata.

Oleh sebab itu, cobalah sesekali membaringkan bayi Anda dalam keadaan tengkurap. Kegiatan ini bisa Anda mulai ketika usia bayi Anda 2-3 bulan, yaitu ketika ia sudah mulai bisa mengendalikan gerak kepalanya.

Sebagian ahli menganjurkan agar Anda melakukannya terhadap si kecil sekitar 30 menit setiap harinya. Tidak perlu langsung… bagi-bagi saja menjadi beberapa kali dalam sehari. Perhatikan juga kondisi bayi Anda sebelum mulai menengkurapkannya, pastikan ia dalam keadaan tenang dan jika ia sedang kesal jangan dipaksa ya!

Posisi Tidur Yang Baik Dan Aman Untuk Bayi Dibawah 6 Bulan

Berikut adalah beberapa posisi tidur yang baik bagi bayi di bawah usia 6 bulan dan sangat dianjurkan:

  • Tidur terlentang
    Bisa dibilang bayi sudah memiliki kemampuan sendiri untuk mencari posisi tidur yang enak. Namun jika dikaitkan dengan SIDS, posisi tidur terlentang adalah posisi yang paling dianjurkan untuk bayi.
  • Tidur miring
    Tidur pada posisi miring ke kanan juga baik bagi bayi yang berumur di bawah 6 bulan. Karena pada posisi ini susu yang diminum akan masuk langsung ke lambung sehingga lambung akan lebih mudah mencerna segala minuman yang diminum bayi.
  • Tidur tengkurap
    Posisi tidur ini paling sering dihubungkan dengan kasus SIDS tapi pada kenyataannya, banyak manfaat yang bisa didapat oleh bayi karena tidur tengkurap yaitu bayi menjadi lebih mudah bernafas sehingga tidurnya lebih nyenyak dan jarang menangis.

Beberapa keuntungan sesekali membaringkan bayi Anda dengan posisi tengkurap yaitu :

  1. Memberikan kesempatan kepada bagian belakang kepala bayi untuk “istirahat”.
  2. Membantu menguatkan otot leher bayi, sebagai persiapan untuk merayap.
  3. Membantu mengembangkan kemampuan motorik kasar.
  4. Membantu mengembangkan kemampuan motorik halus. Ketika tengkurap, bayi Anda biasanya akan berusaha menggenggam dan menarik-narik baju Anda atau selimut yang ada di dekatnya.

PENTING UNTUK ANDA :

sabuk bonceng anak
Sabuk Bonceng Anak, untuk Kemanan Anak saat Berkendara
165.000
selimut bayi lucu
Hanaroo Fluffy Blanket, Selimut Bayi Lucu
200.000
sprei waterproof
Sprei Waterproof yang Anti Air dan Anti Kotor
250.000
sumber gambar : http://www.khbarna.net/uploads/2014/10/393-2-or-1387622897.jpg

16 Komentar

    1. selamat siang,
      boleh saja,saat tidur di pangkuan,dicoba baby di sandarkan di pundak untuk awal pembelajaran tidur tengkurap
      demikian informasi yang bisa kami sampaikan semoga dapat membantu terimaksih

  1. dok, anak saya sudah berusia 9 bulan namun giginya belum tumbuh juga . gimana solusinya dok ???

    1. Selamat pagi bunda. Rata-rata gigi susu anak tumbuh pertama kali saat anak berusia +/- 6 bulan. Diawali dengan gigi seri bawah yang rata-rata tumbuh sekitar usia 6-10 bulan, sedangkan gigi seri atas tumbuh sekitar usia 8-12 bulan. Meski demikian, kecepatan pertumbuhan gigi antara anak yang satu dengan anak lainnya belum tentu sama. Ada yang tumbuh lebih cepat tapi ada juga yang lebih lama. Tidak sedikit anak yang baru tumbuh gigi pertama saat usianya mencapai 1 tahun, dan saat gigi tersebut keluar boleh jadi lebih dari satu gigi dalam waktu bersamaan. Hal tersebut adalah variasi normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Untuk lebih jelasnya, bunda juga bisa baca pada artikel berikut ini gigi si kecil terlambat tumbuh?. Terima kasih.

  2. Bun anak saya umur 6bln knp y bun anak saya lehernya suka nengleng k kiri kdng2 k kanan kynya blm bisa tegak betul tolong pendappatnya bn

    1. Selamat siang. Di usia 6 bulan bayi mulai bisa duduk sendiri. Awalnya ia mungkin harus menopang badannya dengan tangannya tapi sejalan dengan waktu ia akan bisa duduk tanpa topangan tangannya. Bayi umur 6 bulan mungkin sudah bisa berguling ke posisi telungkup dan telentang sendiri. Ia bahkan mungkin bisa menggeser badannya maju atau mundur dengan mendorong lantai pad saat tengkurap. Namun, pertumbuhan anak antara yang satu dengan yang lainnya berbeda-beda. Jika Anda merasakan hal-hal yang tidak wajar sebaiknya periksakan ke dokter spesialis anak untuk lebih jelasnya. Anda juga bisa membaca artikel berikut sebagai tambahan informasi. Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Umur 3-6 bulan. Terima kasih.

  3. Tlg kasi saran donk bun, q bingung. Pa masi wajar bun, posis tdr bayi akhir2 ne selalu k kiri, klo k kanan bayi ny bangun. Sblmny klo k kanan mau. Tlg solusi ny donk bun?”

    1. Selamat pagi bunda. Posisi tidur miring yang dilakukan bayi Anda tidak akan memengaruhi perkembangan otaknya kelak. Asalkan, sejauh ini kemampuan dia dalam menggerakkan leher dan kepalanya ke kanan, kiri, atas dan bawah sesuai dengan tahapan perkembangan yang harus dicapai sesuai usianya. Jadi, artinya hal itu masih wajar dan normal. Namun, alangkah baiknya jika bunda selalu memantau perkembangan anak dibawah pengawasan dokter. Terima kasih.

  4. Mohon info-nya bunda.. Anak saya udah umur 5 bulan,belum bisa menyangga kepalanya dg lurus tegak,agak miring..tiap ditegak-kan selalu nengler lagi..baru kami ketahui,2 minggu ini..apa karna posisi saya waktu tdur menyusui satu arah gak prnah berubah jadi gitu ya bun? Apa udah telat tidak bisa diperbaiki lagi kepala nenglernya?mohon bantu jawab saya bunda,saya kawatir,krna usianya udah hmpir 6 bulan..

    1. Selamat pagi. Saat usia 5 bulan bayi sudah menunjukkan otot lehernya yang semakin kuat. Dan saat berusia 6 bulan, bayi dapat menahan kepalanya dengan mantap dan tegak serta akan lentur ke depan saat orang lain membantunya menarik ke posisi duduk. Untuk mencegah kepala bayi agar tidak peyang. sebaiknya bunda harus sering-sering mengganti posisi tidur putra putri Anda agar kepalanya tidak peyang. Selain itu bunda juga dapat menggunakan bantal yang ada lingkaran ditengah sehingga posisi kepala bayi saat tidur bisa lebih baik. Periksakan ke dokter untuk mendapatkan perawatan secara tepat sehingga kepala bayi dapat menyangga dengan tegak sebagaimana mestinya. Semoga bisa membantu, terima kasih.

    1. Selamat pagi bunda. Kepala peyang biasanya disebabkan karena karena bayi terlalu lama tidur dengan posisi kepala miring ke kanan, miring ke kiri atau tidur dalam satu posisi saja. Solusinya, sebaiknya Anda harus sering-sering mengganti posisi tidur putra putri Anda agar kepalanya tidak peyang. Untuk informasi lebih jelasnya silahkan membaca mengatasi kepala peyang pada bayi. Terima kasih.

  5. Bayi sy belum genap 1 bulan suka tidur miring baik kanan maupun ke kiri. Kl di tidurkan terlentang dia cm tidur sebentar sebentar bangun. Kl miring nyenyak berjam2 , normal atau bahanyakah kebiasaan bayi saya? Mohon infonya thx

    1. Selamat pagi bunda. Kebiasaan anak tidur dengan posisi miring pada umumnya tidak membahayakan. namun, kebiasaan tidur miring yang terlalu lama bisa menjadi salah satu penyebab kepala peyang pada anak. Namun, alangkah baiknya jika bunda lebih sering-sering mengganti posisi tidur putra putri bunda agar kepalanya tidak peyang atau kempeng sebelah. Terima kasih

    1. Cari tau penyebabnya..mgkin kepanasan, haus terlalu lama jd rewel, biasanya bayi menangis krna merasa tidak nyaman.

Komentar