Posisi Duduk Yang Aman Bagi Ibu Hamil

ibu hamilIbu hamil yang mengetahui bagaimana posisi duduk yang tepat pada masa kehamilan tidak hanya membuat ibu hamil akan merasa nyaman saat melakukan aktivitas, tetapi juga dapat menghindarkan ibu hamil dari gangguan yang sering menyerang pada masa kehamilan yaitu sakit pinggang dan sakit punggung. Gangguan pada ibu hamil ini memang tidak selalu didominasi oleh posisi duduk yang tidak tepat, tetapi juga disebabkan karena berat badan yang semakin bertambah.

Posisi duduk ibu hamil memang tidak jauh berbeda dengan sikap tubuh saat tidak hamil, namun ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan oleh ibu hamil demi menjaga kesehatan ibu hamil karena sedang membawa beban yang berat di dalam perut. Berikut ini adalah posisi duduk yang aman bagi ibu hamil.

1. Posisi punggung lurus dengan bahu yang tertarik ke belakang.

Bagi ibu hamil, peningkatan berat badan sangat berpengaruh terhadap ligament dan otot. Hal ini juga dapat menyebabkan rasa nyeri pada tubuh sehingga ibu hamil sulit untuk duduk dengan benar. Namun, posisi duduk dengan punggung yang lurus akan membuat ibu hamil merasa lebih nyaman dan menhindari sakit punggung pada selama masa kehamilan.

2. Menyandarkan tubuh sepenuhnya pada kursi atau sofa.

Cara ini adalah salah satu posisi duduk yang dapat membantu ibu hamil menghindari sakit punggung. Sandarkan bahu dan pantat pada kepala sofa sehingga ibu hamil akan merasa lebih nyaman dengan posisi duduknya.

3. Saat sedang duduk ibu hamil harus menyeimbangkan berat badan.

Selama masa kehamilan, kaki ibu hamil akan sangat rentan terhadap nyeri yang diakibatkan oleh kenaikan berat badan. Jadi, saat ibu hamil sedang duduk atau berdiri, maka seimbangkan berat badan pada kedua kaki. Jika sedang duduk, seimbangkan tubuh pada kedua panggul.

4. Mengganti posisi duduk setelah 30 menit.

Ibu hamil harus mengubah posisi duduk setelah lebih dari 30 menit, hal ini bertujuan untuk meningkatkan aliran darah di dalam tubuh dan untuk menghindari rasa nyeri bagi ibu hamil saat sedang duduk.

5. Menghindari duduk selama berjam-jam.

Ibu hamil yang bekerja di kantor seharian pastinya harus duduk selama berjam-jam di depan meja kantornya. Untuk menghindari gangguan sakit pinggang dan nyeri, maka usahakan ibu hamil lebih sering meregangkan kakinya setiap satu jam dengan berjalan-jalan kecil di samping meja kantornya.

Demikian informasi mengenai posisi duduk yang aman dan nyaman bagi ibu hamil selama masa kehamilan. Semoga dapat bermanfaat demi menjaga kesehatan ibu hamil.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://www.iberita.com/uploads/2014/04/jenis-kelamin-bayi.jpg

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil adalah Madu alami yang di campur dengan bahan-bahan herbal yang bermanfaat untuk ....
Rp 70.000 Beli

Komentar