Pada kali ini kami akan melanjutkan artikel tentang pertumbuhan anak. dari artikel sebelumnya telah kami ulas tentang pertumbuhan anak bulan 1 sampai bulan ke 4.

Pada bulan-bulan ini aktivitas fisiknya kelihatan menonjol, dengan aktivitas fisik yang meningkat menunjukkan rasa ingin tahunya yang besar . Dia suka menggerakkan tangan dan kaki secara serabutan juga gerakan-gerakan yang teratur seperti berguling-guling, menendang, bahkan menggeserkan kaki dan badannya dengan penuh semangat.

Otot-otot kaki, punggung dan lehernya menjadi lebih kuat. Pada usia ini bayi mulai menunjukkan minat yang besar pada dirinya.

Anak belajar mengembangkan kemampuan untuk merencanakan dan menentukan sebuah tujuan dari menggenggam. Selain belajar makan makanan padat bayi banyak menggunakan mulutnya untuk bereksperimen dengan suara-suara.

Penglihatannya pun sudah berfungsi seperti orang dewasa sehingga meningkatkan minat anak terhadap hal-hal yang ada disekitarnya. Bayi mulai bereksplorasi dan menghasilkan sesuatu. Ia akan belajar duduk, menggeser, merangkak serta berdiri.

Pada usia 5 bulan bayi senang meraba, menggoncang-goncangkan dan memukul segala sesuatu, berguling, duduk dengan bantuan, berbaring telungkup dengan kepala dan dada diangkat untuk melihat sekelilingnya serta menggigit segala sesuatu yang ada dimulutnya.

Mainan yang dibutuhkan adalah mainan untuk ditendang-tendang, kerincingan, sendok atau mainan lain untuk bisa digigit-gigit, serta suara-suara untuk didengar. Di usia ini adalah saat yang baik untuk mengecek apakah ada kerusakan pada pendengaran yaitu dengan cara memperhatikan respon bayi terhadap keramaian yang ada disekitarnya.

Daya ingat bayi akan menghubungkan kejadian yang terjadi dengan aktivitas yang dilakukkannya. Kemampuan fisiknya akan memungkinkan bayi melakukan apa yang direncanakan oleh pikirannya. Untuk memenuhi rasa ingin tahunya bayi akan melakukan sesuatu berulang-ulang sampai hal itu dikuasainya dan membuat ia peka terhadap perubahan-perubahan yang terjadi di sekitanya.

Pada usia ini emosi yang paling dominan bagi bayi adalah kegembiraan walaupun keadaan emosi ibu juga akan berpengaruh terhadap bayi seperti pada saat ibu sedih, kesal, tegang atau marah.

Pada usia 6 bulan bayi senang berguling, memasukkan segala sesuatu ke mulut, tersenyum pada wajah-wajah yang dikenalnya, serta menjatuhkan, membuang atau memukul-mukul segala sesuatu yang dipegangnya oleh karena itu beri bayi mainan seperti gelas plastic, sendok dan semacamnya,bola untuk digulirkan atau digenggam, mainan-mainan yang bisa dimasukkan kedalam mulut serta ia suka mendengarkan suara anda.

Sedangkan tahap perkembangan yang menonjol yaitu kemampuan bayi untuk mengamati wajah dengan seksama. Pindahkan letak bayi untuk mengembangkan kemampuan visual bayi. Untuk pengembangan interaksi social yaitu dengan mengelitik, memeluk- meluk bayi atau permainan dengan jari, permainan tepuk silang dan permainan ciluk-ba.

Keinginan untuk berinteraksi atau bersosialisasi bisa berkurang pada saat bayi mengalami ketidak nyamanan tubuh misalnya pada saat pertumbuhan gigi. Sebaliknya rasa ketidaknyamanan akan berkurang seiring bertambahnya minat bayi untuk mengadakan interaksi dengan orang lain.

Pada usia 7 bulan bayi senang duduk tanpa bantuan, menggunakan jari dan ibu jari bersama-sama untuk sebuah tujuan seperti mengambil sesuatu, menggigit dengan gigi pertamanya, serta mendengarkan suara-suara. Kemampuan verbal bayi ditentukan oleh cara ibu mendengarkan dan memberi respon terhadap suara-suara bayi.

Meningkatnya kemampuan verbal membuat Ia bisa berteriak gembira, mengeluh, menggerutu ketika sedang kesal dan menangis bila merasa tidak puas. Mainan yag sesuai seperti mainan di bak mandinya, memperdengarkan suara music dan lagu anak-anak, memberi mainan atau benda-benda yang berbunyi nyaring bisa membantu bayi dalam mengembangkan kemampuan inderanya.

Pada akhir bulan ke 7 bayi sudah bisa mengucapkan tiga suku kata sehingga aktivitas seperti bercakap-cakap atau membacakan sesuatu untuknya bisa menjadi kegiatan yang bermanfaat untuk mengenalkan kata-kata.

Buku yang bersampul tebal atau yang terbuat dari kain merupakan buku yang tepat bagi bayi seusia ini karena keinginan untuk memegang dan merasakan sesuatu tudak akan merusak buku-buku tersebut.

Dalam usia ini kita bisa juga mengajarkan tentang benar dan salah dengan komunikasi. Di butuhkan waktu yang panjang untuk mengajarkan hal ini

Kebutuhan-kebutuhan khusus pada masa-masa ini
1. Makanan padat
Seiring dengan meningkatnya kemampuan bayi untuk menggunakan tangan maka bayi membutuhkan lebih banyak makanan padat. Dan mulai berlatih untuk makan sendiri.

2. Perlindungan
Gerakan bayi yang berkembang dari merangkak, memanjat dan berdiri tidak bisa dibatasi hanya ditempat tidur maupun ditempat bermainnya saja sehingga bayi banyak mengalami luka-luka akibat terjatuh dan sebagainya. Oleh karena itu diperlukan tempat yang aman yang jauh dari benda-benda yang membahayakan seperti segala sesuatu yang bisa tertelan atau melukai bayi.

3. Gigi pertama
Pertumbuhan gigi pertama pada bayi terjadi pada usia 6 bulan. Berilah bayi obyek gigitan yang baik dan tidak berbahaya misalnya apel atau wortel. Tetapi jaga agar bayi tidak menelan bulat-bulat makanan itu sehingga tersedak.