Persiapan Ibu Hamil Menjelang Proses Persalinan

persiapan proses persalinanProses persalinan merupakan sebuah ujung dari masa kehamilan selama 9 bulan bagi ibu hamil. Diperlukan banyak hal untuk mempersiapkan proses persalinan dan menyambut kelahiran sang buah hati. Persiapan menjelang proses persalinan bagi ibu hamil tersebuat diantaranya adalah persiapan mental, fisik serta kebutuhan selama dan setelah melahirkan. Tidak bisa dilupakan juga dalam hal ini tentu saja adalah biaya persalinan dan seterusnya.

Untuk persiapan proses persalinan bagi ibu hamil tentu saja harus dipersiapkan secara jauh-jauh hari agar hasil yang diharapkan menjadi lebih baik. Jika segala sesuatunya telah dipersiapkan dengan baik sejak dini maka bagi ibu hamil itu sendiri akan mendapatkan sebuah ketenangan dalam segi psikisnya, selain itu juga akan memberikan sebuah kenyamanan dalam menghadapi proses persalinan. Berikut ini adalah beberapa persiapan ibu hamil menjelang proses persalinan yang dapat Anda lakukan.

1. Gizi yang cukup

Syarat utama yang harus dipersiapkan oleh ibu hamil menjelang proses persalinan adalah menjaga asupan gizi yang cukup bagi tubuh. Mengapa harus cukup gizi? Seorang ibu hamil membutuhkan nutrisi sehat yang cukup untuk kesehatan ibu hamil itu sendiri dan untuk tumbuh kembang janin. Selain itu, ibu hamil juga harus menghindari mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet, alkohol serta mengandung merkuri karena makanan tersebut dapat membahayakan ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungan.

2. Olahraga ringan

Seorang ibu hamil selalu disarankan untuk melakukan olahraga ringan setiap hari misalnya dengan jalan kaki pagi di sekitar rumah karena menjaga kebugaran dan kesehatan ibu hamil selama masa kehamilan sangatlah penting. Hal itu juga bertujuan untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi proses persalinan. Namun, perlu ibu hamil ketahui juga jika usia kehamilan sudah melewati usia 7 bulan maka seorang ibu hamil hanya dianjurkan untuk melakukan olahraga seperti senam hamil saja. Tidak untuk olahraga yang lainnya.

3. Psikologi dan mental

Persiapan bagi ibu hamil menjelang proses persalinan juga sangat membutuhkan kesiapan di sektor psikologis dan mental. Kondisi psikologis bagi seorang ibu hamil sebaiknya harus stabil. Sebab jika ibu hamil mengalami stress maka hal tersebut dapat berpengaruh bagi kesehatan ibu hamil maupun tumbuh kembang janin. Selain itu, mental yang kuat juga harus diperhatikan bagi ibu hamil terutama bagi ibu muda yang baru pertama kali menghadapi masa kehamilan. Jika mental tidak kuat dan mudah labil maka proses persalinan dapat terkendala sehingga kemungkinan buruk pun bisa saja terjadi.

Demikian beberapa informasi mengenai persiapan ibu hamil menjelang proses persalinan, semoga dapat bemanfaat dan menambah ilmu pengetahuan bagi ibu hamil menjelang proses persalinan.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://3a2ilati.com/sites/default/files/art2_2.jpg

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil adalah Madu alami yang di campur dengan bahan-bahan herbal yang bermanfaat untuk ....
Rp 70.000 Beli

4 Komentar

  1. deg-deg an menanti kelahiran ank ke 2 tinggal menunggu beberapa minggu lg smoga lancar n ank nya sehat

Komentar