permainan bayiBermain dan belajar adalah salah satu usaha yang bisa kita lakukan untuk mengasah pertumbuhan otak bayi kita.  Ada banyak permainan yang bisa kita ajarkan ke buah hati kita. Selain itu juga kita harus memperhatikan pola tidur bayi, pola tidur yang berkualitas juga akan mempengaruhi pertumbuhan otak bayi. Bahkan ada yang mengatakan bahwa pertumbuhan otak bayi akan lebih berkembang ketika bayi sedang tertidur. Ya, benar. Di saat tidurlah pertumbuhan otak bayi itu mencapai puncaknya.

Kebutuhan tidur bayi akan sangat berpengaruh pada pola bayi bermain dan belajar, ketika kurang tidur maka ujung-ujungnya bayi akan rewel. Terus apa yang kita perlukan sebagai patokan bahwa kebutuhan tidur bayi tercukupi? Berikut daftar kebutuhan tidur bayi  berdasarkan usia bayi:

a. Usia 0-3  bulan : 16-20 jam
b. Usia 3-12 bulan : 14-15 jam
c. Usia 1-3  tahun : 12-14 jam

Dengan tercukupinya kebutuhan tidur bayi, pertumbuhan otak bayi akan lebih pesat. Karena suasana bermain dan belajar bayi akan lebih kondusif. Kita juga akan lebih senang ketika buah hati kita bermain dan belajar dengan riang. Selanjutnya kita tinggal memilah-milah permainan apa yang cocok dan apa yang pantas kita ajarkan sesuai dengan usia buah hati kita.

Sekarang adalah bagaimana ‘mengisi’ otak bayi kita disaat mereka sudah bangun tidur. Ada 5 permainan sederhana yang bisa dilakukan:

1. Panggil namanya dari sisi kiri dan kanan dengan lembut. Berbagai macam respon yang anda dapat, ada yang melirik ada yang berusaha menoleh, ada yang tersenyum manis. Permainan ini berguna untuk melatih daya dengar mereka dan menstimulus otak mereka.

2. Menyanyi dengan suara lembut. Tidak usah malu bila anda tidak dapat menyanyi dengan bagus atau suara anda sumbang, bagi seorang bayi suara musik yang didengar merupakan satu sentuhan emosi, sentuhan kasih sayang yang ia dapatkan dari orangtua.

3. Menggendong, mengajaknya jalan dan membelai. Dalam gendongan anda seorang bayi akan merasakan rasa aman dan dengan belaian lembut kebutuhan emosinya akan kasih sayang sedang anda berikan saat ini.

4. Ci luk ba atau permainan sembunyikan wajah dan tampakkan wajah anda dengan tangan. Permainan ini akan memberikan pengertian bagi bayi anda, kalau ia tidak bisa melihat sebuah benda bila tertutup sesuatu. Selain menutup wajah dengan tangan, cobalah dengan sapu tangan dan biarkan si kecil yang membukanya.

5. Permainan lidah. “Mana lidahnya” terus julurkan lidah anda, maka si kecil akan mengikuti anda. Permainan ini menstimulus daya tangkap, pengelihatan dan respon si kecil.

Perkembangan otak bayi bisa dibantu dengan alat-alat bermain, bisa dikatakan sebagai media untuk merangsang otak kanan dan kiri. Kita dapat memilih permainan bayi yang dapat merangsang perkembangan otak bayi sesuai dengan perkembangan anak pada usia 6 bulan.

Mainan untuk bayi usia 6 bulan yang sangat popular yaitu mainan untuk mencari, mendengarkan, melihat, mengisap jari, dan menirukan.

Adapun mainan untuk bayi usia 6 bulan dengan memilih permainan yang mendidik yang dapat membantu perkembangan otak bayi diantaranya:

  1. Pilih permainan yang berwarna-warni
    Permainan ini dapat mengembangkan keterampilan visual bayi anda. Disaat ini mereka senang melihat benda-benda yang berwarna-warni degan bentuk yang beraneka ragam
  2. Mengajak ngobrol
    Banyak kata yang didengar bayi dapat mempengaruhi perkembangan otak bayi dalam mengolah kata.
  3. Merekam suara
    Permainan merekam suara bayi dapat mengembangkan kemampuan berbahasa kelak.
  4. Mengajak bercanda dengan gerakan.
    Permainanan aktifitas menendang akan membantu bayi mengembangkan kemampuan motoriknya.
  5. Melempar-lempar benda
    Latih bayi memindahkan mainan dari satu tangan ke tangan lain, kegiatan ini membantu mengembangkan perkembangan otak bayi , kemampuan motorik halus, dan keterampilan mengkoordinasikan gerakan tangan dan mata.
  6. Bernyanyi dan menari
    Permainan ini akan membantu otak bayi berkembang, karena bayi sangat menyukai musik.
  7. Menyembunyikan mainan
    Permainan menyembunyikan mainan bayi , membantu menstimulasi rasa ingin tahu, yang sangat penting baginya untuk belajar.
  8. Bawa bayi anda untuk bercermin
    Permainan ini akan membantu bayi anda mengenal dirinya dan membantu mengembangkan kemampuan visualnya.
  9. Berikan mainan yang berbunyi, permainan ini untuk merangsang otak bayi.
    Permainan merupakan awal dari perkembangan anak, maka sebagai orangtua harus bisa memilih permainan yang mendidik bayi kita supaya dikemudian hari bisa tahu mana yang bermanfaat, dan bisa mengembangkan perkembangan otak bayi dalam masa pertumbuhannya
(Dari beberapa sumber)

http://4.bp.blogspot.com/-LBtVWT8n_oE/TgMtk0pF4lI/AAAAAAAAA_8/KUmkrREBkbg/s1600/200154766-001.jpg