Perkembangan Otak Anak Tahun Ke 3 Dan Ke 4

Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya yang mengulas tentang perkembangan otak anak tahun demi tahun. Berikut ini merupakan perkembangan tahun ke 3 dan ke 4.

Tahun ketiga
Pada tahun ketiga umur  anak sudah mulai lincah dan berlari kesana kemari. Pada umur tiga tahun kecerdasan motorik kasarnya meningkat. Perkembangan otak pada umur ini ditekankan pada limbik kiri bagian dalam . Dalam pergaulan sosialnya ia seperti ingin memiliki semuanya.Keakuannya begitu tinggi dan kepemilikannya tidak boleh diganggu, serta milik anak-anak tetangga  pun kalau perlu dierbutnya. Atau paling tidak ia merengek-rengek minta dibelikan mainan seperti  itu. Pola makannya mulai lahap karena percepatan pembesaran fisik paling drastis terjadi pada umur tiga tahun ini.

Umur ini sebenarnya saat yang tepat untuk memulainya memisahkan dari kamar orang tuanya karena kecerdasan kemandirian mulai tumbuh pada umur tiga tahun ini. Oleh karena itu jangan ditakut-takuti dengan hal-hal yang membuat ia menjadi tidak mau berpisah kamar dengan orang tuanya. Bermain-main gerakan yang melatih motorik kasarnya seperti memanjat, keseimbangan ayunan, mengayuh sepeda dengan roda empat sangat diperlukan oleh anak umur tiga tahun.

perkembangan tahun 4

Tahun Keempat
Pada tahun keempat ini perkembangan anak masih berada di sekitar limbik kirinya namun sekarang berpindah ke bagian luarnya. Kecerdasan motorik halusnya mulai berkembang pada umur ini. Daya ingatnya semakin lengkap pada umur ini.

Ransangan seperti cerita pengantar tidur, mendengarkan lagu anak-anak, pengenalan huruf dan angka, keterampilan menjahit, keterampilan melipat, bermain puzzle, dan belajar mewarnai sangat diperlukan untuk anak umur empat tahun.

Mereka juga sangat suka dibawa kelapangan dangan areal bermain yang lebih lapang. Melakukan permainan gerakan yang lebih maju sudah sangat diperlukan seperti: bersepeda roda dua, senam berirama, berlatih bela diri, bermain sepak bola, dan mulai belajar berenang.

Pada umur empat tahun ini ank-anak mulai mengerti tentang kesenangan, mengenal selera masakan, dan memiliki kesadaran bermanja-manja dan memerlukan perlindungan. Juga pada umur ini sifat kedermawanan mulai muncul.

3 Komentar

  1. [email protected] says:

    share

  2. bunda riany : pastinya dong bunda diperlukan asupan makanan yang sehat dan bergizi untuk mendukung perkembangan otak yang sempurna, supaya terdapat keseimbangan gizi juga dalam masa2 pertumbuhan anak..

  3. perkembangan otak anak kan juga perlu didukung oleh asupan makanan yang bergizi dan susu yang menyehatkan kan??

Komentar