Perbedaan Kista Dan Mioma Yang Mengganggu Kesehatan Wanita

mioma yang mengganggu kesehatan wanitaMenambah ilmu pengetahuan kita mengenai berbagai macam penyakit dan kesehatan wanita adalah hal yang sangat penting. Pengetahuan inilah yang membuat seseorang mampu melakukan sebuah tindakan pencegahan maupun memberikan pertolongan dini terhadap suatu penyakit-penyakit yang baru menunjukkan gejalanya.

Mengenal perbedaan antara kista dan juga mioma bagi seorang wanita juga tidak kalah pentingnya dan sangat disarankan, apalagi jika kita mengingat bahwa sekarang ini masih banyak wanita yang belum mengetahui perbedaan diantara kedua jenis penyakit tersebut. Penyakit kista dan juga mioma memang sama-sama termasuk tumor yang menyerang alat reproduksi pada wanita. Dan pada tingkatan tertentu, kista atau mioma juga masih dapat dianggap tidak terlalu berbahaya. Namun ada perbedaan yang cukup mendasar diantara kedua jenis peyakit tersebut.

Perbedaan Kista dan Mioma

Kista sebenarnya adalah sebuah kantung yang berisi cairan dan berkembang di dalam alat reproduksi wanita. Berbeda dengan mioma, mioma berbentuk massa yang solid dan tumbuh di bagian dinding rahim wanita. Untuk penyakit mioma sendiri, biasanya pertumbuhannya dipengaruhi oleh beberapa hal termasuk status hormonal.

Pada penyakit mioma, yang memiliki pengaruh cukup besar adalah hormon estrogen. Hal ini dapat terlihat dari jumlah reseptor estrogen yang terlihat atau tampak lebih tinggi jika dibandingkan dengan jaringan otot kandungan itu sendiri. Kasus seperti ini biasanya berlangsung pada masa kehamilan atau pada usia reproduksi. Yang membuat penyakit mioma tampak berbahaya bagi kesehatan wanita adalah kemampuannya yang bisa dapat tumbuh pada beberapa lokasi yang ada di dalam rahim.

Berat serta ukuran mioma yang dapat tumbuh di dalam rahim tersebut juga sangat beragam. Hal inilah yang mampu mengganggu rahim wanita. Sedangkan pada penyakit kista sendiri, biasanya hanya tumbuh di luar rahim wanita. Berbeda halnya dengan mioma yang juga mampu tumbuh pada otot rahim wanita.

Secara umum, gejala penyakit mioma dan kista tidak jauh berbeda. Beberapa gejala diantaranya adalah pembesaran pada bagian perut, nyeri haid yang sangat hebat dan penekanan pada organ-organ yang ada disekitar rahim wanita.

Agar terhindar dari kedua penyakit ini, seorang wanita disarankan untuk selalu menjaga kesehatan wanita dengan cara menerapkan pola hidup sehat, mengkonsumsi makanan bergizi, olahraga secar teratur serta melakukan cek up medis setiap setahun sekali juga sangat disarankan bagi kaum wanita. Dengan melakukan pemeriksaan secara teratur maka penyakit kista maupun mioma bisa terdeteksi lebih dini. Pola hidup sehat adalah langkah tepat untuk menghindari segala macam penyakit. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://4.bp.blogspot.com/-LRE_SbJTiSM/Utlr1pzQYtI/AAAAAAAACNk/Ve6k_SsLHbQ/s1600/mioma+1.jpg

Komentar