Perawatan Tubuh Terpenting Bagi Ibu Hamil Selama Kehamilan

vitamin cPada masa kehamilan, tubuh wanita mengalami banyak perubahan dibandingkan dengan saat tidak sedang hamil. Dalam waktu yang cukup singkat, tidak hanya berat badan yang akan terus bertambah, akan tetapi fungsi tubuh seperti produksi hormon juga akan meningkat sehingga mengakibatkan perubahan pada kulit dan emosi pada masa kehamilan.

Meskipun sedang dalam masa kehamilan, perawatan tubuh juga sangat penting dilakukan oleh ibu hamil. Tidak hanya bermanfaat bagi kecantikan, akan tetapi perawatan tubuh juga bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil. Kesehatan ibu hamil yang terawat akan membuat ibu hamil merasa sehat, segar dan percaya diri dalam menjalani masa kehamilan. Perawatan penting untuk ibu hamil selama kehamilan itupun tidak perlu dilakukan di salon, ibu hamil bisa melakukannya sendiri secara sederhana di rumah. Berikut beberapa perawatannya.

1. Merawat kaki bengkak

Pada masa kehamilan, biasanya ibu hamil akan rawan mengalami kaki bengkak. Untuk mengatasi masalah pembengkakan pada kaki tersebut, ibu hamil bisa menggunakan gel khusus untuk memijat kaki bengkak. Pilihlah gel yang mengandung menthol, minyak peppermint guna mendinginkan kaki dan mebuat oto-otot kaki menjadi lebih rileks. Biasakan untuk olahraga ringan misalnya dengan jalan-jalan kecil.

2. Mengkonsumsi vitamin C untuk mencegah varises

Pelebaran pembuluh balik atau biasa disebut juga dengan varises seringkali menjadi salah satu masalah bagi ibu hamil. Urat yang berada di bagian kaki, area di balik lutut, serta tangan menjadi tampak menonjol. Untuk mencegah terjadinya varises pada ibu hamil, sebaiknya perbanyaklah mengkonsumsi vitamin C dan hindari aktivitas yang terlalu berat dan usahakan untuk tidak berdiri terlalu lama.

3. Perawatan untuk stretch mark

Stretch mark merupakan peregangan yang terjadi pada kulit tubuh tepatnya di bagian perut pada saat kehamilan. Akibat dari peregangan ini adalah terjadi guratan-guratan memanjang pada bagian perut dengan pola yang tidak beraturan. Stretch mark pada ibu hamil cenderung susah untuk diobati, akan tetapi jika Anda telaten melakukan perawatan maka stretch mark dapat dicegah sebelum terjadi.

4. Hindari penggunaan produk kecantikan yang mengandung minyak

Pada masa kehamilan biasanya produksi minyak pada kulit akan lebih ekstra. Pada trimester pertama kulit wajah akan lebih berminyak dan muncul jerawat. Untuk mengatasi masalah tersebut sebaiknya Anda menghindari penggunaan produk kecantikan yang berbahan dasar minyak karena hal itu justru dapat menutup pori-pori kulit. Gunakanlah cara yang aman untuk mengatasi kulit berminyak dan berjerawat sehingga tidak berbahaya bagi janin.

Seorang ibu hamil memang membutuhkan perawatan tubuh yang lebih ekstra demi kesehatan ibu hamil dan juga kecantikan. Untuk itu rajin-rajinlah mencari informasi seputar kewanitaan dan juga kehamilan. Semoga bermanfaat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://2.bp.blogspot.com/-CyHb1Rigsw4/UGDA7gwS8uI/AAAAAAAAA-A/Fb6uW4C8Ylk/s1600/fontes+de+vitamina+C.jpg

Komentar