Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Perawatan Gigi Saat Hamil

perawatan gigi ibu hamilPerawatan tubuh saat hamil sangat penting untuk dilakukan. Perawatan tubuh mencakup semua bagian tubuh, salah satunya yaitu gigi. Merawat gigi saat hamil sangat penting dilakukan untuk menjaga kebersihan gigi serta menghindari sakit gigi saat hamil. Sakit gigi saat hamil tentu akan memberikan rasa yang tidak nyaman saat hamil. Sakit gigi saat hamil lebih sulit penanganannya karena saat ibu hamil, ada beberapa bahan penambal gigi yang harus dihindari oleh ibu hamil. Selain itu, dampak sakit gigi saat hamil juga bisa berpengaruh terhadap janin yang dikandungnya. Akibat kesehatan mulut dan gigi ibu hamil yang kurang terawat bisa juga mengancam keselamatan janin di awal masa kehamilan.

Ada banyak hal yang bisa mempengaruhi seseorang bisa terkena sakit gigi saat hamil. Penyebab seseorang sakit gigi saat hamil seperti adanya perubahan hormon saat hamil yang mempunyai pengaruh besar terhadap kesehatan mulut dan gigi. Perubahan hormon yang besar dapat mengakibatkan jaringan gusi melunak dan gusi yang mudah berdarah, terutama saat memasuki 2 sampai 8 bulan kehamilan. Masalah lain seperti morning sickness yang kerapkali dialami ibu hamil di awal kehamilan juga turut berperan dalam menaikkan derajat keasaman mulut yang berujung pada gigi berlubang. Walaupun Anda sering merasa mual, sebaiknya tetap bersihkan gigi Anda secara rutin untuk menghindari terjadi masalah dengan kesehatan mulut dan gigi Anda.

Agar sakit gigi tidak sampai terjadi saat Anda sedang hamil, tentu diperlukan perawatan gigi yang rutin. Rajin merawat gigi dan memeriksakan kesehatan gigi ke dokter gigi menjadi salah satu cara yang tepat Anda lakukan. Perawatan gigi yang paling dasar adalah menggosok gigi setelah makan sebanyak 2 sampai 3 kali sehari, serta jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan rutin setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi.

Beberapa tips yang perlu Anda lakukan untuk merawat gigi Anda selama hamil seperti:

  1. Membatasi mengkonsumsi makanan yang terlalu asam dan manis karena bisa menyebabkan gigi rusak
  2. Sikat gigi dengan cara yang benarmerawat gigi
  3. Menggunakan pasta gigi yang bisa membuat mulut merasa segar untuk menghindari munculnya rasa mual. Sekarang sudah tersedia banyak pilihan aroma yang bisa menjadi pilihan Anda
  4. Jika Anda muntah, sebaiknya segera berkumur dengan air hangat
  5. Menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi
  6.  Berkumur dengan obat kumur jika memang diperlukan
  7. Menggunakan sikat gigi yang lembut
  8. Rutin menggosok gigi
  9. Pemeriksaan gigi secara rutin

Perawatan gigi saat hamil perlu penanganan yang serius dan sesegera mungkin, karena bila gigi yang rusak sudah termasuk dalam kategori parah bisa merangsang tubuh menghasilkan hormon prostaglandin. Dimana hormon ini merupakan salah satu yang menyebabkan terkadinya kontraksi yang bisa juga memicu bayi lahir prematur dan bayi lahir dengan berat badan yang belum cukup. Perawatan gigi saat hamil perlu dilakukan demi kesehatan ibu hamil dan janin. Selamat merawat gigi saat hamil!

sumber gambar:
1. http://euroradio.fm/files/field/image/2013/03/134943/123635.jpg
2. http://girlycious.com/uploads/2012/10/merawat-gigi.jpg