Penyebab Perut Kembung Pada Awal Masa Kehamilan

perut kembung pada ibu hamilIbu hamil biasanya akan mengalami beberapa keluhan pada saat menjalani masa kehamilan, salah satunya adalah merasakan perutnya penuh dengan gas atau perut kembung. Banyaknya gas yang dihasilkan tersebut membuat perut ibu hamil menjadi kembung dan sering bersendawa. Meskipun setiap orang baik yang sedang menjalani masa kehamilan maupun yang tidak sedang dalam keadaan hamil pastinya memiliki gas didalam tubuhnya. Namun jumlah gas akan mengalami peninmgkatan lebih banyak pada wanita yang sedang hamil, sehingga ibu hamil akan sering bersendawa beberapa kali.

Ibu hamil akan mengalami perut kembung biasanya di awal masa kehamilan. Hal ini tentu saja akan memberikan rasa yang tidak aman bagi ibu hamil yang mengalaminya. Lalu, apakah Anda tahu apa yang menyebabkan ibu hamil sering mengalami perut kembung? Berikut ini adalah penyebab perut kembung yang sering dialami oleh ibu hamil pada awal masa kehamilan.

1. Rahim

Selama masa datang bulan, endometrium akan tumbuh dan mengental. Pada awal masa kehamilan, hal yang sama juga terjadi namun endometrium lebih menebal dari yang biasanya. Dalam proses inilah sebagian besar darah akan dikirim ke rahim. Sehingga hal inilah yang memaksa jantung untuk bekerja lebih cepat lagi dan menjaga aliran darah menjadi sangat tinggi. Alasan inilah yang menjadikan rahim membengkak sehingga menyebabkan tekanan di bawah perut. Fenomena ini adalah salah satu penyebab kembung pada ibu hamil di awal masa kehamilan.

2. Sembelit

Sembelit bisa menjadi salah satu penyebab utama yang menyebabkan perut kembung pada ibu hamil pada awal masa kehamilan. Mengapa demikian? Karena ketika wanitasedang hamil, tubuh akan melepaskan hormon progesteron yang berlebih. Kelebihan progesteron dalam tubuh wanita itulah yang membantu dalam melembutkan otot dan juga ligament. Namun, pada saat otot-otot menjadi lunak dan lemah maka hal tersebut akan memperlambat proses pencernaan. Dan akhirnya menyebabkan sembelit pada ibu hamil yang mengakibatkan rasa kembung yang cukup parah selama awal masa kehamilan.

3. Berat badan

Bagi ibu hamil biasanya akan menambah berat badannya. Mereka juga biasanya makan secara berlebihan, disamping mengidam makanan juga karena mereka disarankan untuk lebih banyak intirahat dan tidur lebih banyak sehingga kegiatan yang membutuhkan banyak tenaga menjadi lebih rendah. Oleh sebab itu, asupan makanan yang lebih banyak dan kurangnya aktifitas akan membuat berat badan menjadi bertambah. Hal ini bisa membuat ibu hamil menjadi sangat gemuk dan mengalami perut kembung.

4. Gas

Masa kehamilan adalah suatu keadaan yang dapat meningkatkan hormon progesteronedi dalam tubuh. Manfaat positif dari peningkatan tersebut adalah membantu peregangan panggul untuk dilewati bayi saat proses melahirkan. Di sisi lain proses pencernaan berlangsung dengan kecepatan yang rendah dan sangat lambat. Kondisi seperti ini terkadang menyebabkan asam lambung, ingin buang angin dan mengakibatkan rasa mulas. Hal ini lebih cenderung terjadi pada ibu hamil yang sering mengkonsumsi makanan berlemak, mengandung kafein dan pedas sehingga menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan.

Perut kembung yang terjadi pada ibu hamil di awal masa kehamilan adalah fenomena yang sangat normal terjadi. Namun, jika perut kembung dari hari ke hari menjadi semakin parh dengan disertai kram perut atau nyeri, maka sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengkonsultasikannya pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga informasi mengenai penyebab perut kembung di atas bisa bermanfaat. Tetap hidup sehat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://2.bp.blogspot.com/-rDv52t_j4gE/UnUsLJH3MDI/AAAAAAAADsU/IqWORavFHbc/s1600/z10363308Q,Ciaza.jpg

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil adalah Madu alami yang di campur dengan bahan-bahan herbal yang bermanfaat untuk ....
Rp 70.000 Beli

4 Komentar

  1. Dok saya mw brtanya. Saya kmren sntik 3bln tpi udh brhenti sntik slama 3blan. Trus blan ke 4 nya saya minum pil kb, pil kb saya sudah habis tpi saya tdk haid. Malah skrg saya mual, bersendawa, skit pinggang, bhkan muntah. Apakah saya hamil? Trima ksih dok

  2. Hai dok sy mau nanya…sy br abis buka kb suntik yg 3 bln,hrs nya sy kmbl suntik tgl 25 septmber n smp skrang sy blm haid dok,tp sy sdh smpt TP sminggu dr jdwl sntik hslnya ngatif..tp sy ngrsain ky2 gjl2 hamil,ky pydra membengkak,perut sering kembung,pinggang krsa sring sakit n sring ky ngrs enek tp ga smpe muntah…itu gmn dok…? Mkai

  3. saya sdang hmil yg kdua…saat ini bru trimester prtma,,tpi khmlan yg kdua lbih sring mnglmi mual,,prut kmbng..knpa ea apa fktor kllhan bsa mnjdi pnybb ny….

    1. Selamat pagi bunda. Adanya mual-mual pada ibu hamil trimester awal justru pertanda baik, yaitu artinya janin sedang tumbuh dan berkembang. Mual-mual muncul sebagai akibat upaya sang janin untuk mencegah pengguguran dirinya. Sedangkan untuk gangguan perut kembung pada ibu hamil trimester pertama dapat disebabkan oleh beberapa penyebab yang dapat bunda ketahui dalam artikel berikut ini. Penyebab Perut Kembung Pada Awal Masa Kehamilan. Terima kasih.

Komentar