Penyebab Komedo Muncul di Wajah

penyebab komedoBintik putih dan hitam yang terlihat menonjol di area dagu dan hidung, memang sangat menjengkelkan. Berbagai cara pun dilakukan untuk membersihkannya, mulai dari menggunakan pembersih mahal, scrubbing, pore strips hingga facial. Sebelum komedo di wajah tumbuh banyak, Anda harus tahu penyebab komedo yang muncul untuk bisa mencegah hal tersebut.

Makanan berminyak

Apa yang Anda konsumsi sangat berpengaruh pada kulit Anda. Makanan yang digoreng, mengandung gula serta karbohidrat tinggi memang bisa berpengaruh buruk pada kondisi kesehatan kulit. Sekarang Anda bisa memperhatikan, jika setelah Anda makan makanan berminyak dan muncul komedo atau jerawat, berarti Anda harus segera mengurangi konsumsi makanan tersebut.

Tidur tanpa membersihkan wajah

Tidur tanpa membersihkan wajah mungkin sudah pernah Anda lakukan, apalagi saat kondisi badan cukup lelah. Membiarkan riasan masih menempel di kulit wajah dan Anda tidur, merupakan sebuah kejahatan untuk kulit, karena Anda telah membiarkan pori-pori tersumbat kotoran serta bahan kimia dari riasan. Resikonya bukan hanya komedo akan bermunculan, tapi juga jerawat dan iritasi kulit.

Alkohol dan kafein

Kafein dan alkohol memang banyak memberikan dampak yang buruk bagi kecantikan dan kesehatan kulit. Stimulan kafein ternyata merangsang kelenjar minyak pada kulit lebih aktif. Ini salah satu pemicu munculnya komedo, terutama di daerah dahi, hidung, dan dagu. Sedangkan alkohol akan mempengaruhi pola tidur Anda, dan secara tidak langsung hali ini juga akan berpengaruh buruk pada kondisi kulit Anda.

Rokok

Rokok tidak hanya bisa merusak paru-paru, tetapi juga bisa merusak kecantikan kulit. Menurut ahli kulit, asap rokok mengandung partikel halus dari abu bekas pembakaran serta bahan berbahaya lainnya. Partikel tersebut akan masuk ke dalam pori-pori kulit dan menyumbat kulit. Efeknya tentu saja menimbulkan komedo dan jerawat, merusak sel-sel kulit sehat dan membuat keriput lebih cepat muncul.

Untuk mencegah timbulnya komedo di wajah, juga bisa Anda siasati dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutris yang baik untuk wajah, seperti :

facial pore cleaner1. Vitamin A. Untuk membantu mengatur siklus regenerasi kulit sehingga tidak ada lagi protein dan minyak penyebab jerawat yang tersumbat. Sumber vitamin A adalah minyak ikan salmon, wortel, bayam, dan brokoli. Namun, disarankan tidak berlebihan mengkonsumsi vitamin A karena bersifat toksik (racun).

2. Zinc (seng). Orang yang berjerawat atau berkomedo pada umumnya memiliki kadar seng yang rendah. Seng berguna untuk meredakan kulit yang iritasi. Sumber zinc adalah kacang almond, kacang-kacangan, dan daging.

3. Vitamin E dan C. Kedua vitamin ini sebagai antioksidan pada kulit. Sumber vitamin C yaitu jeruk, pepaya, tomat, atau kiwi. Sedangkan sumber vitamin E yaitu kacang-kacangan, minyak zaitun, brokoli, alpukat, dan sayuran hijau.

4. Selenium. Selenium merupakan mineral mengandung antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas. Vitamin E dan selenium akan mempercepat penyembuhan jerawat atau komedo. Sumbernya seperti daging, salmon, kacang, telur, dan beras merah.

5. Omega 3. Asam lemak omega 3 dapat mencegah molekul yang bisa menyebabkan inflamasi (peradangan) yang memicu gangguan kulit. Sumbernya yaitu ikan laut, minyak, dan kacang-kacangan.

Selain mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit, menghilangkan komedo bisa dengan menggunakan facial pore cleaner.

Sumber gambar : http://1.bp.blogspot.com/-iIFIEVGAMnk/UKuL3JKdzoI/AAAAAAAAA_k/sFmVTnzlE6w/s1600/201211_6_191721p.JPG

Komentar