Penyebab Ketombe Yang Mengganggu Kesehatan Kulit Kepala

penyebab ketombe

ketombe

Rambut yang berketombe tentu sangat mengganggu kesehatan kulit kepala. Ketombe dapat menjadikan Anda risih, gatal-gatal dan pastinya kurang percaya diri. Ketombe atau yang bisa juga disebut dengan pityriasis capitis merupakan pengelupasan dari sel-sel kulit mati yang ada di kepala. Tingkat keparahan ketombe setiap orangnya berbeda, ada yang mengalami ketombe ringan dan ada juga yang parah. Yang mengalami ketombe parah biasanya dapat menimbulkan luka pada kulit akibat garukan yang terlalu kuat, sehingga sangat mengganggu kesehatan kulit kepala.

Munculnya ketombe tentu saja ada sebabnya. Ketombe muncul disebabkan oleh kurangnya nutrisi pada kulit kepala terutama mineral seng yang mengakibatkan kulit kepala menjadi kering dan menimbulkan tumbuhnya jamur. Berikut ini adalah beberapa hal penyebab ketombe yang mengganggu kesehatan kulit kepala, simak dengan baik sehingga Anda bisa mencegah timbulnya ketombe :

1. Kondisi kulit

Penyebab ketombe pada kulit kepala dapat disebabkan karena kondisi kulit kepala setiap orang berbeda-beda. Untuk mencegah ketombe pada kulit kepala, maka Anda harus mengenali jenis kulit kepala Anda dengan mengkonsultasikannya pada dokter.

2. Sisa shampoo

Bilaslah kulit kepala dan rambut Anda sampai benar-benar bersih setelah keramas, karena jika tidak bersih maka sisa shampoo saat Anda keramas merupakan penyebab ketombe pada kulit kepala. Meski proses keramas menjadi sedikit lebih lama, namun hal itu demi menjaga kesehatan kulit kepala Anda.

3. Kulit kepala kepanasan

Hindarilah penggunaan hair dryer untuk perawatan rambut karena itu justru akan merusak rambut. Kulit kepala yang kepanasan dapat menyebabkan sel-sel kulit kepala cepat mati sehingga berubah menjadi ketombe, Jadi kurangi penggunaan hair dryer untuk mencegah ketombe.

4. Makanan

Makanan adalah salah satu factor yang dapat mempengaruhi kulit kepala dan dapat menyebabkan munculnya ketombe. Untuk mengatasinya, Anda harus mengkonsumsi zat besi dan vitamin B atau suplemen untuk menjaga kesehatan kulit kepala sehingga dapat mencegah munculnya ketombe.

5. Stres

Terlalu banyak pikiran atau bisa disebut juga dengan stres sangat berpengaruh bagi kesehatan. Tidak hanya itu saja, ternyata stres juga termasuk penyebab ketombe.

6. Cuaca

Faktor lain yang dapat termasuk penyebab ketombe adalah cuaca. Jika cuaca sedang panas atau terik maka kulit kepala akan panas dan berkeringat, dari keringat itulah menyebabkan kulit kepala lembab dan ketombe muncul.

Meskipun ketombe merupakan salah satu dari masalah kulit kepala yang menjengkelkan, namun ada cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan produk untuk perawatan rambut dan kulit kepala seperti shampoo, kondisioner atau masker rambut. Tetapi Anda harus memperhatikan produk yang Anda gunakan, sebaiknya pakailah produk herbal seperti Qiara Shampo dan Crrante Hair Tonic Anti Dandruff untuk mengatasi masalah ketombe yang mengganggu kesehatan rambut Anda. Semoga bermanfaat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://m6.flexmedia.co.id/uploads/2013/06/Penyebab-Dan-Cara-Mengatasi-Ketombe-Secara-Alami-600x330.jpg
Qiara Shampo, Shampo Herbal Untuk Mengatasi Segala Masalah Rambut

Qiara Shampo, Shampo Herbal Untuk Mengatasi Segala Masalah Rambut

Qiara Shampo Herbal adalah ramuan tradisional yang terbuat dari daun-daunan dan rempah-rempah asli dari alam Indonesia ....
Rp 65.000 Beli

Komentar