Penyebab Gigi Keropos pada Balita

Penyebab gigi keropos pada balitaTidak banyak anak yang memiliki gigi sempurna. Dalam arti, giginya bagus, tidak keropos dan berlubang. Kebanyakan anak-anak belum memperhatikan kesehatan giginya atau karena orangtuanya kurang telaten dalam memperhatikan kesehatan giginya.

Karbohidrat yang dicerna oleh mulut mengandung zat gula. Nah, pada zat gula inilah bakteri meragi dalam mulut dan menghasilkan asam yang dapat membuat gigi keropos. Pada balita, gigi keropos juga dapat disebabkan oleh plak yang menumpuk pada gigi karena adanya sisa susu yang menempel di gigi. Kekeroposan ini diperparah lagi dengan anak-anak yang gemar makan cokelat dan permen tapi lalai menggosok gigi.

Sebagai orangtua, Anda harus telaten dalam memperhatikan kesehatan gigi dan gusi anak-anak Anda. Setiap habis makan, baik itu makanan biasa maupun yang manis-manis, upayakan mereka untuk segera menggosok gigi atau berkumur. Pada bayi dan batita, Anda bisa menggunakan kapas yang dibasahi air untuk menggosok giginya dengan lembut. Bawalah anak untuk periksa gigi ke dokter setiap 6 bulan sekali.

Kekeroposan bisa terjadi karena kurangnya asupan fluor. Nah, untuk itu, pilihlah pasta gigi anak dengan fluoride atau air minum mineral, dan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D.

Selain itu, faktor keturunan pun dapat mengakibatkan kekeroposan. So, saat hamil, ibu harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan mineral.  Saat bayi lahir, mereka juga baik diberikan sinar matahari pagi yang mengandung vitamin D untuk memperkuat tulangnya.

Sumber Gambar : http://1.bp.blogspot.com/-zOXUOkRTM3s/VNCXSTp7afI/AAAAAAAAGt0/kInZCke1_To/s1600/Gigi%2BSulung%2BBayi.jpg

10 Komentar

  1. anak saya baru berumur 18 bulan tapi giginya sudah keropos karna tidak mau sikat gigi. bagaimna solusinya min? makasih

    1. selamat pagi bunda,
      kami sarankan untuk di cek kan langsung ke dokter gigi terdekat jadi bisa di cek langsung kondisi gigi yang kropos tersebut sehingga dokter bisa lebih meneliti tindakan apa yang akan diambil.
      terimakasih semoga bisa membantu.

  2. bila Gigi keropos pada anak terjadi pada gigi depan dan pada gigi gerahamnya, apakah nantinya semua gigi anak baik yang depan maupun yang geraham akan copot dan tumbuh lagi gigi baru atau hanya gigi depan saja yang bisa copot dan tumbuh lagi. terima kasih

    1. ya betul giginya akan tumbuh yang baru, tapi jika sejak awal gigi sudah keropos, bahkan caries (bolong) maka selanjutnya igi barupun berpotensi besar akan menjadi keropos(caries- bolong). Tapi ada satu gigi dekat graham yang permanen. tidak akan ada ganti gigi baru.

  3. Gimana Merawat gigi anak saya ini yang memang terlanjur keropos, hitam dan berlubang, saya tunggu dan terima kasih infonya.

    1. kalau itu gigi susu atau gigi bayi, mungkin bisa menunggu sampai berganti gigi dewasa, ibu. atau, konsultasikan ke dokter gigi untuk lebih detilnya. terimakasih sudah berkunjung…

    2. Yth. Ibu jainab yang baik…

      merawat gigi anak yang sudah terlanjur berlubang, hitam, keropos adalah ibu perlu melakukan perawatan ke dokter gigi. disana ibu akan mendapatkan penjelasan bagaimana seharusnya merawat gigi anak yang seperti ini. biasanya disebut caries rampan.
      disana gigi anak akan mendapat perawatan sesuai dengan kondisi masing2 gigi.
      apakah berlubangny sudah sampa saraf atau tidak itu akan mendapatkan perlakuan yang berbeda.

      saran kami segeralah lakukan perawatan dan jangan dibiarkan. jika tidak maka akan mempengaruhi pertumbuhan gigi dewasanya kelak. dan ini
      akan mempengaruh kesehatan tubuh anak ibu sluruhnya. tentu saja ini akan mempengaruhi kesehatan janka panjang serta aktivitas dan prestasi anak juga tentunya.

      semoga bermanfaat

  4. Anak saya berumur 4 th, dari dia umur 2 thn giginya sudah terlanjur keropos, hitam dan berlubang?

    1. cara menggosok gigi anak yang baik dan benar adalah “MERAH PUTIH”….

      hmmm apa ya maksudnya merah putih?
      merah artinya gusi
      putih artinya gigi

      jadi maksudnya mnggosok gigi yang baik dan benar itu adalah dari merah ke putih. dari gusi ke gigi. untuk gigi atas dari atas ke bawah.
      untuk gigi bawah dari bawah ke atas. HARUS SATU ARAH. tidak boleh 2 arah (ATAS-BAWAH-ATAS). karena ini akan mengakibatkan gusi atas semakin keatas, sehingga lama kelmaan gigi akan terlihat semakin memanjang. atau gusi bawah semakin turun ke bawah. dan gigi bawah kelamaan pun terlihat makin panjang.

      Oya dan juga tidak boleh dari kiri ke kanan atau kanan ke kiri.karena juga lama kelamaan akan merusak tatanan gigi. jadi mencong-mencong.

      mungkin itu sekilas tentang cara menggosok gigi.

      semoga bermanfaat

Komentar