Penyebab dan Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

biang keringat pada bayiBiang keringat merupakan ruam kulit yang cukup mengganggu kenyamanan dan kesehatan anak. Biang keringat muncul disebabkan oleh tersumbatnya kelenjar peluh atau keringat pada bagian tubuh tertentu. Biasanya biang keringat muncul pada saat seorang anak mengeluarkan keringat lebih banyak dari biasanya, misalnya pada saat cuaca panas atau lembab. Walaupun demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa biang keringat dapat terjadi pada saat musim dingin.

Biang keringat pada bayi biasanya ditandai dengan munculnya bintik-bintik kemerahan yang biasa dijumpai pada bagian tubuh yang tertutup oleh pakaian. Seperti misalnya pada punggung, lipatan leher, lipatan tangan dan juga pada lipatan kaki. Namun, tidak menutup kemungkinan juga bahwa biang keringat dapat muncul pada bagian tubuh yang tidak tertutup pakaian.

Berdasarkan perbedaan kelainan yang timbul atau terjadi pada kulit bayi, biang keringat dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:

1. Miliaria kristalina.

Sumbatan atau biang keringat ini terjadi pada bagian atas dari lapisan kulit. Biang keringat jenis ini ciri-cirinya adalah : Gelembung kecil dengan ukuran 1-2 mm, gelembung tersebut berisi cairan jernih seperti tetesan air. Biang keringat jenis ini tanpa disertai dengan munculnya kulit kemerahan dan muncul di daerah dahi, punggung, leher dan dada.

2. Miliaria rubra.

Sumbatan atau biang keringat ini terjadi pada bagian tengah lapisan kulit.  Ciri-cirinya adalah : Gelembung kecil berukuran 1-2 mm dan berwarna kemerahan. Gelembung kemerahan yang disebut biang keringat ini biasanya tersebar di bagian tubuh, akan tetapi dapat juga berkelompok. Biang keringat jenis ini biasanya disertai dengan keluhan rasa gatal dan pedih bila sedang berkeringat. Biang keringat inilah yang paling sering ditemukan dan mengganggu kesehatan anak. Muncul di bagian-bagian tubuh yang tertutup dan tergesek oleh pakaian

3. Miliaria profunda.

Sumbatan atau biang keringat ini terjadi pada bagian dalam lapisan kulit.  Ciri-ciri biang keringat ini adalah bintil-bintil putih dengan ukuran 1-3 mm tanpa disertai dengan kulit kemerahan. Biang keringat ini juga tidak menimbulkan rasa gatal dan biang keringat jenis ini jarang sekali ditemui. Muncul pada daerah badan, lengan dan tungkai.

Untuk mengatasi biang keringat yang mengganggu kenyamanan dan kesehatan anak maka harus dilakukan perawatan yang tepat pada biang keringat. Berikut ini adalah cara mengatasi biang keringat pada bayi.

1. Hindarkanlah menggaruk bagian tubuh bayi atau anak yang terkena biang          keringat tersebut.

2. Gunkanlah pakaian yang menyerap keringat, sejuk dan ringan.

3. Pada waktu cuaca panas sebaiknya memperbanyak minum air.

4. Hindarkan penggunaan sabun yang banyak mengandung soda dan jagalah selalu    kebersihan kulit.

5. Menggunakan pelembab atau lotion untuk biang keringat yang tersedia di          apotek.

Itulah penyebab dan cara mengatasi biang keringat pada bayi yang sangat mengganggu kenyamanan pada bayi karena rasa gatal yang ditimbulkan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi para bunda.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://media.tinngan.vn:6060/archive/images/content/2013/09/28/shares/190746_450.jpg

Madu Herbal Syifa Kids Cerdas dan Cendekia Meningkatkan Kecerdasan Anak

Madu Herbal Syifa Kids Cerdas dan Cendekia Meningkatkan Kecerdasan Anak

Madu Syifa Kids Cerdas Cendekia merupakan madu anak untuk nutrisi 100% alami tanpa bahan kimia ....
Rp 45.000 Beli

Komentar