penyebab jerawatJerawat adalah suatu kondisi kulit yang tidak normal di mana terjadi infeksi dan radang pada kelenjar minyak pada kulit manusia. Jerawat muncul karena terjadi penyumbatan atau penghalangan di dalam folikel rambut atau pori pori. Jerawat bentuknya memang tidak sedap dipandang mata, mengganggu dan membuat kita tidak pede di depan umum. Jerawat pun juga terkadang berasa sakit jika disentuh sehingga kita ingin segera sembuh dari serangan jerawat.

Pengen tahu apa saja penyebab jerawat? Ada banyak penyebab jerawat diantaranya :

  • Faktor Genetik atau Faktor Keturunan.

Jika keluarga anda entah itu bapak ibu atau nenek atau kakek anda merupakan penderita jerawat pada waktu masih muda (karena kemungkinan kalau udah usia lanjut mereka sudah tidak berjerawat lagi), maka sangat dimungkinkan jerawat yang anda peroleh sekarang ini merupakan hasil dari keturunan genetika bapak atau ibu anda. Ya, secara genetik jerawat itu bisa diturunkan. Sejarah jerawat keluarga anda bisa menyumbang pada keberadaan jerawat anda.

  • Aktivitas Hormonal

Aktivitas hormonal disini dimaksudkan pada proses perubahan atau siklus hormonal yang terjadi pada seseorang. Semisal ketika menginjak pubertas atau kedewasaan, seseorang akan memproduksi hormon sex (lelaki) yang disebut androgens yang lumayan banyak sehingga menyebabkan glands (kelenjar minyak) menjadi tambah banyak dan sebum (kelenjar minyak) pun tambah banyak pula (salah satu penyebab munculnya jerawat secara tekhnikal). Pada masa siklus menstruasi perempuan bisanya juga akan terjadi perubahan hormonal yang bisa mengakibatkan timbulnya jerawat.

  • Kelenjar Minyak yang Terlalu Aktif (Hyperactive sebaceous glands)

Kelenjar minyak yang terlalu berlebihan ini bisa saja dimungkinkan karena salah makan atau memang sudah menjadi genetik seorang penderita jerawat. Dengan banyaknya kelenjar minya makan munculnya kelenjar minyak akan lebih banyak sehingga kemungkinan tersumbatnya folikel dan pori pori kulit pun akan banyak. Jerawat yang muncul pun akan banyak

  • Menumpuknya Sel Kulit Mati (Accumulation of dead skin cells)

Kulit mati yang menumpuk atau terakumulasi akan menyebabkan tersumbatnya tersumbatnya folikel dan pori pori. Seperti yang telah saya jelaskan diatas hal tersebut bisa menyebabkan jerawat karena tidak ada jalan keluar bagi kelenjar minyak dan akan menyebabkan terbentuknya komedo. Kalau parah bisa menjadi jerawat yang teinfeksi bakteri jerawat.

  • Bakteri di Pori pori kulit

Bakteri yang berada di dalam pori pori kulit bisa menyebabkan munculnya jerawat. Propionibacterium acnes (P. acnes) merupakan bakteri yang menyebabkan jerawat. P. acnes merupakan bakteri unaerob yang menyebabkan jerawat.

  • Pil Pengontrol Kelahiran atau Pil KB

Lingkungan yang mengandung kadar klorin (chlorine) yang tinggi terutama chlorinated dioxins, sedang yang bisa menyebabkan jerawat yang parah disebut Chloracne.

  • Racun

Jerawat dapat terjadi kalo tubuh kita mengandung racun melebihi dari yang dapat diatasi oleh ginjal.

  • Stress

Kalo kita berada di bawah keadaan stres ini dapat menumbuhkan jerawat kita.

  • Makanan

Makanan secara signifikan dapat mempengaruhi timbulnya jerawat. Kita harus mengurangi makanan yang telah diproses. Juga harus mengurangi asupan makanan yang digoreng dan makanan yang mengandung gula tinggi.

  • Make Up Kosmetik

Kalo make-up kita mengandung bahan comedogenic ini dapat menyebabkan jerawat. Bahan tersebut biasanya berasal dari minyak bumi. Make-up juga dapat berisi zat warna dan dapat berkontribusi terhadap munculnya jerawat.

  • Toner Kulit / Pemutih

Kalo toner kulit yang kita pake mengandung aseton atau alkohol ini akan mengakibatkan pengeringan kulit dan ini dapat menyebabkan jerawat.

  • Pembersihan yang Kasar

Membersihkan dengan sabun yang mengandung bahan kimia seperti deterjen dan wewangian akan menyebabkan jerawat.

  • Sinar Matahari

Meskipun berjemur tampaknya awalnya meningkatkan jerawat kita, itu benar-benar mengeringkan kulit kita yang menyebabkan jerawat lebih banyak lagi.

Walaupun sekarang tidak ada cara jitu dalam mencegah jerawat, tetapi cobalah tips-tips berikut ini untuk membantu mengurangi jumlah dan tingkat keparahan jerawat, berikut langkah-langkah mencegah jerawat :

1. Mencuci kulit wajah anda secara rutin (itu membantu menghilangkan kelebihan minyak permukaan dan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori Anda.

2. Cucilah wajah setelah berolahraga atau setelah bekerja yang mengeluarkan keringat karena keringat dapat menyumbat pori-pori dan membuat jerawat Anda lebih parah. Segeralah cuci wajah anda jika anda bekerja ditempat panas atau yang ada hubungan dengan minyak

3. Jika Anda menggunakan produk perawatan kulit wajah seperti lotion atau makeup maka cari produk yang noncomedogenic atau nonacnegenic, yang berarti bahwa sisa dari produk perawatan kulit itu tidak menyumbat pori-pori.

4. Minum 8 gelas air sehari. Mengkonsumsi air yang cukup dapat membantu tubuh mengeluarkan racun dan zat tidak berguna yang ada di tubuh, sehingga dapat mengurangi resiko timbulnya jerawat.

5. Makan makanan bergizi.

http://www.klikdokter.com/userfiles/jerawat1.JPG