Penyebab Dan Cara Mencegah Puting Lecet Saat Menyusui

ibu menyusuiMenyusui bagi seorang wanita adalah salah satu moment yang paling membahagiakan dan ditunggu-tunggu dalam kehidupannya. Hal ini disebabkan karena seorang ibu yang menyusui buah hatinya dengan ASI maka ibu menyusui telah memberikan nutrisi terbaik yang dibutuhkan oleh bayi yang dilahirkannya.

Namun, tidak sedikit juga ibu menyusui yang menemukan beberapa permasalahan dalam menyusui. Permasalahan yang mereka temui itu terkadang membuat ibu menyusui menjadi kurang nyaman saat menyusui buah hatinya. Jika ibu merasa tidak nyaman pada saat proses menyusui, maka hal ini bisa mengakibatkan ketidaknyamanan juga pada diri sang bayi.

Salah satu permasalahan yang seringa dialami oleh ibu menyusui adalah timbulnya luka atau lecet pada puting payudara. Luka yang terdapat pada puting payudara tersebut tentu saja bisa menyebabkan proses menyusui menjadi terganggu dan tidak sedikit pula ibu menyusui yang mengeluhkan rasa sakit. Jika hal ini diteruskan tentu saja akan berdampak tidak baik bagi ibu menyusui maupun bayi yang disusui.

Penyebab utama puting lecet pada ibu menyusui adalah posisi pelekatan yang kurang tepat. Pada prinsipnya, proses menyusui itu antara ibu dan bayi harus sama-sama nyaman. Payudara ibu dan dagu bayi harus menempel. Kemudian buat mulut bayi terbuka lebar, bibir bayi dalam keadaan terbalik (monyong), kemudian masukkan areola atau daerah gelap disekitar puting payudara sebanyak-banyaknya ke mulut bayi.

Dengan memasukkan areola sebanyak-banyaknya ke dalam mulut bayi maka puting payudara berada di antara langit-langit mulut bayi yang lunak. Bayi pun menyusu dengan menggunakan lidahnya, sehingga timbulnya permasalahan lecet pada puting payudara dapat dihindari oleh ibu menyusui.

Untuk mencegah infeksi pada puting payudara yang lecet, perhatikanlah langkah-langkah berikut ini :

  1. Biasakan untuk selalu menjaga kebersihan daerah puting payudara.
  2. Ingatlah untuk selalu membersihkan puting payudara sebelum menyusui dan sesudah menyusui.
  3. Jangan pernah menghentikan pemberian ASI pada bayi meskipun terjadi lecet pada puting payudara, karena tidak keluarnya ASI justru akan memperparah peradangan yang terjadi pada puting payudara.

Cara mencegah dan mengatasi puting lecet saat menyusui adalah memperbaiki posisi menyusui bayi dengan baik dan benar, sehingga bayi akan menjadi lebih mudah meminum ASI langsung dari puting dan ibu menyusui tidak akan mengalami masalah selama menyusui. Untuk meredakan rasa sakit akibat lecet pada puting payudara, ibu bisa mengusap puting dengan menggunakan ASI kemudian membiarkannya sebentar. ASI memiliki antibiotik yang bisa meredakan rasa sakit.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi para pembaca khususnya para ibu menyusui. Salam sehat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : https://lh3.googleusercontent.com/m-dIKREEgJtt4vf0bRyVKYkJjx45S4hdROwzEVmXb1VqLPmgqUc0cioNtejTgHyt3-65aiZZjCVw460V6Adxac03nufltuBqNK1N9OnVjOVghSsREqm-ZuBmzA
Madu For Mama, Membantu Ibu Menyusui Melancarkan ASI

Madu For Mama, Membantu Ibu Menyusui Melancarkan ASI

Madu for mama adalah madu alami yang dikombinasi dengan tanaman herbal berkhasiat seperti buah kurma, ....
Rp 75.000 Beli
Asina, Nutrisi Khusus Ibu Menyusui

Asina, Nutrisi Khusus Ibu Menyusui

Air susu ibu atau yang sering disebut ASI merupakan suatu kebutuhan penting untuk mencukupi nutrisi ....
Rp 40.000 Beli

Komentar