Kecantikan, Perawatan Tubuh

Penyebab Bau Mulut Yang Mengganggu Percaya Diri

penyebab bau mulutBau mulut adalah suatu hal yang menyebalkan dan sangat mengganggu rasa percaya diri seseorang terutama dalam pergaulan. Tidak menutup kemungkinan jika bau mulut yang keluar dari mulut Anda akan membuat Anda tersisih dari pergaulan. Bayangkan saja jika Anda sudah tampil dengan cantik atau tampan dan berpakaian rapi, namun orang menutup hidung dan memalingkan wajahnya saat Anda sedang berbicara. Pastinya sangat menyebalkan dan rasa percaya diri akan hilang saat itu juga.

Walaupun saat ini telah banyak obat kumur yang bermanfaat untuk mengatasi bau mulut, namun semua itu hanya bersifat sementara saja. Justru hal itu akan menimbulkan efek yang tidak baik jika dipakai secara terus menerus. Untuk Anda yang mengalami bau mulut, ada baiknya jika Anda mengetahui apa yang menyebabkan bau mulut pada diri Anda. Berikut ini adalah beberapa penyebab bau mulut yang mengganggu percaya diri.

1. Makanan

Mengkonsumsi makanan seperti bawang putih, petai, bawang merah atau jengkol dapat menyebabkan bau mulut. Jika Anda tidak mau mulut Anda bau dan mengganggu penampilan, maka usahakan untuk menghindari makanan tersebut.

2. Kebersihan mulut tidak terjaga

Kebersihan mulut yang tidak terjaga dapat menyebabkan bau mulut akibat sisa-sisa makanan yang masih tertinggal di dalam mulut. Berbagai jenis bakteri yang ada di dalam mulut kemudian menguraikan sisa makanan yang tertinggal di mulut dan melepaskan gas hidrogen sulfida yang akhirnya menyebabkan bau mulut. Sering-seringlah menggosok gigi agar mulut tetap bersih demi menjaga kesehatan dan kecantikan.

3. Masalah pada hidung dan tenggorokan

Bau mulut yang mengganggu kesehatan dan kecantikan juga dapat disebabkan oleh sesuatu yang berhubungan dengan hidung atau tenggorokan. Jika ada zat asing yang terjebak di dalam hidung maka tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan bau mulut. Selain itu, beberapa infeksi pada tenggorokan juga dapat memicu timbulnya bau mulut, salah satunya adalah infeksi sinus.

4. Alkohol dan tembakau

Alkohol dan tembakau dapat menyebabkan mulu kering dan berdampak pada bau mulut. Zat yang terdapat pada rokok seperti nikotin dan tar bisa menumpuk di dalam mulut dan menyebabkan bau mulut serta penyakit periodontal. Sedangkan alkohol dapat merusak masalah pencernaan yang berhubungan juga dengan bau mulut.

5. Bau mulut karena penyakit

Beberapa jenis penyakit kanker dapat menyebabkan bau mulut, tanpa terkecuali infeksi paru-paru dan  abses. Selain itu penyakit gagal ginjal, diabetes dan asam reluks kronis juga dapat menyebabkan bau mulut.

6. Mulut kering dan sedang berpuasa

Bau mulut sangat umum dirasakan saat bangun tidur pagi. Hal ini disebabkan oleh penurunan produksi air liur pada saat tidur. Oleh sebab itu, air liur mempunyai peranan yang sangat penting dalam membersihkan dan melembabkan mulut sehingga terhindar dari bau mulut. Selain itu, air liur juga bermanfaat untuk membunuh bakteri di dalam mulut yang menyebabkan bau mulut.

Itulah beberapa penyebab bau mulut yang dapat mengganggu rasa percaya diri dan kesehatan seseorang. Jagalah selalu kebersihan mulut agar terhindar dari masalah bau mulut. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat. Salam sehat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://images.detik.com/content/2012/02/09/900/bspetaijengkolluar.jpg