Penyebab Anemia Yang Terjadi Pada Ibu Hamil

penyebab anemiaPada saat menjalani masa kehamilan, seorang ibu hamil biasanya sering mengalami keluhan yang salah satunya adalah anemia. Ketika anemia menyerang, maka hal itu menandakan bahwa darah sang ibu tidak mempunyai asupan sel darah merah yang cukup untuk membawa dan mengantarkan oksigen ke dalam jaringan. Karena selama ibu hamil menjalani masa kehamilan, tubuh akan menyangga pertumbuhan janin di dalam perut sehingga tubuh ibu hamil akan sangat membutuhkan lebih banyak lagi sel darah merah agar tubuh tetap sehat dan kuat.

Penyebab anemia pada ibu hamil adalah menurunnya hemoglobin dalam darah. Hemoglobin memiliki peranan penting dalam transportasi oksigen ke dalam jaringan tubuh. Selama masa kehamilan akan terjadi sebuah peningkatan volume darah, hal inilah yang bisa membuat hemoglobin dalam darah menurun. Sedangkan tuntutan dari perkembangan janin akan membuat kebutuhan zat besi dalam tubuh menjadi meningkat.

Zat besi adalah mineral yang memiliki peranan penting dalam produksi sel darah merah. Sebelum menjalani masa kehamilan, seorang wanita membutuhkan sekitar 15 miligram (mg) zat besi setiap harinya. Berbeda dengan ibu hamil yang membutuhkan dua kali jumlah zat besi tersebut yaitu 30 mg.

Selama trimester pertama masa kehamilan, volume plasma akan meningkat menjadi lebih cepat dibandingkan dengan volume sel darah merah. Akibatnya, konsentrasi darah merah menjadi menurun sampai pada akhirnya mereka memiliki kesempatan untuk mengejar ketinggalan yaitu dengan peningkatan plasma darah. Penyebab anemia pada ibu hamil juga bisa timbul karena ibu hamil kekurangan zat besi dan tidak dapat mencukupi kebutuhan untuk meningkatkan produksi sel darah merah. Hal ini juga yang akan membuat jumlah hemoglobin dalam darah mengalami penurunan.

Selain kurangnya zat besi dalam tubuh, penyebab anemia pada ibu hamil selama masa kehamilan yang lainnya mungkin karena penurunan jumlah darah yang berlebihan seperti akibat pendarahan dari cedera atau suatu pembedahan, beberapa penyakit kronis seperti sakit ginjal dan infeksi serius atau karena kurangnya asupan vitamin asam folat yaitu vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Namun, pada ibu hamil kekurangan zat besi merupakan penyebab anemia yang paling umum.

Umumnya, banyak kaum wanita di usia subur tidak mendapatkan zat besi yang cukup, bahkan pada saat mereka sedang tidak hamil. Wanita kehilangan zat besi bersamaan dengan darah dan jaringan yang keluar sewaktu masa menstruasi, alasan itulah yang menjadikan seorang wanita rentan terhadap anemia.

Seorang ibu hamil yang mendapatkan perawatan prenatal dan juga rutin mengkonsumsi suplemen zat besi selama masa kehamilan, biasanya akan terhindar dari masalah anemia yang disebabkan oleh kurangnya zat besi dalam tubuh.

Anemia yang terjadi pada ibu hamil selama masa kehamilan akan membuat ibu hamil merasa lelah yang berlebihan dan juga stress sehingga bisa membuat ibu hamil rentan terhadap berbagai macam penyakit. Namun, biasanya hal tersebut tidak sampai membahayakan janin yang masih ada dalam kandungan.

Semoga informasi mengenai penyebab anemia pada ibu hamil tersebut bisa bermanfaat. Salam sehat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://1.bp.blogspot.com/-V5ljYVPkIs8/UZDMufibKHI/AAAAAAAAAkA/Wfl-K3GzVwE/s1600/anemia_semasa_hamil.jpeg

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil adalah Madu alami yang di campur dengan bahan-bahan herbal yang bermanfaat untuk ....
Rp 70.000 Beli

1 Komentar

Komentar