Penyebab Anak Susah Makan

anak susah makanOrang tua mana yang tidak merasa khawatir jika anaknya susah makan, karena makanan bagi anak sangat dibutuhkan untuk masa pertumbuhan tubuhnya. Berbagai cara pasti akan dilakukan untuk mengatasi anak yang susah makan. Bahkan tak jarang para ibu menjadi tertekan dan stress dalam menghadapi buah hatinya. Setiap ibu selalu diliputi kekhawatiran soal kecukupan gizi buah hatinya. Belum lagi jika anak susah makan atau pilih-pilih makanan.

Masalah anak tidak suka makan memang banyak dialami oleh orang tua, terutama para ibu . Namun, perlu ibu ketahui bahwa banyak faktor yang menyebabkan anak menjadi susah makan.  Ada yang susah makan sejak mulai besar atau ada juga anak yang memang sejak kecil sedikit agak sulit ketika diberi makan. Perlu Anda ingat bahwa masalah anak susah makan ini harus segera diatasi, tetapi tidak dengan memaksa anak untuk menghabiskan makanan dengan porsi berlebihan. Cari dulu penyebab anak jadi susah makan. Nah sebenarnya apa sih yang membuat anak susah makan? Berikut kami informasikan penyebab anak susah makan.

Biasakan makan sejak dini

Setelah saatnya anak membutuhkan makanan pendampign ASI, yaitu pada usia 6 bulan harus sudah dibiasakan makan makanan padat pendamping asi.Buat jadwal pemberian makanan padat  misal 3 kali atau sampai 5 kali sehari.Tidak perlu harus banyak, asal teratur  dan tidak  sampai lupa memberikan makanan saat dimana ia seharusnya  makan.Ini adalah masalah pembiasaan, jika ini tak dibiasakan sejak dini, kemungkinan besar ia akan semakin sulit seiring bertambahnya usia.Berikan ia makanan padat berupa bubur halus pada 6-8 bulan, dilanjutkan dengan bubur tim dan lauk.Ikuti petunjuk pemberian makanan yang tepat untuk balita.

Teralihkan oleh mainan

Ketika anak menginjak usia balita, secara perlahan dia akan sangat tertarik dengan lingkungan sekitar termasuk dalam permainan. Anak yang sedang asyik menikmati permainannya bisa menjadi penyebab anak susah makan. Anda bisa menyiasati  dengan memberikan variasi makanan yang sangat disukainya. Atau bisa dengan cara mengalihkan dia dari permainannya.

Kapasitas perut anak

Masing-masing anak mempunyai kapasitas perut yang berbeda-beda. Balita dengan muatan perut yang tidak terlalu besar kemungkinan akan mengalami masalah susah makan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena masalah ini bisa diatasi dengan pemberian makanan yang tidak terlalu banyak, tetapi dengan nilai makanan sehat serta gizi yang mencukupi. Anda juga bisa mencoba memberikan makanan kecil (snack) yang juga harus diperhatikan nilai gizinya. Pemberian buah-buahan, susu, jus buah segar, dan jenis makanan sehat lainnya bisa membantu untuk mencukupi energi bagi buah hati. Biasanya, balita bisa makan beberapa kali dalam sehari, antara 3 sampai 6 kali sehari.

Jenis makanan yang diberikan

Penyebab anak susah makan juga bisa karena jenis makanan yang kita berikan. Bisa terjadi, anak tidak suka dengan rasa atau aroma makanan tersebut, atau bisa juga karena kondisi makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin. Dan paling sering, balita tidak suka dengan makanan yang semua campur jadi satu dalam piring. Nasi, sayur dan buah bisa kita tempatkan dalam wadah yang berbeda.

Memberikan makanan cepat sajimadu anak nafsu makan

Jangan memberikan makanan cepat saji atau camilan dengan bumbu penyedap tinggi karena itu termasuk makanan yang tidak sehat yang nantinya akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan anak. Lebih baik diberi jajanan yang dibuat sendiri atau olahan pabrik yang lebih sehat.Termasuk jangan sering atau tidak samasekali memberikan junkfood pada anak.Rasa dari makanan makanan seperti itu akan menipu lidah anak, sehingga ketika ia diberi makan nasi akan merasa tidak enak.

Kondisi dan suasana hati

Selera makan anak salah satunya juga dipengaruhi oleh suasana hatinya. Sebagai orang tua, tentunya kita akan tahu, situasi seperti apa yang paling disukai anak kita bila sedang makan. Selain itu, kondisi anak juga berpengaruh pada nafsu makannya. Bila terlalu lelah, anak akan menjadi lebih susah untuk makan.

Demikian beberapa hal yang bisa menyebabkan anak menjadi susah makan. Dengan mengetahui penyebabnya,  maka kita akan mengetahui solusi mengatasinya dan tidak terlalu pusing lagi dengan masalah yang satu ini. Untuk mengatasi masalah anak susah makan, Anda bisa memberikan syifa kids nafsu makan untuk menambah nafsu makan anak.

PENTING UNTUK ANDA

Sumber gambar : http://1.bp.blogspot.com/-fA6nvzbnhH8/TZIDxT-Y_TI/AAAAAAAAAG8/p1n2D1tHJtU/s1600/10405.jpg
Madu Herbal Syifa Kids Nafsu Makan Dan Cacingan Atasi Nafsu Makan Dan Cacingan Pada Anak

Madu Herbal Syifa Kids Nafsu Makan Dan Cacingan Atasi Nafsu Makan Dan Cacingan Pada Anak

Madu herbal anak syifa kids adalah herbal yang diformulasikan khusus untuk anak keluarga anda. 100% ....
Rp 45.000 Beli

Komentar