Kesehatan

Pentingnya Probiotik Bagi Kesehatan Tubuh

yogurtKebanyakan dari kita mungkin berpikir bahwa probiotik hanya digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan. Namun, ternyata hal itu tidak benar, karena 70-80 persen sistem imun tubuh kita terletak pada usus sehingga pencernaan yang baik sangat penting tak hanya bagi kesehatan sistem pencernaan, tetapi juga seluruh tubuh.

Probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang bila diberikan dalam jumlah yang cukup dapat memberikan manfaat kesehatan. Dengan mengkonsumsi probiotik setiap hari, selain akan menyehatkan usus kita, juga akan memberikan manfaat kesehatan yg menyeluruh untuk tubuh kita juga.

Pentingnya probiotik bagi kesehatan tubuh kita, karena probiotik memberikan manfaat bagi kesehatan perncernaan kita. Apa saja manfaat probiotik?

1. Kesehatan saluran kemih wanita

Saluran kemih bisa terganggu karena paparan dari antibiotik, pil KB, atau sebab lainnya. Berdasarkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa probiotik bisa membenahi sistem tersebut dan mengatasi masalah saluran kemih pada wanita, seperti infeksi jamur atau infeksi saluran kemih. Jika Anda memiliki masalah dengan saluran kemih, Anda bisa mengkonsumsi probiotik sebagai salah satu solusinya.

2. Sindrom iritasi usus

Sebuah penelitian dalam skala besar menunjukkan bahwa probiotik bisa membantu mengatasi iritasi usus dan lambung serta penyakit Crohn (penyakit autoimun yang ditandai dengan peradangan pada bagian saluran pencernaan dan mulut). Dua penyakit tersebut menyerang sistem pencernaan dan bisa jadi sangat menyakitkan serta sulit disembuhkan. Meski penelitian selanjutnya perlu dilakukan, namun terbukti bahwa probiotik bisa membantu meredakan rasa sakit akibat penyakit tersebut.

3. Kesehatan mulut

Apakah Anda memiliki masalah dengan kesehatan gigi dan mulut Anda? Jika ya, Anda bisa minum probiotik sebagai solusi yang tepat untuk mengatasi masalah Anda. Anda bisa menambahkan probiotik dalam diet Anda sehari-hari. Probiotik bisa menggantikan bakteri buruk penyebab bau mulut, penyakit gigi, atau masalah kesehatan mulut lainnya dengan memberinya bakteri baik. Selain itu, probiotik juga diketahui bisa mencegah infeksi mulut dan tenggorokan pada anak-anak.

4. Infeksi tenggorokan dan telinga

Probiotik juga bisa mengobati masalah infeksi pada tenggorokan dan telinga. Sebuah penelitian menjelaskan bahwa infeksi tenggorokan dan telinga berkurang hingga 80 persen, dan 60 persen ketika pasien mengkonsumsi probiotik setiap hari.

5. Emosi dan aktivitas otakSari Buah BioTerra

Sebuah penelitian kecil di University of California Los Angeles menunjukkan bahwa probiotik bisa meningkatkan aktivitas otak. Selain itu, probiotik juga diketahui bisa mempengaruhi emosi dan sensasi pada otak.

Itulah lima manfaat yang bisa Anda dapatkan jika mengkonsumsi probiotik setiap hari. Jika Anda mengalami masalah-masalah kesehatan di atas, tak ada salahnya Anda mulai menambahkan probiotik pada menu sahur dan berbuka Anda. Sebagai alternatif, Anda juga bisa menambahkan bioterra sari buah, formula herbal probiotik. Pencernaan sehat, puasa pun tetap lancar. Selamat berpuasa!

sumber gambar:
1. http://chaobuoisang.net/hoidap/images/stores/cs/2013/06/24/cach-khu-mui-hoi-mieng-bang-thuc-pham-0.jpg
2. //pondokibu.com/uploads/2013/05/Sari-Buah-Bio-Terra.jpg