Pentingnya Kalsium Bagi Ibu Hamil

sumber kalsiumSalah satu nutrisi penting yang wajib ada dalam makanan yang dikonsumsi ibu hamil yaitu kalsium. Makanan yang mengandung kalsium sangat dibutuhkan ibu hamil terutama memasuki masa trimester kedua dan trimester ketiga kehamilan. Pada trimester kedua kehamilan, pertumbuhan janin akan lebih pesat daripada trimester sebelumnya, bahkan bisa mencapai 10 gram per hari. Jadi memang benar kalau kalsium sangat dibutuhkan pada saat kehamilan.

Ibu yang sedang hamil lebih banyak membutuhkan kandungan kalsium daripada orang lain pada umumnya. Kalsium yang dibutuhkan ibu hamil mencapai 1500 mg/hari, jauh lebih banyak dibandingkan dengan lainnya yang hanya 1000 mg/hari. Kalsium bisa didapatkan dari makanan sumber kalsium seperti sayuran hijau, biji-bijian dan kacang-kacangan, daging, telur, susu, dan produk susu, selain itu bisa dari penyerapan vitamin D dari sinar matahari pagi, serta bisa juga didapat dari suplemen tambahan.

Jumlah asupan kalsium yang dikonsumsi ibu hamil harus lebih diperhatikan, karena jika mengalami kekurangan nutrisi tersebut akan berakibat buruk tidak hanya bagi ibu hamil tetapi juga bagi janin yang dikandungnya. Pentingnya kalsium bagi ibu hamil, karena kurang kalsium bisa menyebabkan beberapa masalah seperti :

Kram saat hamil

Banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya kram kaki saat hamil, dan salah satunya yaitu kekurangan kalsium. Kram saat hamil seringkali terjadi pada bagian kaki karena beban kehamilan yang semakin berat bisa menekan saraf-saraf yang mengarah ke kaki sehingga kaki menjadi lebih tegang. Jika Anda mengalami kram kaki, Anda bisa mengurangi ketegangannya dengan cara melakukan peregangan dan memijat bagian kaki yang mengalami kram. Selain itu, ada cara yang lebih mudah seperti berdiri sejenak atau sekedar berjalan-jalan untuk melancarkan sirkulasi darah.

Pertumbuhan tulang janin yang tidak sempurna

Kurangnya kalsium saat hamil tidak hanya dirasakan oleh ibu hamil, tetapi janin juga bisa mendapat imbasnya. Janin bisa mengalami gangguan pertumbuhan sehingga ada kemungkinan bayi terlahir dengan kondisi bentuk tulang yang mudah rapuh dan tidak bagus.

Pengeroposan tulang pada ibu hamilperkembangan janin

Tidak terpenuhinya kebutuhan kalsium dari dalam tubuh ibu hamil bisa menyebabkan dampak yang merugikan ibu hamil. Janin akan mengambil cadangan kalsium yang dimiliki ibu hamil, sehingga akibatnya akan membuat tulang ibu cepat rapuh.

Perkembangan bayi menjadi terlambat

Kekurangan kalsium saat hamil bisa juga menyebabkan lambatnya perkembangan bayi seperti kemampuan duduk dan merangkak terlambat. Selain itu, anak juga menderita penyakit tulang yang disebabkan kandungan kalsium dalam ASI kurang.

Dalam mengkonsumsi kalsium sebaiknya tidak dibarengi dengan terlalu banyak mengkonsumsi serat, karena serat bisa menghambat penyerapan kalsium dalam usus sehingga penyerapan tidak berjalan secara maksimal. Yang perlu dihindari selain serat yaitu menghindari alkohol, rokok, dan minuman bersoda serta minuman berkafein seperti teh dan kopi lebih dari 3 gram per hari. Jangan lupa untuk selalu konsumsi makanan berkalsium saat hamil!

sumber gambar:
1. http://buenasalud.net/uploads/2013/07/consumir-mas-calcio.jpg
2. http://www.timeslive.co.za/incoming/2013/05/04/baby-in-womb.jpg/ALTERNATES/crop_630x400/baby-in-womb.jpg

2 Komentar

  1. Artikel ini sangat baik dan bermanfaat, banyak pengetahuan baru yang saya peroleh. Namun alangkah baiknya apabila artikel ini juga memuat informasi tentang solusi jika bayi/ anak lahir dg kekurangan kalsium. Terima kasih

Komentar