Bayi & Anak, Kesehatan

Pengobatan Tradisional Untuk Mengatasi Amandel Pada Anak

amandel pada anakPenyakit amandel adalah sebuah jenis penyakit dimana penderita merasakan rasa nyeri di tenggorokan ketika makan atau menelan makanan. Penyakit ini disebabkan oleh virus atau bakteri yang masuk ke mulut. Biasanya penyakit ini diderita oleh anak-anak namun juga tidak menutup kemungkinan di alami oleh orang dewasa.

Amandel (tonsil) itu sendiri merupakan kumpulan dari jaringan limfoid yang letaknya berada dikerongkongan, tepatnya ada dikedua ujung lipatan mulut bagian belakang mulut. Apabila organ tersebut terkena infeksi yang disebabkan oleh bakteri ataupun virus yang masuk melalui mulut, hidung, dan kerongkongan maka tugasnya amandel (tonsil) adalah mencegah agar infeksi tersebut tidak menyebar keseluruh tubuh dengan cara menahannya, itu sebabnya mengapa terjadi peradangan amandel atau masyarakat banyak yang menyebutnya adalah penyakit amandel (tonsillitis). Penyakit amandel dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah virus atau bakteri, faktor makanan, kurangnya megkonsumsi vitamin C, kurangnya mengkonsumsi air putih, dan terlalu sering mengkonsumsi makanan yang pedas.

Ketika penyakit amandel sudah sangat dirasa begitu sakit cara yang paling cepat adalah dengan cara dioperasi. Walaupun operasi amandel ini tergolong sederhana, namun tetap saja sebuah hal yang menakutkan bagi anak-anak, selain itu juga bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan pengobatan penyakit amandel ini dengan cara yang alami. Cara alami terbukti aman dikonsumsi dan tidak menimbulkan sebuah efek samping. Berikut kami informasikan pengobatan tradisional untuk mengatasi amandel pada anak.

Buah mengkudu

Siapkan dua buah mengkudu/pace dan madu secukupnya. Dicuci dan dihaluskan,  disaring dan diambil airnya, campurkan dengan 1 buah jeruk nipis dan 1 sendok madu, kemudian aduklah hingga rata. Pakai sebagai obat alami amandel 2- 3 kali sehari, gunakan untuk berkumur dulu selama beberapa menit kemudian baru di minum.

Jeruk nipis

Jeruk nipis diperas kemudian ambil airnya dan beri sedikit kapur sirih dan aduk rata. Minum ramuan perasan air jeruk dan campuran kapur sirih sebelum tidur malam hari, minum selama 3 hari berturut-turut.

Kulit manggis

15 gram kulit manggis yang sudah kering dan 2 sendok teh minyak permen. Kulit manggis tersebut direbus dengan 2 botol air sampai mendidih sehingga menjadi 1 botol. Setelah itu teteskan minyak permen dan aduk hingga rata.  Minum Sebelum tidur malam hari selama 3 hari berturut-turut.

Garam dan air

Garam dan air merupakan obat tradisional rumahan yang paling umum dipergunakan untuk mengatasi infeksi amandel. Adapun cara penggunaan garam dapat dicampurkan dengan air hangat dan kemudian dipergunakan untuk berkumur.

Jus sayuran

Jus sayuran seperti wortel, mentimun, dan bit merupakan beberapa obat tradisional radang amandel yang juga cukup efektif. Anda dapat mengkonsumsi jus secara terpisah maupun dengan cara dicampur antara satu sayuran dengan yang lainnya.

Lemon dan madu

Campuran air lemon dengan madu ditambahkan air panas dan sedikit garam merupakan obat tradisonal untuk menghilangkan rasa sakit di tenggorokan akibat infeksi yang terjadi pada amandel.

Kunyit

Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang dikenal memiliki fungsi sebagai anti bakteri  dan virus. Sebagai obat untuk mengatasi amandel, maka terlebih dahulu Anda dapat menjadikan kunyit menjadi pasta dan mencampur dengan air panas, dan kemudian mengoleskannya di bagian luar tenggorokan yang terasa sakit.

Bawang dan jahe

Untuk pengobatan amandel, bawang dan jahe diblender terlebih dahulu hingga berbentuk seperti jus. Setelah itu baru bisa dijadikan sebagai obat tradisional amandel dengan cara berkumur untuk mengurangi rasa sakit di tenggorokan.

Sambilotomadu anak amandel

Bubuk sambiloto sebanyak 3 – 4,5 gram diseduh dengan 200 cc air panas, tambahkan 1 sendok makan madu, diaduk, lalu diminum hangat-hangat. Atau 30 gram sambiloto segar/15 gram yang kering, direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, disaring, airnya ditambahkan 200 cc jus buah nanas, diaduk, lalu diminum untuk 3 kali sehari, setiap kali minum 200 cc.

Anda bisa memilih salah satu pengobatan di atas untuk mengobati amandel anak anda, tidak harus dipilih semuanya, tapibisa dipilih salah satunya saja. Obat amandel untuk anak, sekarang juga sudah tersedia dalam kemasan praktis seperti madu syifa kids amandel.

PENTING UNTUK ANDA 

Sumber gambar : http://klinikpengobatanalami.files.wordpress.com/2013/05/amandel-pada-anak.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Herbatons, Obat Amandel Alami

Herbatons, Obat Amandel Alami

Amandel merupakan kumpulan jaringan limfa yang terletak pada kerongkongan tepatnya di belakang kedua ujung lipatan ....