Pengobatan Sakit Maag Secara Alami

pisang rajaPenyakit maag adalah penyakit yang tidak dapat sembuh total, karena sewaktu-waktu bisa kambuh kembali, namun maag dapat diatasi. Selain dengan pengobatan menggunakan obat farmasi, penyembuhan sakit maag juga bisa dengan menggunakan tanaman obat. Tanaman herbal di sekitar kita juga bisa dijadikan sebagai obat untuk mengatasi sakit maag. Berikut kami informasikan beberapa pengobatan sakit maag secara alami.

1. Kunyit

Selain sebagai pelengkap bumbu masakan, kunyit juga termasuk obat alami yang paling dikenal masyarakat untuk mengobati penyakit maag. Kurkumin dan kurkuminoid merupakan bahan aktif dari kunyit serta minyak atsiri terbukti memiliki efek antioksidan, antibakteri, antiradang, dan antikanker sehingga baik dikonsumsi sebagai obat maag dan untuk kesehatan lainnya. Adapun cara mengolahnya yaitu ambil 2 ruas kunyit, kupas, bersihkan dan parut kunyit, tambahkan air matang dan peras untuk mengambil sarinya. Minum dua kali sehari, pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur.

2. Lidah buaya (Aloe vera)

Lidah buaya untuk obat maag, kandungan aloin, aloin-emodin, resin, tanin dan polisakarida pada lidah buaya baik untuk mengobati sakit maag. Zat aktif lain diidentifikasi sebagai Aloctin A dan Aloctin B. Aloctin A menghambat sekresi asam lambung dan pepsin jika diberikan secara intra vena pada tikus. Kandungan yang berkhasiat lain adalah Aloin dan Antrakinon yang dapat meningkatkan produksi prostaglandin. Selain itu, lidah buaya mempunyai khasiat antiinflamasi. Gel lidah buaya mengandung bradykinase, yaitu suatu enzim pemecah sumber inflamasi. Untuk mengelola lidah buaya, kupas kulit lidah buaya dan bersihkan hingga lendirnya berkurang dan rebus hingga matang. Sajikan dengan menambahkan madu untuk mengurangi rasa pahitnya atau dapat juga dijadikan jus dengan menambahkan madu.

3. Kemangi hutan / Lampes (Ocimum sanctum)

Kemangi hutan berupa terna atau perdu bercabang banyak setinggi 0,30 – 1,50 m. Dapat ditemui di seluruh Jawa dari dataran rendah. Caranya: sebagai obat tukak lambung dianjurkan untuk mengkonsumsi daun segar kemangi hutan (lampes) sebagai lalap setiap hari.

4. Kamomila (Matricaria recutita)

Di Jawa Barat, tanaman kamonila dikenal sebagai teh kembang. Dulu di Garut kamomila digunakan sebagai bahan tambahan teh hijau.

Caranya: 1 sendok teh bunga kamomila. Air panas sebanyak 150 ml dituangkan ke dalamnya, didiamkan selama 5 – 10 menit, lalu diminum. Frekuensi meminumnya 3 – 4 kali sehari.

5. Kencur (Kaempferia galanga)

Caranya: 1 jari rimpangnya. Rimpang dicuci bersih dikupas dan dikunyah dengan garam seperlunya. Sesudah halus dikunyah, kencur ditelan, disusul dengan minum air hangat. Ini dilakukan 3 kali dalam sehari.

6. Cincau (Cylea barbata)

Caranya: 1 genggam daun cincau (kira-kira 80 gram berat basah). Daun dicuci lalu digiling halus. Lalu diremas dengan air masak seperlunya dan disaring, diberi air kapur sirih seperlunya agar lekas menjadi kental. Setelah menggumpal dimakan dengan air gula atau sirup. Dalam sehari cara ini dilakukan 3 kali, masing-masing dengan gelas ukuran kira-kira 200 cc.

7. Meniran (Phyllanthus niruri)

Tanaman ini merupakan tanaman terna yang tumbuh tegak pada tempat lembab dan berbatu. Caranya: Cuci, lalu merebus segenggam daun meniran dalam 3 gelas air bersih. Merebusnya dilakukan hingga volume airnya tinggal setengahnya. Sesudah dingin disaring lalu diminum dengan madu seperlunya. Cara ini dilakukan 3 kali dalam sehari.

8. Pisang raja

Pisang raja untuk obat maag, pada pisang raja terkandung zat-zat yang bersifat antitukak peptik, Kandungan pektin yang tinggi dalam pisang dapat melindungi selaput lendir lambung terhadap pengaruh asam lambung. Penggunaannya pilih pisang yang sudah tua dan belum matang, keringkan pisang dengan cara kupas kulit pisang. potong kecil-kecil seperti keripik dengan cara dijemur ( jangan langsung dibawah mathari, cukup diangin-anginkan saja ), setelah kering jadikan bubuk dapat di tumbuk atau blender. Ambil dua sendok bubuk pisang, campur dengan madu, konsumsi dua kali sehari pagi dan malam.

9. Kacang hijau

Kandungan dalam kacang hijau bisa membuat lapisan lambung tebal dan mengurangi kadar asam dalam labung berkurang, yang biasanya penyekit maag di akibatkan terlalu banyakknya kandungan asam dalam lambung. Cara mengolahnya Bersihkan kacang hijau, keringkan dengan cara dijemur, sangrai kacang hijau hingga matang lalu tumbuk hingga halus, Ambil satu sendak makan bubuk kacang hijau dan campurkan dengan air hangat, minum tiga kali sehari.

Resep pengobatan sakit maag yang alami ini tentunya tanpa efek samping, harga juga lebih terjangkau, serta lebih mudah didapat. Selamat mencoba!

Sumber gambar : http://aniekratnaningrum.files.wordpress.com/2013/02/obatalamisakitmaag.jpg

Komentar