Pengaruh Minuman Bersoda Bagi Ibu Hamil

minuman bersodaSaat wanita sedang hamil, tentu banyak makanan dan minuman yang pantang untuk dikonsumsi. Karena ditakutkan makanan atau minuman tersebut berbahaya bagi janin yang sedang dikandung. Lalu bagaimana dengan minuman soda? Bolehkah dikonsumsi saat hamil? Mengkonsumsi minuman bersoda saat hamil masih menjadi perdebatan yang belum dapat dipastikan apakah boleh atau tidak. Karena minuman tersebut mengandung pemanis buatan yang berbeda-beda, ada yang menggunakan pemanis buatan yang aman untuk ibu hamil tapi ada juga yang berbahaya bagi ibu hamil.

Namun, untuk jalan amannya sebaiknya Anda memilih untuk mengurangi jumlah konsumsi minuman bersoda atau sebaiknya menghindarinya. Dilihat dari kandungan gulanya saja, 1 kaleng minuman bersoda bisa mengandung hingga 12 sendok teh gula, asam fosfat, karbonat, bahan pengawet, dan kafein yang dapat membahayakan janin. Dari kandungan yang dimiliki minuman soda tersebut, dimungkinkan akan memberikan dampak yang buruk bagi ibu hamil dan janin. Bagaimanakah pengaruhnya?. Berikut kami informasikan pengaruh minuman bersoda bagi ibu hamil antara lain:

1. Menyebabkan obesitas

Penyakit kelebihan berat badan 75 persen dari berat ideal ini merupakan faktor utama penyebab meningkatnya resiko diabetes (terutama diabetes tipe 2) dan penyakit kardiovaskular. Tidak hanya beresiko membuat Anda kelebihan berat badan, terlalu banyak asupan gula juga dapat meningkatkan resiko terkena diabetes gestasional yang mempengaruhi bobot janin menjadi terlalu besar sehingga sulit dilahirkan.

2. Menyebabkan hipertensi

Pada kehamilan, hipertensi dapat mendorong terjadinya kelahiran prematur. Kandungan kafein dalam minuman bersoda dapat menjadi pencetus munculnya hipertensi.

3. Melemahkan sistem imunitasobesitas ibu hamil

Ilmuwan telah membuktikan, gula dapat menghalangi kemampuan tubuh melawan bakteri. Soft drink yang mengandung 12 sendok teh gula cukup melemahkan kemampuan sel darah putih untuk melindungi tubuh dari bakteri jahat, yaitu sekitar 60 persen selama lima jam. Konsumsi minuman bersoda secara berlebihan, apalagi ditambah makanan bergula lainnya, berpotensi membuat sel-sel darah putih tidak bekerja efektif untuk beberapa jam setiap hari. Atau dengan kata lain, membuat daya tahan tubuh Anda menurun. Padahal, selama hamil, Anda dituntut untuk selalu sehat dan fit.

4. Kesehatan tulang dan osteoporosis

Satu hal lagi yang perlu perlu diwaspadai, yaitu kandungan kadar asam fosfat yang tinggi yang terkandung di dalam minuman bersoda. Minuman ringan yang memiliki kadar asam fosfat tinggi menyebabkan peningkatan asupan fosfor dalam tubuh. Hal ini pada akhirnya akan meningkatkan resiko terhambatnya penyerapan kalsium dalam tubuh serta berdampak terhadap penurunan massa tulang. Selanjutnya, sudah dapat diduga, potensi untuk terkena osteoporosis juga semakin tinggi.

Selain minuman bersoda, tentu masih banyak minuman ringan lainnya yang dilarang dikonsumsi saat hamil. Jus buah dan air putih adalah pilihan minuman yang tepat untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak.

3 Komentar

    1. Bagaimana jika dengan sengaja minum cocacola 1,5 liter sekali minum bagi bumil dan apa yg harus dilakukan ketika sudah terlanjur meminumnya supaya janin tetap sehat dwn normal
      terima kasih

    2. Selamat pagi. Minuman yang mengandung banyak gula seperti minuman bersoda dapat menyebabkan kelahiran prematur pada janin. Selain itu, ada banyk juga bahaya minuman bersoda bagi ibu hamil seperti yang telah dijelaskan dalam artikel. Jika ibu sudah terlanjur meminumnya dan ingin janin tetap sehat sebaiknya konsultasikan pada dokter kandungan. Rawatlah janin dalam kandungan Anda dengan penuh kasih sayang. Terima kasih.

Komentar