Kanker Kista, Kesehatan Wanita

Pengaruh Kista Ovarium Bagi Kesuburan Wanita

pengaruh kista ovarium bagi kesuburanBagi sebagian besar wanita, mengetahui bahwa di dalam tubuhnya terdapat kista ovarium tentu saja sangat mengagetkan dan menjadikan kekhawatiran. Banyak dari kaum wanita beranggapan bahwa kista adalah penyakit yang sangat berbahaya seperti kanker. Padahal kista tidak terlalu berbahaya seperti kanker sehingga Anda tidak perlu takut dan begitu khawatir.

Pengaruh Kista Ovarium Bagi Kesuburan

Perlu Anda ketahui, bahwa kista ovarium yang bersifat jinak dan mempunyai ukuran kecil tidak begitu berpengaruh terhadap kesuburan. Seseorang bisa saja hamil meskipun dalam indung telurnya terdapat kista, karena ovarium seorang perempuan ada sepasang. Jadi, jika salah satu dari ovarium tersebut terdapat gangguan sehingga tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya, maka masih ada satu ovarium lagi yang memungkinkan seorang wanita bisa hamil. Meskipun demikian, masa kehamilan harus dipantau terus oleh dokter kandungan agar kista ovarium tidak membahayakan kehamilan.

Meskipun kista ovarium tidak berbahaya, namun ada beberapa jenis kista ovarium yang berpengaruh terhadap kesuburan wanita sehingga akan susah hamil, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Endometriomas

Endometriomas adalah jenis kista yang disebabkan oleh endometriosis, kondisi dimana ketika jaringan yang seharusnya melapisi uterus tumbuh ke luar uterus. Jenis kista ovarium yang seperti ini dapat mempengaruhi kesuburan wanita.

2. Kista ovarium yang disebabkan oleh sindrom polisistis ovarium

Polycystic ovary syndrome (PCOS) merupakan kondisi dimana ada banyak kista kecil yang tumbuh pada ovarium. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pada siklus menstruasi dan produksi hormon yang berlebihan. Dengan kondisi seperti itu, akhirnya hal tersebut akan berpengaruh pada kesuburan wanita.

Selain dua jenis kista diatas, berikut ini adalah beberapa jenis kista ovarium yang tidak berpengaruh pada kesuburan wanita kecuali kista tersebut tumbuh sampai besar.

1. Kista fungsional

Kista fungsional merupakan salah satu jenis kista yang paling umum dan biasanya kista tersebut terbentuk pada masa menstruasi. Kista jenis ini tidak dapat mempengaruhi kesuburan wanita jika tidak membesar.

2. Cystadenomas

Cystadenomas merupakan jenis kista yang tumbuh di dalam ovarium dan bisa muncul ke permukaan ovarium. Meskipun kista jenis ini tidak mempengaruhi kesuburan wanita, namun alangkah baiknya jika Anda segera memeriksakan ke dokter dan merawatnya agar kista ini tidak mempengaruhi kesuburan.

3. Kista dermoid

Kista jenis ini tidak berisi cairan seperti pada umumnya kista, melainkan jaringan seperti rambut, kulit atau bahkan gigi. Kista dermoid tidak berkaitan dengan kesuburan sehingga tidak akan mempengaruhi kesuburan wanita.

Semoga dengan informasi mengenai pengaruh kista ovarium bagi kesuburan wanita dan beberapa jenis kista yang dapat mempengaruhi kesuburan wanita maupun yang tidak berpengaruh tersebut bisa memberikan banyak manfaat bagi semua kaum wanita. Namun alangkah baiknya jika Anda melakukan pemeriksaan secara teratur dan melakukan perawatan yang tepat jika Anda telah terdeteksi memiliki kista di dalam ovarium.

PENTING UNTUK ANDA :

sumbert gambar : http://product.melindahospital.com/uploads/2010/05/Pemeriksaan_infertilitas_1.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Manjakani Arab 4 in 1 untuk Mengatasi Masalah Kewanitaan

Manjakani Arab 4 in 1 untuk Mengatasi Masalah Kewanitaan

Manjakani Arab Merupakan Ramuan Tradisional yang terbuat dari buah manjakani yang bermanfaat mengatasi berbagai macam ....