sperma dan diabetesSalah satu penyebab yang menyebabkan disfungsi seksual pada pria adalah penyakit diabetes mellitus. Pria yang menderita diabetes dapat merusak DNA yang terkandung dalam sperma yang berakibat pada tingkat kesuburan pria dan kesehatan keturunan mereka, ujar seorang peneliti di Queen’s University, Belfast seperti dikutip situs scienceagogo.com. Dalam sebuah penelitian juga ditemukan bahwa volume sperma dari pria dengan diabetes berkurang sangat jauh daripada pria sehat.

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang seringkali menimbulkan gangguan fungsi seksual yaitu :

  • Impotensi

Impotensi adalah ketidaksanggupan penis untuk mendapatkan atau menjaga suatu ereksi dalam menjaga suatu hubungan seksual

Disfungsi ereksi adalah ketidakmampuan mengalami atau mempertahankan ereksi untuk melakukan hubungan seksual dengan memuaskan. Disfungsi ereksi terjadi akibat gangguan pembuluh darah yang disebut angiopati

  • Retrograde ejaculation

Retrograde ejaculation berarti ejakulasi terbalik, sperma tidak dikeluarkan melalui penis, tetapi masuk ke dalam kandung kencing. Biasanya pria yang mengalami retrograde ejaculation tidak melihat adanya sperma yang keluar ketika orgasme. Jika anda mengalami hal tersebut sehingga ereksi penis tidak optimal dan tidak ada sperma yang keluar ketika orgasme. Sperma tidak keluar karena masuk ke dalam kandung kecing, bukan karena habis. Cairan sperma dan sel spermatozoanya tetap diproduksi, tapi ketika Anda mengalami ejakulasi, sperma masuk ke kandung kencing karena otot di sekeliling lubang bagian bawah kandung kencing tidak menutup dengan kuat. Keadaan ini disebabkan gangguan saraf akibat diabetes.

Retrograde ejaculation dari sudut kepuasan seksual, sebenarnya bukan masalah walaupun tidak ada sperma yang keluar. Untuk mengatasinya, diabetes harus diatasi. Selain itu, Anda harus mendapat pengobatan erektogenik, pemeriksaan yang benar termasuk pemeriksaan laboratorium.

Keluhan seksual yang sering dialami oleh penderita diabetes mellitus adalah :

  • Alat kelamin terasa lembek
  • Alat kelamin bertambah kecil

http://www.600caloriesperday.com/wp-content/uploads/2011/07/diabetes22.jpg