A. Kemampuan Perkembangan Yang Harus Dicapai Anak Sesaat Sebelum berumur 5 tahun :

  • Gerakan kasar :   Melompat dengan satu kaki.
  • Gerakan Halus :   Mengancingkan kancing baju melalui lubang kancing
  • Bicara, bahasa, dan kecerdasan :   Bercerita seperti rata-rata anak yang sebayanya
  • Bergaul dan Mandiri :   Mencuci dan mengeringkan tangan tanpa bantuan.

B. Stimulasi Perkembangan yan Perlu Diberikan :

  • Memberi kesempatan kepada anak untuk melakukan permainan yang memerlukan ketangkasan dan kelincahan. Buatlah agar anak mau bermain dengan bola, berlari, melompat, berayun, memanjat, dan sebagainya. Berilah ia kesempatan untuk bermain dengan teman-temannya dan mengikuti pertandingan seperti lomba lari, lomba karung, main engklek dsb.
  • Melatih anak belajar berhitung. Sediakan kartu angka 1 – 10 yang dibuat sendiri dari potongan karton. Sediakan pula segenggam biji jagung atau kacang. Mintalah anakmenghitung biji-bijian itu sejumlah angka yang ditunjukkan pada setiap karton, dan meletakkannya diatas kartu yang cocok.
  • Membantu anak belajar menggambar. Ketika anak sedang menggambar, mintalah agar ia melengkapi gambarnya, misalnya : menggambar orang dengan bajunya, menggambar rumah dengan pohon, pagar, bunga, matahari dsb.
  • Membantu anak mengerti arti separuh dan satu. Tunjukkanlah cara membagi kue, kertas dan alin-lain menjadi 2 bagian yang sama. kemudian tunjukkan pula bahwa bila kedua bagian tersebut disatukan kembali akan menjadi satu kesatuan yang utuh.
  • Melatih anak berkebun. Tanamlah benih kacang, jagung atau biji-bijian lain pada kaleng bekas atau pot berisi tanah. MIntalah anak melakukannya, dan menyiramnya setiap hari. Ajaklah anak memperhatikan pertumbuhan tanaman itu dari hari kehari, dan bicarakanlah mengenai bagaimana tanaman, binatang, dan anak-anaknya tumbuh.
  • Membantu anak belajar mengingat. Letakkan 3 – 4 macam benda (misalnya kancing, kelereng, bunga, sendok dan lain-lain) dihadapan anak, dna mintalah ia menyebutkan nama benda satu persatu. kemudian ajaklah anak memejamkan matanya. pada saat itu ambil 1 macam benda dan sembunyikan. apabila anak sudah dapat mengingat-ngingat dengan jumlah sedikit, tambahkan macam bena yang disembunyikan.
  • Melatih anak untuk mengenal tulisan sederhana.   Tuliskan nama-nama benda yang telah diketahui anak pada secarikkertas kecil dan tempelkan masing-masing tulisan pada benda yang cocok dengan tulisan tersebut. Mintalah anak “membaca tulisan” dengan menyebutkan nama benda yang telah diketahinya.
  • Menimbulkan minat baca pada anak. Ajaklah anak sering-sering melihat buku, majalah, terutama bacaan untuk anak. Bacakan bacaan tersebut dan bicarakan bersama mengenai ceritanya. Usahakan agar anak sering melihat orang sedang membaca.
  • Memberikan kesempatan kepada anak untuk membetulkan kelalaian orang lain. Buatlah kesalahan dengan sengaja dan berilah kesempatan kepada nak untuk membetulkan kesalahan tersebut, misalnya : memberikan baju kepada anak sambil berkata : “ini sepatumu”. Anak akan senang dapat “mengajari” orang tua.
  • Melatih anak mengenal musim. Ceritakankepada anak apa yang terjadi jika pada musim hujan dan pada musim kemarau, bagaimana pengaruhnya kepada alam sekitarnya. Pakailah bahasa yang sederhana, dengan contoh-contoh yang mudah dimengerti.  “kalau musim penghujan langitnya mendung, matahari tertutup..”
  • Membiasakan anak membantu mengerjakan pekerjaan  rumah tangga. Ajaklah anak membantu pekerjaan rumah tangga yang ringan dan berikanlah tugas rutin kepada anak. Tunjukkanlah cara mengerjakan tugas rutin tersebut dan bagiamana membantu pekerjaan rumah tanga. Misalnya: membereskan tempat tidurnya, menyimpan kembali mainannya, meneruh pakainya ditempat cucian, membantu menyapu, mengelap, dan sebagainya. Pujilah setiap kali anak selesai melakukan tugasnya.
  • Membantu anak belajar mengikuti perintah. Ajarkan kepada anak untuk belajar mengikuti perintah dalam bentuk  permainan. Misalnya : “Berjalan tiga langkah”, “Berjalan jinjit lima langkah”, dan sebagainya. “Ayo nadzira jinjit lima langkah”
  • Melatih Kemandirian Anak. Berilah kesempatan kepada anak untuk bekunjung kerumah teman/tetanganya terdekat atau saudara tanpa ditemani. Tanyakan mengenai kunjungannnya, mintalah ia bercerita tentang kunjungan tersebut.
  • Mengajak anak bermain dengan kreatif. Undanglah 2 – 3 orang teman bermain anak, ajarkanlah permainan pasar-pasaran. kumpulkan bersama benda yang ada disekitarnya, buatkanlah uang-uangan dari ptongan kertas, dan kancing/tutup botol untuk uang logamnya. Tunjuklah seorang anak menjadi pemilik toko. dan yang lainnya sebegai pembeli. ajarkan pula bagaimana menawar harga, membungkus barang, mengembalikan uang, dsb. berilah kesempatan kepada yang lainnya, secara bergantian menjadi penjual dan pembeli.