Pemberian Makanan Balita Sesuai Umur

Pemberian Makanan Balita Sesuai UmurDalam memberikan makanan pada bayi tentunya harus melalui tahapan jenis makanan. Tahapan ini diberikan dengan setelah dan masih memberikan ASI pada bayi tentunya.

Hal yang harus diperhatikan adalah tahapan pemberian makanan berdasarkan usia bayi, karena harus disesuaikan dengan kemampuan sistem pencernaan bayi pada saat berbagai jenis makanan diberikan.

Misalnya Bayi sampai umur 4 bulan hanya di beri ASI/Pengganti ASI (PASI)

  1. Setelah usia 4 bulan diberi pendamping buah dan bubur susu dan setelah 6 bulan diberi nasi tim saring lengkap gizi. Usia 1 tahun, bisa diberikan makanan keluarga.
  2. Kalau pedoman tadi tidakl diikuti kadang-kadang bayi sampai usia 1 tahun masih diberi nasi tim saring, tidak kenal makanan lebih kasar, sulit mengenalkan macam-macam makanan yang tidak lunak meskipun gigi sudah bertambah.
  3. Kalau pengenalan aneka ragam bahan makanan terganggu, suatu saat anak tidak kenal bahan makanan tadi, dengan sendirinya menolak dan akan susah makan.
  4. Perhatikan pengenalan aneka ragam bahan makanan yang disesuaikan pada umurnya dan selalu berkembang sesuai umurnya.
  5. Apakah porsi susunya diberikan bnerlebihan? ini juga  menyebabkan anak susah makan karena kenyang oleh susu. Biasanya pemberian susu yang berlebihan disebabkan permintaan anak yang selalu dituruti karena dia mau, namun ini sangat merugikan sebab anak akan susah makan makanan pokoknya.Susu cukup 2 gelas sehari.
  6. Makanan selingan biasanya sangat disenangi anak namun kalau diberikan berlebihan tentunya akan mengganggu napsu makannya.

Apalagi kalau makanan selingan tadi rasanya manis atau asin yang berlebihan, karena akan membuat anak minum terus, ini yang menyebabkan anak kenyang sebelum makan makanan pokoknya sehingga anak susah makan karena kenyang.

Makanan selingan sebaiknya diberikan pada waktu di antara jam makan. Makanan selingan yang baik diberikan misalnya kue yang mengandung campuran hidrat arang, protein, dan sayuran bukan berupa makanan yang hanya mengandung kalori kosong atau gula. itupun sebaiknya dibatasi jangan berlebihan.

Sumber: Variasi makanan Balita: kiat atasi masalah makan pada anak Oleh Tuti Soenardi

Sumber Gambar :http://www.haibunda.com/uploads/2014/07/Tips-Membiasakan-Bayi-untuk-Belajar-Makan.jpg
  •  
  •  
  •  
  •  

14 Komentar

  1. Bagaimana mensiasati anak yg baru berumur 10 bulan agar mau makan ya bun..saya amat ktakutan dan panik krn sikecil benar2 ga mau mkn,bl saya beri makan mulutnya selalu terkatup sambil menangis,saya amat bingung apa yg hrs saya lakukan..saya baru saja mnjadi ibu jd pengalaman dlm hal ini msh kurang,untuk para bunda yg berpengalaman tolong dong kasih saya solusinya..terima kasih.

    1. Selamat pagi bunda. Anak susah makan adalah salah satu permasalahan yang sering dikeluhkan oleh para orang tua, terutama para bunda. Berbagai cara sudah banyak dilakukan untuk mengatasi anak susah makan, namun tidak sedikit dari cara itu yang berhasil sesuai harapan. Bahkan masalah anak susah makan tidak jarang membuat ibu stress dan tertekan dalam menghadapinya karena dapat berdampak pada kesehatan anak. Untuk mengatasinya bunda bisa ikuti beberapa tips dalam artikel berikut ini cara ampuh mengatasi anak susah makan dan juga artikel tips atasi anak susah makan. Semoga berhasil.

  2. coba dek cek www.cekgula.com saya juga masih bingung kl setiap susu semua ada gula tambahannya anak saya minum susu yg spt apa donk

  3. susu yang baik itu yang seperti apa yah bun?? soalnya denger dalam susu formula anak itu sekarang banyak mengandung gula tambahan.. kan jadi ngeri kalau mau kasih ke anak sembarangan.. cara ngeceknya gimana ya kalau sufornya banyak kandungan gulanya apa engga??!!

  4. 5. Apakah porsi susunya diberikan bnerlebihan? ini juga menyebabkan anak susah makan karena kenyang oleh susu. Biasanya pemberian susu yang berlebihan disebabkan permintaan anak yang selalu dituruti karena dia mau, namun ini sangat merugikan sebab anak akan susah makan makanan pokoknya.Susu cukup 2 gelas sehari. —->> ini persis pengalaman saya, karena anak susah makan makanya saya selalu mengakalinya dengan memberikan susu dengan maksud dan tujuan agar anak menjadi kenyang. tapi kalau dibilang karena pemberian susu yang selalu dituruti ibu maka anak akan menjadi kenyang, saya jadi bingung..karena anak saya itu susah sekali untuk makan, dan dy ga pernah mengeluh lapar atau minta makan.. ibu mana yang ga bingung kalau anaknya begitu. makanya saya selalu memberinya susu supaya perutnya terisi.. tapi kalau beigni saya jadi bingung nih..mau share dong bun ada tips2 khusus ga buat yang punya pengalaman seperti saya.

  5. iya nih, anak saya sebentar lagi mau lepas asi..dari kemaren juga lagi pilih2 susu yang baik untuk anak itu yang seperti apa ya??

  6. selain makanan saya juga milih milih susu untuk anak setelah asi nie…yang cocok utk si kecil

  7. anakku mulai makan baru pas 8 bln.. tp untungnya dia ga ada masalah.. suka bgt mkn..jd ga susah aku… aku juga kasih susunya yg ga pake gula tambahan bunda….biar asupan gula ga kbanyakan

  8. aku bikin sendiri makanan ankku.. biar aman aja bunda.. jd ga pk pengawet kan..trus kl susunya aku pilih yg no added sugar

  9. untuk sekarang sih anakku belum bisa makan apa2 slain susu.. :)
    slain asi, aku kasih sufor jg..
    soalnya asiku sdikit sih.. :)
    untungnya anakku cocok dengan sufornya.. soalnya suforya gak terlalu manis dan gak bikin eneg.. :D

  10. membuat sendiri makanan bayi sendiri sih bagus-bagus saja. Tapi kalau kita tidak punya waktu kan banyak makan padat yang cukup bagus untuk anak. Menyiapkannya cepat dan anak mungkin lebih suka. mulai kecil mesti dididik jangan yang manis-manis, termasuk susu formulanya.

  11. Anakku malah suka bgt ngemil, mertua bilang biarin aja ngemil drpd ga makan sama sekali, haduuuh…klo ngemil trus kapan lapernya, jd susah makan deh. Susu juga kasihnya selalu bilangnya bagusan yg manis biar anak suka, huh…padahal klo anak obesitas siapa juga yg disalahin…

  12. aku sih suka iseng2 cari resep buat makanan anakku, biar ga bosen yg makan maupun yg masak. Aku juga pilih2 resep yg ga pake banyak gula, takut klo kebanyakan konsumsi gula tambahan anak malah jadi obesitas.

  13. suka bingung ya kl anak kita sdh lepas asi dan memberikan tambhan makanan …aku sie selalu menyediakan anakku susu formula yg ga terlalu manis dan makanan yg aku bikin sendiri

Komentar