Makanan Bayi Seuai UmurDalam memberikan makanan pada bayi tentunya harus melalui tahapan jenis makanan. Tahapan ini diberikan dengan setelah dan masih memberikan ASI pada bayi tentunya.

Hal yang harus diperhatikan adalah tahapan pemberian makanan berdasarkan usia bayi, karena harus disesuaikan dengan kemampuan sistem pencernaan bayi pada saat berbagai jenis makanan diberikan.

Misalnya Bayi sampai umur 4 bulan hanya di beri ASI/Pengganti ASI (PASI)
1. Setelah usia 4 bulan diberi pendamping buah dan bubur susu dan setelah 6 bulan diberi nasi tim saring lengkap gizi. Usia 1 tahun, bisa diberikan makanan keluarga.

2. Kalau pedoman tadi tidakl diikuti kadang-kadang bayi sampai usia 1 tahun masih diberi nasi tim saring, tidak kenal makanan lebih kasar, sulit mengenalkan macam-macam makanan yang tidak lunak meskipun gigi sudah bertambah.

3. Kalau pengenalan aneka ragam bahan makanan terganggu, suatu saat anak tidak kenal bahan makanan tadi, dengan sendirinya menolak dan akan susah makan.

4. Perhatikan pengenalan aneka ragam bahan makanan yang disesuaikan pada umurnya dan selalu berkembang sesuai umurnya.

5. Apakah porsi susunya diberikan bnerlebihan? ini juga  menyebabkan anak susah makan karena kenyang oleh susu. Biasanya pemberian susu yang berlebihan disebabkan permintaan anak yang selalu dituruti karena dia mau, namun ini sangat merugikan sebab anak akan susah makan makanan pokoknya.Susu cukup 2 gelas sehari.

6. Makanan selingan biasanya sangat disenangi anak namun kalau diberikan berlebihan tentunya akan mengganggu napsu makannya.

Apalagi kalau makanan selingan tadi rasanya manis atau asin yang berlebihan, karena akan membuat anak minum terus, ini yang menyebabkan anak kenyang sebelum makan makanan pokoknya sehingga anak susah makan karena kenyang.

Makanan selingan sebaiknya diberikan pada waktu di antara jam makan. Makanan selingan yang baik diberikan misalnya kue yang mengandung campuran hidrat arang, protein, dan sayuran bukan berupa makanan yang hanya mengandung kalori kosong atau gula. itupun sebaiknya dibatasi jangan berlebihan.

Sumber: Variasi makanan Balita: kiat atasi masalah makan pada anak Oleh Tuti Soenardi