Pelayanan Dalam Berbisnis

bisnisApa sajakah yang sering kali “dilalaikan” orang pada saat mereka mulai merintis sebuah usaha? Kebanyakan orang terfokus pada hasil, yakni berapa income dan keuntungan yang masuk dari usahanya tersebut. Mereka melalaikan sebuah point penting yang menjadi kunci sebuah suksesnya usaha. Apa itu?

Pelayanan.

Senangkah Anda, ketika Anda memasuki sebuah toko dan disambut dengan wajah muram dan tidak ramah dari pemilik atau pelayan tokonya? Tentu tidak. Tak ada orang yang senang disambut dengan wajah cemberut, apalagi jika dilayani dengan ogah-ogahan. Saya jamin, Anda tidak ingin atau minimal malas untuk kembali berbelanja ke toko yang sama.

Kalau begitu, sekarang tekadkan diri Anda untuk tidak melakukan hal yang sama. Tarik kedua sudut bibir Anda, dan tersenyumlah. Sambutlah para pembeli di toko Anda dengan ramah dan hangat.

Pembeli adalah Raja. Itu yang harus selalu kita ingat. Maka ketika melayani pembeli, layanilah mereka sebagai seorang raja. Sekalipun pembeli Anda bukan orang yang ramah, cerewet dan sangat bawel misalnya, Anda harus tetap melayani mereka dengan tenang dan ramah.

Kualitas pelayanan Anda adalah jaminan kesuksesan Anda.

2 Komentar

  1. Yes absolutely correct. Senyum adalah sedekah kata Rasulullah. Jangan lupa ternyata dengan senyum ternyata juga bikin awet muda menurut penelitian para ahli. So keep smiling and the world will smile to you. Selamat berlatih SENYUM.

  2. bener… pelayanan adalah hal terpenting dalam bisnis..

    apalagi after sales, semua pembeli menginginkan yg terbaik, sama seperti ketika kita sendiri yang menjadi pembeli…

Komentar