hamil 2Berikut adalah pedoman latihan senam selama kehamilan:

1. Jika anda telah mengikuti program latihan teratur sebelum kehamilan, anda harus mampu mempertahankan program itu untuk beberapa saat selama kehamilan. Latihan tidak meningkatkan risiko keguguran.

2. Jika Anda baru memulai program olahraga sebagai cara meningkatkan kesehatan Anda selama kehamilan Anda, Anda harus mulai dengan sangat lambat dan berhati-hati dan tidak boleh memaksakan diri sendiri.

3. Dengarkan tubuh Anda. Tubuh Anda akan secara alami memberikan sinyal bahwa sudah waktunya untuk mengurangi tingkat latihan yang Anda lakukan.

4. Jangan pernah latihan sampai kelelahan atau sesak napas. Ini adalah tanda bahwa bayi Anda dan tubuh Anda tidak bisa mendapatkan suplai oksigen yang dibutuhkan.

5. Nyaman memakai sepatu olahraga yang memberikan pergelangan kaki kuat dan dukungan arch.

6. Ambil waktu istirahat dan minum banyak cairan selama latihan.

7. Hindari latihan dalam cuaca sangat panas.

8. Hindari tanah berbatu yang tidak stabil ketika berjalan-jalan atau bersepeda. Sendi anda lebih longgar dalam kehamilan dan pergelangan kaki dapat keseleo dan cedera lainnya dapat terjadi.

9. Olahraga berat harus dihindari selama kehamilan.

10. Latihan beban harus ditekankan pada tubuh bagian atas dan daerah perut. Hindari mengangkat beban di atas kepala Anda dan menggunakan bobot yang dapat membuat otot bawah tubuh Anda tegang.

11. Selama trimester kedua dan ketiga, hindari latihan yang banyak gerakan  telentang karena hal ini mengurangi aliran darah ke rahim.

12. Sertakan relaksasi dan peregangan baik sebelum dan setelah program latihan Anda.

13. Makan makanan yang sehat yang mencakup banyak buah-buahan, sayuran dan karbohidrat.

Untuk gerakan senam pada trisemester pertama, silakan lihat video berikut:

[hidepost=0]

Atau klik link berikut:

Senam Hamil Trisemester Pertama[/hidepost]