Olahraga Yang Aman Untuk Ibu Hamil

olahraga untuk ibu hamilMasa kehamilan adalah masa yang paling ditunggu-tunggu bagi seorang istri. Akan tetapi masa kehamilan tidaklah mudah. Banyak ibu hamil yang merasa cepat lelah, pusing, sakit pinggang dan sebagainya. Oleh ksebab itulah ibu hamil tidak disarankan untuk melakukan pekerjaan berat. Meski demikian, ibu hamil juga tidak boleh bermalas-malasan. Ibu hamil perlu melakukan olahraga demi kesehatan tubuh selama masa kehamilan. Tentu saja dengan memilih jenis olahraga yang aman untuk ibu hamil.

Banyak manfaat yang akan diperoleh bagi ibu hamil yang rajin olahraga. Selain untuk kesehatan tubuh, olahraga di masa kehamilan juga dapat membuat ibu hamil lebih siap dalam menghadapi persalinan. Olahraga rutin akan memudahkan ibu hamil untuk mengembalikan kondisi tubuhnya setelah melahirkan. Berikut ini adalah beberapa olahraga yang aman bagi ibu hamil, namun ibu hamil harus tetap memperhatikan kondisinya sebelum melakukannya.

1. Senam Kegel

Senam Kegel bagi ibu hamil bermanfaat untuk memperkuat otot-otot kewanitaan. Kondisi inilah yang akan memudahkan ibu hamil menghadapi masa persalinan dan melunakkan otot kewanitaan setelah melahirkan.

2. Renang

Renang merupakan olah raga yang paling aman untuk ibu hamil. Selain membuat tubuh kencang tanpa membebani tubuh dan menekan persendian. Saat ibu hamil melakukan olahraga renang, jantung akan berdetak lebih cepat. Namun, ibu hamil tidak boleh menyelam karena dapat terjadi perubahan tekanan.

3. Bersepeda

Hal baik yang dapat diambil dari bersepeda adalah olahraga ini bisa menopang berat badan, sehingga tekanan tubuh akan lebih sedikit. Sedangkan untuk mengurangi risiko terjatuh, sebaiknya ibu hamil menggunakan sepeda statis. Mulailah bersepeda secara perlahan dan jangan terlalu bersemangat. Lakukan olahraga dengan santai.

4. Jalan kaki

Jalan kaki merupakan olahraga yang aman dan baik dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh dan jantung selama masa kehamilan. Efektif juga untuk mengatasi gangguan pada lutut, pinggang serta mata kaki. Selain itu, jalan kaki juga dapat menguatkan otot, menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar, memberi udara segar dan tidur malam akan terasa lebih nyenyak.

5. Yoga

Olahraga yoga sangat cocok untuk ibu hamil karena dipercaya dapat mengurangi stres serta tekanan pada tubuh. Olahraga yoga khusus dirancang untuk calon ibu, dimana latihan ini mengajarkan mengenai teknik pernapasan serta meditasi yang tepat agar bisa membentuk keseimbangan dan relaksasi. Masa kehamilan dan proses persalinan juga bisa berjalan lebih mudah karena olahraga yoga dapat mendorong fleksibilitas dan kekuatan.

Itulah beberapa jenis olahraga yang aman untuk ibu hamil. Dengan olahraga secara rutin diharapkan kesehatan tubuh ibu hamil selama masa kehamilan dapat terjaga dengan baik sehingga akan memudahkan ibu hamil dalam menjalani masa kehamilan dan menghadapi persalinan.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://cdn.klimg.com/merdeka.com/resized/670x670/i/w/news/2013/08/26/238932/paging/996x498/berjalan-kaki.jpg
Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil adalah Madu alami yang di campur dengan bahan-bahan herbal yang bermanfaat untuk ....
Rp 70.000 Beli

Komentar