Obat Tradisional Untuk Mengatasi Demam Pada Anak

obat-tradisional-untuk-mengatasi-demam-pada-anak
Demam adalah salah satu jenis penyakit yang sering dialami oleh anak-anak dimana suhu tubuh anak melebihi 37° C. Panas atau demam pada anak jika tidak segera diatasi akan menyebabkan efek yang tidak baik bagi kesehatan anak seperti kejang-kejang dan lain-lain. Hal inilah yang mengakibatkan kekhawatiran pada dan kecemasan pada orang tua.

Sebagai pertolongan pertama, biasanya orang tua memberi anak obat penurun panas yang dijual dipasaran dengan bahan dasar kimia seperti asam salisilat, parasetamol dan lain-lain. Jarang sekali orang tua yang memberikan pertolongan pertama dengan memberinya obat tradisional yang diramu sendiri.

Padahal obat tradisional yang dibuat dari bahan alami dari alam tidak kalah ampuhnya untuk mengatasi demam pada anak dan menjaga kesehatan anak. Selain itu, obat tradisional juga jauh lebih aman dibandingkan dengan obat-obatan kimia. Selain aman juga lebih murah dan mdah didapat. Berikut ini adalah obat tradisional untuk mengatasi demam pada anak :

1. Jeruk Nipis

Caranya : Siapkan jeruk nipis kurang lebih ½ buah, kuning telur ayam kampung 1 butir dan madu secukupnya. Kemudian peras jeruk nipis dan tambahkan dengan air panas ½ gelas. Aduk semua bahan sampai rata dan berikan pada anak dua kali, sekali minum ¼ gelas.

2. Kunyit

Caranya : Siapkan 1 butir kuning telur ayam kampung, sedikit kapur sirih dan perasan kunyit. Campur semua bahan menjadi satu sampai rata dan tambahkan dengan sedikit air panas. Minumkan sedikit demi sedikit pada anak.

3. Bawang Merah

Cara mengatasi demam pada anak dengan bawang merah adalah parut bawang merah kemudian beri sedikit minyak kelapa. Balurkan pada badan anak secara merata.

4. Temulawak

Temulawak adalah bahan alami yang sering digunakan untuk membuat obat tradisional, salah satunya adalah obat penurun demam pada anak karena temulawak mengandung zat aktif xanthorrhizol, germacrene dan alpha betha curcumena serta masih banyak lagi.

5. Daun Kembang Sepatu

Daun kembang sepatu mengandung minyak atsiri, saponin, flavonoida dan polifenol yang bermanfaat untuk menurunkan demam pada anak.

6. Air Kelapa Muda

Pada saat anak mengalami demam atau panas, tubuh akan banyak kehilangan cairan berupa keringat untuk menurunkan suhu tubuh. Air kelapa muda bermanfaat untuk menggantikan cairan yang hilang tersebut karena pada air kelapa muda mengandung banyak mineral dan kalium.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi demam pada anak, selain aman untuk kesehatan anak bahan alami ini juga mudah didapat. Jadi bunda tidak perlu panik lagi jika anak mengalami deman. Namun, jika demam pada anak tidak kunjung turun, sebaiknya segera bawa anak ke dokter. Salam sehat selalu.

PENTING UNTUK ANDA : 

sumber gambar : http://phnlfhsy.files.wordpress.com/2013/12/1cad5-obatalamipenurunpanas.jpg

Obat Batuk Herbal Sirup Gurah Sangat Cocok Mengobati Influensa, Batuk, Demam

Obat Batuk Herbal Sirup Gurah Sangat Cocok Mengobati Influensa, Batuk, Demam

Sirup Gurah merupakan Obat  Batuk herbal perpaduan herbal alami indonesia dengan Thibbun Nabawi . Sirup ....
Rp 55.000 Beli
Madu Herbal Syifa Kids Turun Panas Efektif Untuk Menurunkan Panas, Atasi Mual dan Muntah

Madu Herbal Syifa Kids Turun Panas Efektif Untuk Menurunkan Panas, Atasi Mual dan Muntah

Madu Syifa Kids merupakan nutrisi 100% alami tanpa bahan kimia yang memadukan madu murni, habbatussauda ....
Rp 45.000 Beli

15 Komentar

  1. selamat malam bunda, anak saya lagi demam tapi panasnya cuma di bagian kepala saja setelah saya baca artikel ini, saya mau mencoba dengan parutan bawang merah.. tapi saya tidak punya minyak kelapa, bagaimana kalau di ganti dengan minyak zaitun? cepat di balas ya! terima kasih.

  2. Setelah sy membaca artikel,kebetulan anak saya demam sama panas dalam.sy mau coba dengan air kelapa muda dan madu.

  3. Anak saya sekarang sedang demam dan badannya panas sudah dua hari saya juga sudah bawa ke dokter setelah membaca artikel ini saya ingin mencoba dengan bawang merah mudah2an anak saya cepat sembuh. Terima Kasih pondok ibu.

  4. Anak sy skrg sdg panas disertai batuk,baru mulai kmrn,tp tadi pagi smp sekarang muntah2 terus berkali kali.bingung krn anak sangat sulit kalo minum obat.dan pasti muntah tiap x minum obat.sy mau tanya obat herbal untuk muntah disertai demam,batuk itu apa y.. Yg disayangkan besok mau piknik dr tempat kerja.mohon bantuannya ,
    Trimakasih sebelumnya.

    1. usia anak berapa?bila anak usia diatas 6 bulan bisa diberikan obat herbal madu syifa fluba harga 45rb bisa mengatasi flu,batuk,mual,muntah dan masuk angin untuk pemesanan bia hubungi CS kami di 081328873888. Terimakasih.

  5. anak saya panas udh 4 hr ne,pdhl kemarin udh turun panasx..tp klo q minumin sirup penurun pnas,stgh jm kmudian pnasx ilang & anakQ beraktifitas seperti biasa…tp klo menjelang sore sampek malem ankQ panasx dateng lagi…tlg bantuanx bun…

    1. Selamat pagi Bunda. Demam adalah salah satu kondisi kesehatan yang umum dan seringkali dialami oleh anak-anak, tapi jangan pernah diabaikan apalagi bila mengalami demam dan panas sudah lebih dari 3 hari. Terutama dengan kondisi demam anak yang naik turun. Demam tidak selamanya mengidentifikasi sesuatu yang serius. Namun, jika panas pada anak sudah lebih dari 3 hari dan panasnya juga naik turun sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya dan mendapatkan pengobatan. Terima kasih.

  6. anak ku skrng sdng panas tinggi.sdh sy bwa kedokter.dan pns’y blm turun smp saat ini.
    mohon bantuan’y..

    1. Selamat pagi bunda. Jika sudah beberapa hari anak mengalami panas, bahkan sudah di bawa ke dokter namun belum kunjung turun. Maka sebaiknya anak dibawa ke dokter lainnya atau ke rumah sakit sebagai perbandingan. Lakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebabnya. Semoga lekas sembuh. Terima kasih.

  7. Setelah membaca artikel ini saya mau mencoba anak saya badannya panas disertai batuk kering

  8. Setelah saya membaca artikelnya,saya akan mencobaa П̥̥γ̲̣̣̥α̇̇̇̊ untuk anaak saya,sekarang anak saya ƪαǧî sakit panas di sertai batuk yang sering muntah

  9. Setelah sya membaca artikel tentang khasiat bwang merah, jeruk nipis, dan kunyit. Sya kmudian mncoba pda saat kponakan sya demam. Sya mnggunakan bwang merah yg dcmpur minyak kelapa. Sya bersyukur krna skrng dy bisa sehat dan brmain lg. Trima kasih bnyak pondok ibu.com

    1. Alhamdulillah, ikut senang Bunda. Semoga keponakannya sehat selalu. Terimakasih juga sudah mengunjungi Pondokibu.com. Senang bisa membantu.

Komentar