Bayi & Anak, Kesehatan

Obat Tradisional Untuk Mengatasi Biang Keringat Anak

biang keringat anakBiang keringat atau dikenal juga dengan nama miliaria adalah bintik-bintik kecil berwarna merah yang menyebabkan rasa gatal menyengat dan mengganggu kesehatan kulit. Bintik-bintik merah gatal ini dapat berkembang dibagian tubuh manapun, tetapi lebih sering muncul di bagian leher, punggung, dada atau paha.

Timbulnya biang keringat biasanya disebabkan karena banyaknya keringat yang tidak dapat keluar dari pori-pori akibat terjadi penyumbatan di saluran kelenjar keringat sehingga bakteri berkembang dan kemudian menimbulkan gatal dan kulit kemerahan.

Biang keringat sebenarnya bukan termasuk penyakit yang berbahaya ataupun mematikan. Namun, rasa gatal yang menyengat akibat biang keringat sangat mengganggu kesehatan kulit, apalagi jika terkena pada bayi dan anak-anak.

Untuk mengatasi biang keringat pada anak ada beberapa macam obatnya, baik obat kimia maupun obat tradisional yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Namun, alangkah baiknya jika Anda menggunakan obat tradisional untuk mengatasi biang keringat pada bayi dan anak-anak karena lebih aman bagi kesehatan kulit. Berikut ini adalah obat tradisional untuk mengatasi biang keringat anak.

1. Menggunakan tepung tapioka atau tepung kanji.

Tepung tapioka atau tepung kanji memiliki sifat dingin, sedangkan biang keringat menimbulkan rasa panas dan gatal sehingga cocok untuk mengatasi biang keringat. Caranya, taburkan tepung kanji ke tubuh anak yang terkena biang keringat setelah mandi. Biarkan anak untuk istirahat agar tidak timbul keringat, sehingga proses penyembuhan biang keringat akan lebih cepat.

2. Menggunakan buah mentimun.

Buah mentimun adalah salah satu obat tradisional yang dipercaya oleh masyarakat dapat mengatasi biang keringat anak. Caranya dengan menghaluskan buah mentimun yang telah dicuci bersih kemudian oleskan pada tubuh anak yang terdapat biang keringat. Cara menghaluskannya dapat dengan blender ataupun diparut.

3. Menggunakan daun secang.

Daun secang juga dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi biang keringat anak. Daun secang dapat diperoleh dengan membelinya pada penjual jamu. Cara menggunakan daun secang sebagai obat tradisional biang keringat adalah dengan merebus segenggam daun secang, kemudian air rebusan daun secang dicampurkan dengan air yang akan digunakan untuk mandi. Mandikan anak dengan campuran air rebusan daun secang tersebut.

Obat tradisional selain mudah didapatkan juga tidak sulit dalam penggunaannya. Gunakan obat tradisional tersebut secara teratur untuk mengatasi biang keringat anak agar hasilnya maksimal. Jaga selalu kebersihan anak dengan baik untuk menghindari biang keringat. Salam sehat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://antirodinka.ru/images/priw%20na%20lokt9.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Madu Herbal Syifa Kids Cerdas dan Cendekia Meningkatkan Kecerdasan Anak

Madu Herbal Syifa Kids Cerdas dan Cendekia Meningkatkan Kecerdasan Anak

Madu Syifa Kids Cerdas Cendekia merupakan madu anak untuk nutrisi 100% alami tanpa bahan kimia ....