Nutrisi Untuk Menambah Kesuburan Pasutri

nutrisi penambah kesuburanTujuan pasutri atau pasangan suami istri membangun sebuah keluarga adalah untuk mendapatkan keturunan. Namun tidak semua pasangan yang dengan mudahnya mendapatkan keturunan , terkadang ada sesuatu hal yang dapat menunda istri untuk hamil. Salah satu faktor yang menentukan terjadinya kehamilan pada seorang wanita adalah faktor kesuburan.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan ketidaksuburan pada pasutri.  Yang menjadi faktor dominan penghambat kehamilan adalah faktor genetik dan faktor lainnya adalah pola makan yang tidak sehat. Menurut hasil penelitian, pola makan yang tidak sehat yang dapat menghambat kehamilan adalah pola makan yang tinggi lemak dan juga tinggi gula namun asupan nutrisinya rendah.

Jika Anda dan pasangan merencanakan untuk segera mendapatkan keturunan, periksalah ke dokter terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi kesuburan Anda dan pasangan. Jika tidak ada masalah yang serius, maka mulailah untuk mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kesuburan pasutri dengan menu makan yang kaya nutrisi. Berikut ini adalah nutrisi untuk menambah kesuburan pasutri.

1. Vitamin E

Vitamin E adalah nutrisi yang sangat penting bagi sistem reproduksi wanita maupun pria. Untuk wanita, vitamin E bermanfaat untuk menjaga system endokrin dan produksi hormon-hormon yang baik bagi kesehatan tubuh sedangkan untuk pria, vitamin E dapat bermanfaat untuk mendukung reproduksi sperma serta mencegah kerusakan DNA sperma yang disebabkan oleh radikan bebas. Sumber vitamin E yang utama adalah kedelai, hati, sayuran berwarna hijau tua dan kecambah.

2. Vitamin C

Vitamin C penting bagi kesuburan pria dan wanita. Bagi seorang wanita vitamin C bermanfaat untuk menjaga keseimbangan hormonal, meningkatkan sistem imun, meningkatkan fertilitas dan membantu tubuh dalam penyerapan zat besi. Sedangkan bagi kaum pria vitamin C bermanfaat untuk mencegah penggumpalan sperma serta meningkatkan mobilitas sperma. Sumber vitamin C yang utama adalah buah-buahan seperti sirsak, jambu, mangga, jeruk, pepaya, strawberry dan sayuran.

3. Vitamin B

Vitamin B ada dua jenis yang bermanfaat untuk menambah kesuburan pasutri. Yang bermanfaat untuk menambah meningkatkan kualitas sperma adalah vitamin B12 sedangkan yang bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan wanita adalah vitamin B6. Sumber utama vitamin B6 adalah telur, ikan, ayam, pisang, wortel, beras merah dan brokoli. Sedangkan sumber utama vitamin B12 adalah susu, ikan dan hati.

4. Zat besi

Zat besi memiliki manfaat yang penting bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah untuk transportasi oksigen dan darah di dalam tubuh. Zat besi bermanfaat bagi wanita untuk menjaga keseimbangan proses ovulasi. Nutrisi ini disarankan bagi pasutri masing-masing 8 mg setiap harinya. Zat besi yang paling baik adalh bersumber dari bayam, kangkung, hati dan daging.

5. Selenium

Sama halnya dengan vitamin E sebagai antioksidan, selenium juga memiliki manfaat untuk mencegah oksidasi pada sel-sel sperma. Tubuh yang kekurangan selenium maka akan menyebabkan infertilitas pada pria. Selenium bersumber pada daging merah, makanan laut dan hati.

6. Zinc

Zinc atau disebut juga dengan seng adalah mineral yang sangat penting bagi kesuburan pria dimana dapat membantu menjaga fungsi organ seksual dan produksi sperma. Pria yang kekuranganmineral zinc dapat menyebabkan penurunan hormone testosterone dan mengurangi produksi sperma yang sehat. Sumber utama zinc adalah kerang, daging sapi, daging kambing, hati, kepiting, telur dan ayam.

7. Kalsium

Dalam mempersiapkan kehamilan, seorang wanita harus memiliki cadangan kalsium yang cukup. Selain itu kalsium juga bermanfaat untuk meningkatkan pH tubuh dan menguntungkan bagi sperma dan sel telur yang telah dibuahi. Sumber kalsium yang utama adalah susu segar, daging dan sayuran hijau.

Untuk menjaga stamina demi kesehatan tubuh dan mempertahankan keharmonisan rumah tangga, itulah beberapa nutrisi untuk menambah kesuburan pria dan kesuburan wanita. Selain dengan memperhatikan asupan nutrisi, ada baiknya juga Anda melakukan olahraga secara rutin. Salam sehat selalu.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://3.bp.blogspot.com/-QjMm28kY4w4/UszpwOVFoQI/AAAAAAAAIAg/tXvvHUxQgtQ/s1600/A%2Bmakanan%2Bkesuburan%2Bwanita.jpg

Powder Datse Lollen, Serbuk Kurma untuk Kesuburan

Powder Datse Lollen, Serbuk Kurma untuk Kesuburan

Powder Datse Lollen  adalah herbal tradisional yang berupa serbuk kurma, yang sudah terbukti bermanfaat untuk membantu kesuburan pasangan ....
Rp 75.000 Beli
Madu Jadied Stamina, Untuk Menambah Stamina dan Fitalitas Pria

Madu Jadied Stamina, Untuk Menambah Stamina dan Fitalitas Pria

MADU JADIED STAMINA adalah suplemen herbal yang terbuat dari madu murni. Suplemen ini merupakan ramuan tradisional yang dibuat ....
Rp 45.000 Beli

Komentar