Mompreneur, Profil Mompreneur

Mompreneur Sukses Dengan Usaha Roti Gandum Sehat

usaha roti gandumGaya hidup sehat saat ini semakin menjadi model atau trend di semua kalangan masyarakat. Ternyata kesempatan ini dijadikan sebagai peluang usaha bagi Fransiska Indriana yang dibantu oleh suaminya Patrick L. Stiady dengan membuka usaha toko roti sehat yang terletak di Bandung.

Bahan utama roti yang dibuat Fransiska adalah Gandum, tanpa bahan pengawet dan gula. Gandum dikenal sebagai bahan makanan yang rendah akan karbohidrat, sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin diet atau ingin tetap mempertahankan berat badannya.

Fransiska atau yang sering dipanggil dengan Ana mau menekuni usaha kuliner sehat ini karena ternyata sejarah kesehatan dalam keluarganya sangat rentan dengan yang namanya penyakit stroke dan darah tinggi, sehingga Ana mempunyai keinginan untuk membuat makanan sehat. Selain itu Ana juga memiliki hobi masak-memasak. Pada tahun 2002, dengan mengangkat merek Mom’s Bakery, Ana yang di bantu oleh suaminya akhirnya membuka usaha roti gandum sehat. Untuk mengurus usahanya ini, Ana dan suaminya memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan kantorannya sebagai akuntan di sebuah perusahaan swasta multinasional.

Bermodalkan Uang Tabungan

Modal awal usaha roti gandum Ana diambil dari uang tabungannya sekitar Rp 30 juta. Modal tersebut digunakan untuk membeli oven, mixer dan merenovasi dapur yang akan digunakan untuk tempat produksi. Pada awal toko dibuka, produksi pertamanya hanya menghasilkan 10 buah jenis roti yang dikonsumsi oleh keluarga dan tetangga sekitar rumahnya. Lama kelamaan dengan dengan usahanya melakukan promosi dari mulut ke mulut yang dibantu oleh orang-orang terdekatnya, usaha roti gandumnya semakin lama semakin berkembang. Lokasi rumahnya yang berada di Jl Progo bisa di katakan cukup ramai sehingga mampu membuat usaha rotinya cepat dikenal orang. Kini dengan 10 karyawan, Mom’s Bakery dapat memperoleh omzet Rp 3 juta hingga Rp 5 juta setia[p harinya.

Dengan ilmu dan keahlian yang diperoleh Ana saat memperdalam ilmu memasaknya di Le’cordon Bleu, Sydney, Australia pada tahun 2006 – 2008. Ana kini mengekplorasi dan menciptakan roti berbahan gandum dalam berbagai varian. Hal ini menjadi salah satu kelebihan dari Mom’s Bakery dibandingkan dengan tempat yang lain.

Sadar karena produknya bukan untuk semua kalangan, Ana lebih memfokuskan roti gandumnya pada kualitas dan terus berinovasi mengembangkan varian produknya menjadi lebih banyak lagi. Mom’s Bakery memang membidik pasar yang selektif, khususnya bagi mereka yang menyadari akan pentingnya mengkonsumsi makanan sehat setiap harinya. Kembali atau tidaknya konsumen dari Mom’s Bakery tergantung pada kepuasan para pelanggannya.

Ana selalu yakin dan optimis, bahwa pelanggannya tidak akan lari. Saat ini Ana sedang mengembangkan snack yang sehat untuk dijadikan sebagai produk barunya. Contohnya, muffin dengan bahan dasar wortel, banana sugar free dan lain-lain.

Salah satu kesulitan yang dialaminya dalam mengembangkan usaha adalah minimnya jumlah bahan baku. Namun kendala yang dialaminya tersebut justru dijadikan sebagai tantangan untuk tetap bisa berkreasi. Ana yakin bahwa ke depannya roti gandum sehat buatannya sangat potensial dipasaran dan mampu mengantarkannya sebagai salah satu mompreneur sukses di Indonesia.

Sumber gambar : http://assets.kompas.com/data/photo/2013/07/11/1703271Roti-dan-Gandum780x390.jpg