Merawat Ikan Dalam Aquarium


 

Merawat Ikan Dalam AquariumSaya pernah berkunjung ke rumah salah seorang murid saya, dan mendapati ikan hias dalam aquariumnya mati semua. Padahal, ikan-ikan tersebut cantik-cantik dan ukurannya cukup besar. Begitu juga dengan ikan hias adik saya yang baru dibeli 2 hari sebelumnya. Semuanya mati.

Apa penyebabnya? Mengapa ikan-ikan itu begitu mudah mati?

Ternyata, memelihara ikan hias itu gampang-gampang susah. Butuh ketelatenan dan kesabaran, serta tidak sembarangan memasukkan ikan dalam aquarium.

Perawatan aquarium. Ketika Anda memelihara ikan dalam aquarium, kita harus benar-benar menyediakan aquarium yang tidak menimbulkan stress bagi ikan. Sering-seringlah mengganti air, perhatikan fungsi filter (apakah ia bekerja dengan baik atau tidak), tidak memberi makan berlebihan, dan lakukan pembersihan aquarium secara berkala.

Pilih ikan yang sesuai dengan lingkungan. Kondisi pH air lingkungan sekitar ternyata sangat berpengaruh bagi kelangsungan hidup ikan. Jika lingkungan kita airnya ber-pH rendah, maka pilihlah ikan yang dapat hidup di air yang memiliki pH rendah pula. Nah, yang tak kalah penting, jagalah agar pH air tetap stabil. Karena perubahan pH akan membuat ikan menjadi cepat stress dan akhirnya mati.

Karantina ikan sebelum dimasukkan ke aquarium. Ketika Anda membeli ikan, lebih baik jika Anda mengkarantina ikan tersebut di tempat lain sebelum memasukkannya ke aquarium Anda. Mengapa? Karena bisa jadi air dari toko ikan tersebut mengandung penyakit yang dapat mengakibatkan seluruh ikan dalam aquarium Anda mati semua.

Jauhkan aquarium dari jangkauan anak-anak. Maksudnya bukan tidak boleh anak-anak melihat ikan dalam aquarium Anda. Tapi, menjauhkannya agar tidak diobok-obok oleh anak-anak. Anak-anak punya kecenderungan untuk mengobok-obok isi aquarium dan memasukkan berbagai benda ke dalamnya. Aksi ini tentu akan membuat ikan gampang stress, bukan?

Hati-hati dengan air berkaporit dan berklorin. Air PAM atau ledeng sering kali diberi kaporit atau klorin agar aman untuk dikonsumsi manusia. Tapi, bahan kimiawi ini mengandung racun yang dapat merusak dan akhirnya membunuh ikan.

 

Sumber Gambar : https://i2.wp.com/www.aquascapingworld.com/gallery/images/1/1_Syrah_Large.jpg


17 Komentar

  1. Mengapa ikan ku tdk bisa bertelor padahal saya sudah kasih tumbuhan air ikan komet nya sering kejar kejaran gimana ngurus ikan komet nya supaya cepat bertelur

  2. ikan hias saya juga sangat mudah setres dan mati, saya hanya memeliharanya sampai 2 hari dan akhirnya mati. mungkin karena saya sering menukar airnya!!!

  3. makasih infonya…mencerahkan…buat yg mo share ikan gurame http://iwak-gurame.blogspot.com

  4. saya baru memulai memelihara ikan hias lagi di akuarium saya, tapi yang saya takutkan biasanya beberapa hari stelah saya beli ikannya mati, ada cara buat ikan bisa bertahan hidup lama ?

  5. Ikan mas ku bertelur, bingung ne gimana ngerawat telurnya biar netes. Mesti pake mesn oksgen gk? Dtempt telrnya?

  6. Saya biasanya menggunakan nenambahkan ikan sapu – sapu untuk membersikan kaca aquarium . Lumayan sangat membantu , dan kaca terlihat bersih

  7. Saya biasanya menggunakan nenambahkan ikan sapu – sapu untuk membersikan kaca aquarium . Lumayan sangat membantu ..

  8. Cara yang tepat,pilih ikan yang pas dengan ph air dirmh kira2 ikan apa yang cocok sama jenis airya,kalau bingung,aquariumya dikasih power heat(mesin sirkulasi) buat nambah oksigen di air,ikan pasti ga bakal mati,mau nguras jg harus dikasih garam ikan sesendok aj biar ga stress ma jamur pergi jangan pake kanesten obat jamur kaki,pilih ikan yang sejenis dlm artian makanya sama jgn ada yg makan ikan ma pelet.cobain pasti ikan jadi lebih awet.

  9. Kalo ada yang bilang sering2 ganti air aquarium…. anda salah besar. Ikan lebih mudah stress bahkan karena terlalu sering berubah keadaan air. kalo emang udah kotor ganti aja sebagian dulu… lanjut kemudian sebagian lagi setelah beberapa hari. Tips: kasih sedikit garam setiap mengganti air(biar ikan gak kena parasit.) tapi jangan banyak2. Mohon direfisi kalo ada yang salah

  10. iya bu, saya beli ikan 3x dan mati semua . Pertama beli 3 ikan lalu saya campur dengan akuarium yang ada kura-kura brazilnya . Pagi ditaruh malamnya semua ikan mati dimakan kura-kura . Ga berapa lama kemudian saya beli akuarium bundar lagi dan diisii ikan kecil-kecil (ikan gupi) , padahal saya sudah pisahkan dari akuarium kura-kura tapi tetep aja mati . Emang sih akuariumnya ga saya kasih filter atau oksigen, tapi tiap 2 hari sekali saya ganti airnya . Kemarin saya baru beli ikan lagi, Kira-kira gimana baiknya ikan yang baru 2 hari saya beli ini ga mati lagi ?

  11. to neni:kamu parah mat chih ikan kan harus idup tmpt yg bersih.
    bu saya saya ingin nanya sm ibuk apa bedany telor ikan sm gelembung ikan?

  12. iya tuh, ikan hias ku gampang mati.. tapi kayaknya gara2 ikannya kebanyakan n tempatnya yg kurang besar, jadi air cepet kotor n mungkin ngeracunin ikannya sendiri… sekarang jumlahnya dah dikurangin, malah tahan idup meski ditinggal 2 hari..

    ** akses http://m.rujakasik.com untuk hiburan2 penuh warna di ponselmu **

Komentar