Kecantikan, Perawatan Kaki

Merawat dan Mengatasi Telapak Kaki Pecah-Pecah

Merawat dan Mengatasi Telapak Kaki Pecah-PecahKaki cantik adalah hal terpenting yang perlu diperhatikan oleh setiap orang khususnya kaum wanita. Salah satu masalah terbesar pada kecantikan dan kesehatan kaki adalah tumit pecah-pecah dan kering. Kaki yang mengalami pecah-pecah dan kering perlu diatasi secepatnya karena hal tersebut tentu saja akan mengurangi keindahan kaki Anda. Perawatan kaki memang penting untuk dilakukan tetapi tidak harus dengan biaya yang sangat mahal.

Cara merawat telapak kaki pecah-pecah

 

  • Membersihkan dan menggosok telapak kaki setiap saat mandi

Jangan biarkan bagian kaki Anda tetap kotor saat mandi. Pastikan Anda juga sudah  membersihkan telapak kaki seperti halnya bagian tubuh yang lainnya. Gosok telapak kaki secara berlahan dengan menggunakan sabun dan Lilly Bath Salt khususnya pada bagian tumit. Gunakan sikat yang memiliki bulu halus yang memang didesain khusus untuk perawatan kaki. Lakukan hal ini setiap Anda mandi di pagi maupun sore hari.

  • Menggunakan pelembab

Penyebab utama mengapa tumit kaki Anda bisa mengalami pecah-pecah adalah karena kulit telapak kaki kering. Untuk itu, gunakan Dewi Bulan Foot & Dry Cream agar kulit tetap lembab. Pastikan untuk memilih produk yang sudah terpercaya dan terbukti khasiatnya sehingga tidak memiliki efek samping. Lakukan ini sebelum Anda memulai beraktivitas dan pada malam hari (sebelum tidur). Setelah itu, gunakan kaus kaki yang berbahan lembut dan aman untuk melindungi kelembabannya.

  • Memakai alas kaki saat berjalan di tempat yang kotor

Jangan membiarkan telapak kaki Anda menyentuh permukaan yang kotor, karena ini justru akan memperburuk kecantikan dan kesehatan kaki. Anda harus menggunakan sandal atau sepatu yang pas untuk melindungi kaki Anda, terutama pada bagian tumit.

Cara mengatasi telapak kaki pecah-pecah

 

  • Menggosokkan telapak kaki dengan batu apung

Alternatif lain yang dapat dilakukan adalah dengan menggosok telapak kaki menggunakan batu apung. Batu apung terbukti ampuh dapat menghilangkan sel kulit mati. Untuk hasil yang maksimal, gosokkan batu apung pada saat mandi ke bagian yang pecah-pecah dan kering.

  • Merendamkan telapak kaki di air hangat-hangat kuku merendam kaki dengan air hangat

Cara alami untuk menghilangkan permukaan kulit yang kasar dan pecah-pecah pada tumit atau pada bagian telapak kaki adalah merendamnnya dalam air hangat-hangat kuku dan bisa juga menggunakan Rendaman Kaki (Spa Kaki). Cara ini cukup efektif karena air hangat-hangat kuku dapat mengangkat dan menyingkirkan sel-sel kulit mati yang dapat mengakibatkan permukaan tumit Anda menjadi kering dan kasar. Lakukan ini setiap hari selama kurang lebih 15 menit lalu keringkan telapak kaki dengan menggunakan handuk lembut.

  • Mengoleskan alpukat atau pisang

Cara efektif lainnya untuk mengatasi tumit pecah-pecah adalah dengan menggunakan bahan alami. Alpukat dan pisang adalah contoh dua bahan alami yang biasa digunakan untuk memberi kelembaban dan melembutkan permukaan telapak kaki yang kasar. Anda juga bisa memilih antara alpukat dan pisang sebagai bahannya. Caranya mudah, yaitu dengan menghancurkan dan menghaluskan bahan dengan menggunakan penumbuk atau sendok (dengan ditekan-tekan).  Jangan gunakan blender karena hasilnya akan terlalu halus. Setelah itu oleskan pada telapak kaki sambil dipijatkan dengan lembut. Tunggu hingga 20 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Untuk mendapatkan kaki yang indah sebenarnya tidak cukup sulit, Anda cukup meluangkan sedikit waktu untuk merawat dan mengatasi telapak kaki pecah-pecah dengan teratur dan konsisten agar hasilnya maksimal. Mudah bukan?

sumber gambar:
1. http://3.bp.blogspot.com/-lwOX-hrHIdw/TwSHWwF7YjI/AAAAAAAACrQ/_H72TbbkUvU/s1600/Untuk-Mengatasi-Tumit-Pecah-Pecah.jpg
2. http://www.jengker.com/uploads/2012/07/Lunakkan-kulit-kaki.jpg