Menjaga Pencernaan Tetap Sehat Selama Berpuasa

gangguan pencernaanUmumnya, saat menjalani ibadah puasa masalah yang kerap dialami pada minggu pertama adalah gangguan pencernaan. Mengapa hal itu bisa terjadi? Alasannya, perut yang biasanya terisi makanan saat sarapan dan makan siang, ketika puasa menjadi tidak terisi oleh asupan makanan. Perubahan pola makan tersebut sering menimbulkan gangguan kesehatan seperti gangguan pencernaan, menurunnya daya tahan tubuh, bahkan penyakit diabetes dan kolesterol.

Agar pencernaan selalu sehat selama berpuasa, Anda harus benar-benar menjaga kondisi lambung agar selalu dalam keadaan baik. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kesehatan liver dan pankreas. Keduanya berperan penting untuk membuat Anda merasa kenyang dan membuat sistem pencernaan bekerja dengan baik. Bagaimana cara agar pencernaan selalu dalam keadaan sehat selama berpuasa?. Berikut ini kami informasikan cara menjaga pencernaan tetap sehat selama berpuasa:

Memperbanyak konsumsi sayur saat sahur

Pilihlah sayur seperti brokoli dan wortel sebagai menu sahur. Karena sayuran dapat membantu proses pengeluaran racun dalam liver, kandungan vitamin B dan C yang terkandung didalamnya juga sangat baik bagi kesehatan Anda secara keseluruhan, serta kandungan air di dalam sayur dan buah bisa mencegah Anda mengalami dehidrasi saat menjalankan ibadah puasa.

Tidak berbuka dengan makanan bersantan

Anda harus bisa memilih makanan apa yang bagus dikonsumsi saat berbuka puasa. Dalam menu berbuka, sebaiknya Anda menghindari makanan yang bersantan. Karena, jika banyak mengkonsumsi makanan bersantan dan berlemak selama bulan puasa akan mengakibatkan gangguan pencernaan tubuh. Saat berbuka puasa sebaiknya mengkonsumsi makanan manis seperti kurma atau menyeduh teh manis. Setelah itu, Anda bisa menikmati menu utama pembuka puasa. Jangan lupa untuk tetap mengkonsumi sayur dan buah sebagai pembantu sistem kerja saluran percernaan agar lebih baik dan sehat.

Minum minuman sehat

Agar pencernaan sehat, Anda juga harus minum minuman sehat. Minuman sehat salah satunya bisa dapatkan dariTeh celup sarang semut ginseng, kayu manis, dan teh. Dimana mereka mampu membantu penyerapan insulin serta mengurangi resiko penyakit diabetes. Sebuah penelitian menunjukkan substansi ginseng dan bubuk kayu manis dapat meningkatkan fungsi insulin lebih dari 50 persen. Hal ini sangat baik, bukan hanya untuk menstabilkan kadar gula darah, tapi juga kesehatan sistem pencernaan Anda. Anda bisa mengkonsumsi teh herbal untuk menu sahur dan berbuka seperti teh celup kulit buah manggis, teh celup sarang semut, teh celup secang, teh celup pegagan tazakka, dan teh mahkota dewa. Untuk melancarkan dan membersihkan saluran pencernaan Anda saat menjalani ibadah puasa, bisa juga Anda siasati dengan menggunakan obat herbal seperti fiber and herbs.

Komentar