Mengusir Tikus Nakal

tikusKesal rasanya jika melihat tikus-tikus berkeliaran di dalam rumah dan mencicit-cicit ribut tak keruan. Apalagi, kalau sampai ada makanan dan bahan makanan dicuri dan digigit-gigit olehnya. Kesaaaaaa….lll bukan main. Dapur jadi berantakan, lemari penyimpanan makanan jadi penuh dengan ceceran kotorannya, dan belum lagi sudut-sudut tempat tikus bersembunyi.

Jaman dulu, kita suka pakai jebakan tikus. Dulu masih mempan, sekarang tikus makin pintar dan tau caranya menghindari jebakan yang khusus didesain untuknya itu. Lalu apa solusinya?

1. Bersihkan rumah secara berkala. Bukan hanya menyapu dan mengepel setiap hari, lho. Biasanya kita suka lalai bahwa ada sudut-sudut tersembunyi yang luput dari sapuan kita. Nah, coba rencanakan untuk mengatur ulang lemari penyimpanan, rak dapur, atau barang-barang lain di rumah Anda per 1 atau 2 pekan sekali.

2. Hindari menumpuk kardus-kardus tak terpakai dalam rumah. Kalau ada kardus tak terpakai di rumah, sebaiknya lepaskan lakbannya, dan buat gepengan-gepengan kardus. Suatu saat Anda ingin memakainya kembali, Anda bisa merekatkannya kembali dengan lakban.

3. Pasangi jebakan dengan putri malu. Ambil beberapa tangkai putri malu yang berduri, lalu letakkan di sekitar jalur-jalur tikus. Hati-hati, hindarkan dari jangkauan anak-anak.

4. Gunakan alat pengusir tikus. Alat ini menggunakan gelombang ultra sonic yang mampu mengusir tikus-tikus dan serangga dalam rumah. Tapi, biasanya setelah pemakaian bebarapa lama, tikus kembali lagi karena sudah kebal dengan gelombang tersebut.

5. Hancurkan kapur barus, lalu taburkan di sekeliling jalur yang sering di lalui tikus.

6. Jika memungkinkan, pelihara kucing.

7. Oleskan minyak mint pada karton atau triplek, dan letakkan di sekeliling jalur tikus.

8. Amankan makanan dan bahan-bahan makanan dari jangkauan tikus. Misalnya, menutupnya dengan rapat, menggunakan kaleng atau toples sehingga tikus tidak mudah menggerogoti plastik makanan.

Selamat mencoba!!

Komentar