Mengurangi Rasa Sakit Pada Proses Melahirkan Normal

proses melahirkan normalMenantikan saatnya proses melahirkan tiba adalah sesuatu yang mendebarkan. Bahkan tidak sedikit juga yang mengatakan bahwa proses melahirkan adalah sebuah perjuangan antara hidup dan mati. Proses melahirkan normal adalah sebuah proses yang dimulai dari rasa mulas bagi seorang ibu hamil sampai pada keluarnya seorang bayi tanpa menggunakan bantuan alat apapun dengan waktu yang kurang dari 24 jam.

Salah satu hal yang paling ditakutkan oleh para ibu hamil saat menghadapi proses melahirkan normal adalah rasa sakit yang ditimbulkan saat mengalami kontraksi. Apapun proses melahirkan yang ibu hamil tempuh pastinya akan menimbulkan rasa sakit, termasuk proses persalinan secara Caesar. Sehingga ibu hamil yang akan menghadapi proses melahirkan sebaiknya bersahabat dengan rasa sakit, tujuannya untuk mengurangi rasa sakit itu sendiri. Berikut ini adalah beberpa cara mengurangi rasa sakit pada proses melahirkan normal bagi ibu hamil.

1. Hidroterapi

Hidroterapi adalah cara yang bisa mendorong relaksasi selama proses melahirkan normal dan mengurangi rasa sakit. Ibu hamil yang akan menghadapi proses persalinan sebaiknya untuk mandi selama 15 menit terlebih dahulu. Berdasarkan penelitian, cara ini dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan saat menghadapi persalinan dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak melakukan hidroterapi. Karena air mampu meredakan kecemasan dan mengurangi rasa sakit saat proses persalinan.

2. Minyak atsiri

Menggunakan minyak atsiri pada saat menghadapi proses melahirkan normal dapat meningkatkan suasana hati dan menenangkan ibu hamil dari kecemasan menghadapi proses persalinan. Karena, minyak atsiri mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan dan melepaskan ketegangan. Hiruplah minyak atsiri atau mengoleskannya pada bagian tubuh sambil memijitnya secara lembut. Selain itu minyak atsiri juga bermanfaat untuk meningkatkan ketegangan, meringankan sensasi persalinan serta menciptakan suasana yang menenangkan saat proses persalinan berlangsung.

3. Pijatan

Pijatan lembut sangat efektif dalam merangsang tubuh untuk melepaskan endorphin dan konduksi sensorik yang membantu untuk menghambat penyebaran rasa nyeri. Cara ini dapat mengendurkan otot-otot yang tegang pada ibu hamil, meningkatkan sirkulasi darah, merangsang system saraf dan membantu menenangkan ibu melahirkan sehingga sangat membantu untuk mengurangi rasa nyeri atau sakit saat proses persalinan berlangsung.

4. Beralih posisi

Mengubah posisi berbaring saat menunggu proses persalinan dapat membantu ibu hamil dalam mengontrol rasa sakit, karena hal itu dapat mengurangi tekanan darah dan penyimpangan denyut jantung pada bayi. Sering mengubah posisi tidur juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah dan membantu kelancaran proses melahirkan normal.

5. Relaksasi

Relaksasi dapat digunakan sebagai cara untuk mengatasi masalah ketegangan otot pada ibu hamil. Misalnya saja dengan cara meditasi dan teknik pernapasan. Hal ini bertujuan untuk memberikan efek menenangkan dan mengurangi rasa tidak nyaman selama proses persalinan.

Semoga cara mengurangi rasa sakit saat menghadapi proses melahirkan dapat bermanfaat bagi para ibu hamil. Jagalah selalu kesehatan ibu hamil dan janin agar proses persalinan dapat berjalan dengan lancar. Salam sehat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://dep.com.vn/Uploaded/phuongnth/2013_03_11/1358593152443_baby.jpg

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil adalah Madu alami yang di campur dengan bahan-bahan herbal yang bermanfaat untuk ....
Rp 70.000 Beli

Komentar